Ananda Rivi

Halo Sobat Atourin, dengan bangga, kami sampaikan bahwa Atourin mendapat undangan untuk ikut serta dalam acara Launching Karisma Event Nusantara 2024 dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Acara ini akan dilaksanakan pada tanggal 27 Januari 2024 di Sasono Langen Budoyo, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur. Nah banyak kegiatan dan momen seru di acara tersebut. Yuk simak ceritanya lebih lanjut.

Karisma Event Nusantara 2024 adalah rangkaian acara di 38 provinsi yang terdiri dari 110 event pilihan mulai dari seni, budaya, ekonomi kreatif, dan pariwisata. Adapun daftar lengkap KEN 2024 dapat dilihat di sini. Acara Launching sendiri terdiri dari berbagai sub mata acara mulai daripertunjukan seni Nusantara, Fashion Carnaval, hingga Fashion Show dan Peluncuran Karisma Event Nusantara 2024 secara resmi oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif., Selain itu, zona kuliner, zona karnaval, zona seni, zona musik, dan zona budaya turut meramaikan suasana. Atourin bersyukur bisa ikut serta dan berkesempatan membuka stand/ booth di acara ini.

Penampil Seni dari Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah

Open Trip: Mengajak Anda Menjelajahi 110 Destinasi Bersama Atourin

Atourin juga mengenalkan program open trip yang akan membawa wiatawan menjelajahi keindahan 110 acara KEN 2024. Open trip artinya paket wisata yang terbuka dan bisa diikuti oleh siapa saja. Tidak hanya ikut melihat dan menikmati KEN 2024, wisatawan juga akan diajak menikmati keindahan destinasi wisata di sekitarnya. Beberapa pilihan open trip tersebut antara lain Karisma Event Nusantara. Open Trip Pesta Kesenian Bali, Open Trip Pacu Jalur, Open Trip Dieng Culture Festival, dan masih banyak lagi pilihan menarik yang dapat kamu jelajahi dan tentunya kamu beli. Silahkan cek laman website Atourin untuk detailnya.

Stand Festival Semarapura, Kabupaten Klungkung, Bali

Atourin Regenerative Tourism Initiative (ARTI) Mengubah Paradigma Pariwisata

Atourin berjuga berkesempatan mengenalkan Atourin Regenerative Tourism Initiative (ARTI). ARTI mewakili suatu konsep pengembangan pariwisata yang melibatkan para pemangku kepentingan secara bersama-sama dalam upaya memberikan perhatian dan perwalian terhadap elemen alam, manusia, dan hasil karya manusia. Inisiatif ini terwujud saat seseorang berpindah, berkunjung, tinggal, atau beroperasi di suatu destinasi. ARTI bukan sekadar sebuah program, tetapi merupakan landasan filosofis yang menginspirasi tindakan kolektif untuk merawat dan meningkatkan keberlanjutan lingkungan, kesejahteraan manusia, dan keberlanjutan budaya di setiap langkah perjalanan.

ARTI bukan sekadar sebuah konsep, melainkan sebuah kerangka kerja yang menggambarkan berbagai inisiatif yang telah, sedang, dan akan kami lakukan secara konsisten. Di antaranya adalah Atourin Talk, One Traveler One Tree, The Traveler’s Power, dan beragam program lainnya. Inisiatif ini akan menjadi sebuah kampanye serta kegiatan nyata di lapangan yang sejalan dengan semangat pariwisata regeneratif. Kami berkomitmen menjalankan ARTI melalui strategi yang matang, melibatkan pemangku kepentingan, dan menetapkan target yang terukur. ARTI terdiri dari empat pilar utama, yaitu ARTI Knowledge (Pengetahuan dan Keahlian), ARTI Fund (Keuangan dan Pendanaan), ARTI Event (Program dan Kegiatan), serta ARTI Community (Jejaring dan Komunitas).

Konsultasi antara Atourin dan Kabupetan Banyuwangi, Jawa Timur

Konsultasi untuk Pemerintah Daerah & Pegiat Wisata

Selain itu, kami juga senang bisa memberikan masukan dan konsultasi di tempat dengan beberapa dinas pariwisata serta pegiat wisata dari berbagai daerah. Atourin sangat terbuka untuk berbagai peluang kolaborasi lebih lanjut untuk kemajuan pariwisata Indonesia. Tentunya, kami juga berjumpa dan berdiskusi dengan tim Pariwisata Nusantara, Kementerian Pariwisata & Ekonomi Kreatif.

Beberapa Pemenang Games Berhadiah

“Atourin merasa terhormat menjadi bagian dari KEN 2024. Kami akan terus mempromosikan dan mendukung penuh agar KEN 2024 bisa sukses. Potensi pariwisata dan ekonomi kreatif di 38 provinsi ini, kami yakin akan makin berkembang dengan penyelenggaraan 110 event dari Januari sampai Desember tahun ini.” Ujar Reza Permadi, co-founder Atourin.

Stand kami semakin meriah karena kami juga menyediakan hadiah menarik bagi pengunjung yang main spin the wheel. Pengunjung cukup follow Instagram Atourin dan kemudian memainkan games. Hadiah yang kami sediakan mulai dari berbagai cenderamata dari berbagai daerah di Indonesia serta merchandise Atourin. Selamat untuk yang sudah menang hadiah menarik dari kami!

Atourin mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Pariwisata & Ekonomi Kreatif atas kesempatan yang diberikan kepada kami untuk terlibat dalam KEN 2024. Serta untuk semua pengunjung yang sudah mampir ke booth kami. Atourin siap menyukseskan seluruh gelaran KEN 2024!