Kota dingin di Jawa Timur memiliki suhu rata-rata 19-24°C. Suhu dingin ini membuat kamu dapat beraktivitas dengan lebih enjoy dan menyenangkan. Tentu ini akan mendukung produktivitas kamu.

Tak hanya suasananya yang dingin, di kota-kota ini juga memiliki banyak keindahan alam yang eksotis. Hal ini disebabkan karena Jawa Timur memiliki banyak pegunungan. Bahkan puncak tertinggi Jawa juga letaknya berada di Jawa Timur.

Kamu dapat melihat keindahan puncak Mahameru, hamparan padang pasir dan rerumputan di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, kawah Ijen yang merupakan salah satu kawah terbesar di dunia, serta gunung Arjuno-Welirang yang ikonik.

Berikut kota-kota dingin di Jawa Timur yang memiliki pesona alam yang wajib kamu singgahi saat kamu berkunjung ke Jawa Timur.


1. Kota Batu

Kota Batu berada pada ketinggian 700-2.000 meter dengan suhu rata-rata 18-24°C. Kota ini sebelumnya merupakan bagian dari Kabupaten Malang dan akhirnya diresmikan menjadi kota otonom terpisah pada 17 Oktober 2021.

Kota ini dikenal sebagai kota wisata dengan slogan shining Batu. Hal ini disebabkan karena banyaknya pariwisata di daerah ini, antara lain: 

  • Jatim Park 1
  • Jatim Park 2
  • Jatim Park 3
  • Batu Night Spectacular
  • Taman Langit Gunung Banyak (Paralayang) dan Omah Kayu.

Selain itu Kota Batu juga dikenal melalui kulinernya, seperti halnya: pos ketan legenda, warung khas Batu, sate kelinci, hingga bakso Batu.


2. Kota Malang

Kota Malang merupakan kota terbesar kedua di Jawa Timur setelah Kota Surabaya dengan luas 110,1 km². Kota ini berada pada ketinggian 440-667 meter dengan suhu rata-rata 23-24°C.

Daerah ini dikelilingi oleh Gunung Semeru, Gunung Arjuno, dan Gunung Kawi yang membuat setiap pagi hari di kota ini disuguhi pemandangan eksotis pegunungan yang didukung dengan hawa dingin embun pagi.

Kampung warna-warni Jodipan dan kampung Tridi merupakan destinasi wisata andalan kota ini. Di sini terdapat banyak karya lukisan yang menghiasi tembok-tembok rumah di kampung ini yang menjadi spot favorit untuk foto selfie.


3. Kota Mojokerto

Kota Mojokerto memiliki luas wilayah 1.646 Ha yang menjadikan kota ini merupakan satuan luas wilayah terkecil di Jawa Timur. Kota ini memiliki iklim tropis dengan suhu terendah kota ini dapat mencapai 20°C. 

Mojokerto memiliki keindahan alam yang luar biasa. Terdapat beberapa gunung dan air terjun yang berada di sekitar daerah ini. Gunung Penanggungan dan Gunung Arjuno-Welirang menjadi pemandangan yang eksotis.


Nikmati Suasana Dingin dan Pemandangan Eksotis di Jawa Timur!

Bagi kamu yang ingin menikmati suasana dingin dan pemandangan eksotis kota-kota di Jawa Timur. Sekarang tak perlu bingung lagi, lho!. Kamu tinggal kunjungi Atourin serta atur perjalananmu ke berbagai destinasi wisata yang ada di Jawa Timur!