(Leony Angela)

Time to Read: 3 minutes

Di zaman sekarang, siapa yang tidak suka jalan-jalan (travelling). Tujuan destinasinya pun tidak terbatas hanya di dalam kota tapi juga luar kota, luar pulau bahkan sampai luar negeri. Travelling juga ada berbagai cara dan tipe, ada yang menjadi backpacker, touring dengan mobil dan motor, ada juga yang memilih private tour dengan jet pribadi dan berbagai fasilitas eksekutif lainnya. Salah satu hal krusial yang wajib dilakukan sebelum travelling adalah mengemas barang atau packing. Bagi kebanyakan orang, packing menjadi sesuatu yang sulit karena tidak terbiasa mengemas barang yang berakibat membawa tas yang banyak. Namun tidak perlu khawatir, berikut ada beberapa tips cerdas packing untuk para pejalan pemula atau new traveller

Buat daftar barang yang ingin dibawa

Ilustrasi Daftar Barang (unsplash.com)

Membuat daftar (list) barang yang akan dibawa menjadi salah satu poin penting untuk menghindari membawa barang yang terlalu banyak dan tidak perlu dibawa atau menghindari barang tertinggal. List barang bawaan bisa berupa baju apa saja yang akan dipakai, skincare, alat mandi, dokumen penting, atau alat elektronik yang akan dibawa.

Memilih tas yang sesuai

Ilustrasi Tas Bepergian (unsplash.com)

Setelah list selesai dibuat, perhatikan banyaknya barang yang dibawa apakah barang tersebut muat dalam satu tas besar atau harus membawa tas lainnya. Jika kita hanya ingin membawa satu tas atau koper dalam perjalanan, maka kita bisa mengurangi beberapa barang yang dibawa untuk menghemat tempat.

Menyusun barang berdasarkan kebutuhan 

Untuk meminimalisir membongkar tas untuk mencari barang, kita dapat menyusun barang berdasarkan kebutuhan dengan menggunakan travel pouch atau goodie bag. Dengan begitu apabila kita membutuhkan sesuatu kita tidak perlu harus membongkar tas, cukup dengan mengambil travel pouch atau goodie bag sesuai barang yang dibutuhkan.

Memilih barang berbentuk kecil dan sederhana

Salah satu barang berukuran kecil yang dapat kita bawa yaitu alat mandi yang telah dikemas dalam botol travel berukuran kecil. Kebayang kan gimana ribetnya dan beratnya kalau bawa sabun atau shampo dalam ukuran besar. Selain akat mandi kita juga bisa membawa skincare berbentuk travel kit, atau memindahkan dari botol asli ke botol kecil. 

Menggulung pakaian daripada melipat

Ilustrasi Melipat Baju (unsplash.com)

Menempatkan pakaian dengan cara ditumpuk memerlukan tempat yang lebih dibandingkan dengan menggulungnya. Keuntungan lainnya dari menggulung pakaian yaitu dapat dilakukan di berbagai tas dan mudah disusun serta terjaga kerapihannya. 

Meyiapkan travel pouch

Ilustrasi Travel Pouch (unsplash.com)

Menggunakan travel pouch untuk packing beberapa barang seperti alat make up, charger, dan alat mandi dapat memudahkan kita saat menatanya dalam tas agar tidak berceceran dan mudah diletakkan. Disaat kita ingin mengambil barang-barang tertentu, travel pouch juga bisa memudahkan karena kita tidak perlu membongkar seluruh bawaan. 
Nah demikian tips packing untuk pejalan pemula. Atourin juga memiliki kampanye atau campaign bertajuk The Travellers Power loh! Yang intinya adalah mengajak masyarakat untuk menjadi pejalan yang bertanggungjawab. Silahkan cek website Atourin untuk detailnya ya, kamu tentu bisa ikut serta dalam kampanye ini.