Time to read: 5 menit

(Varajuba Suci Amalia)

“The purpose of art is washing the dust of daily life of our souls.”

(Pablo Picasso)

Bandung bukan hanya tentang Lembang dan wisata alam. Pun bukan hanya tentang kafe instagramable atau tempat romantis ala Dilan. Lebih dari itu, Bandung mempunyai segala hal yang dibutuhkan untuk melepas penat. Salah satunya adalah galeri seni.

Dewasa ini, galeri seni dan creative space mulai diminati masyarakat sebagai tempat alternatif wisata selain wisata alam dan pusat perbelanjaan. Hal ini juga diakibatkan oleh kesadaran akan seni dan desain yang mulai menjamur terutama di kalangan anak muda. Bagi Sobat Atourin yang berencana untuk berkunjung ke Bandung atau sedang menetap di Bandung, tidak ada salahnya mengunjungi galeri-galeri seni yang tersebar di Kota Kembang ini. Berikut ini adalah beberapa galeri seni yang bisa kamu kunjungi.

Selasar Sunaryo Art Space

Selasar Sunaryo Art Space

Selasar Sunaryo adalah galeri seni paling populer di Bandung. Tempat yang sejuk dan indah, ditambah dengan adanya kafe yang nyaman membuat pengunjung yang datang bukan hanya dari pecinta seni, namun dari semua kalangan. Tempat ini sering mengadakan kegiatan-kegiatan seni seperti pameran, pemutaran film, dan pentas teater. Jika kamu berencana mengunjungi Selasar Sunaryo pada hari ketika tidak ada kegiatan tertentu, jangan khawatir karena kamu masih bisa melihat karya seniman pemilik tempat ini, Sunaryo, berupa lukisan, instalasi, dan patung.

Setelah puas melihat karya-karya yang ada, kamu bisa bersantai sejenak menikmati sejuknya Kota Bandung di Kopi Selasar. Tersedia juga cendera mata yang dapat kamu beli seperti cangkir, magnet kulkas, scarf, koleksi buku, dan masih banyak lagi. Jika kamu tertarik, kamu dapat mengunjungi tempat ini di Jalan Bukit Pakar Timur nomor 100, Ciburial, Kecamatan Cimenyan, Bandung. Selasar Sunaryo Art Space buka setiap hari Selasa sampai Minggu jam 10.00 – 17.00 WIB, sedangkan Kopi Selasar buka setiap hari di jam yang sama.

NuArt Sculpture Park

NuArt Sculpture Park
Ilustrasi NuArt Sculpture Park. Sumber: canva.com

Seperti namanya, tempat ini adalah galeri seni yang berisi karya patung milik seorang seniman pahat bernama Nyoman Nuarta yang namanya sudah mendunia. Salah satu karyanya yang banyak diketahui masyarakat adalah patung Garuda Wisnu Kencana di Bali. NuArt Sculpture Park sendiri merupakan tempat berkumpul bagi para seniman, kurator, dan penikmat seni di Bandung. Karena itu, kamu juga bisa melihat pameran maupun diskusi yang dilaksanakan di tempat ini.

Setelah puas berkeliling di tempat yang menempati lahan 3 hektar ini, kamu bisa mengisi perut kosong di N Café, dengan menu andalannya yaitu bebek crispy. Kamu juga bisa mengunjungi toko Craft and Boutique yang menyediakan miniatur karya-karya Nyoman Nuarta. Jika ingin berpartisipasi, kamu juga dapat membuat karya seni seperti patung, grafis, dan batik di ruangan workshop. Tersedia juga kursus singkat yang akan diajarkan oleh seorang ahli yang dapat kamu ikuti dengan minimal peserta 3 orang.

Terletak di Jalan Setra Duta Raya nomor 6 Ciwaruga, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, tempat ini buka pukul 09.00 – 18.00 WIB pada hari biasa dan 11.00 – 22.00 WIB pada akhir pekan. Harga tiket masuk untuk setiap pengunjungnya adalah Rp50.000,00.

Lawangwangi Creative Space

Ilustrasi Lawangwangi Creative Space. Sumber: canva.com

Lawangwangi adalah sebuah tempat yang memadukan seni, alam, dan kuliner. Meski begitu, fungsi utama dari tempat ini tetaplah sebuah galeri seni. Terdapat beberapa ruangan untuk memamerkan karya-karya dari banyak seniman. Kegiatan rutin di tempat ini adalah pameran seni kontemporer berskala nasional maupun internasional yang berbeda setiap bulannya. Jika kamu ingin melihat karya dari seniman-seniman lokal yang namanya belum sebesar Nyoman Nuarta atau Sunaryo, Lawangwangi bisa menjadi pilihan.

Daya tarik lain dari tempat ini adalah kafe berdinding kaca dengan pemandangan Bukit Dago dan diiringi oleh live music. Kafe ini berada di lantai dua, menjadikan pengunjung lebih bebas untuk menikmati pemandangan yang ada. Tempat ini juga banyak memiliki spot foto instagramable, salah satunya adalah jembatan kayu yang dari dalam kafe akan terlihat seperti dermaga.

Creative space ini terletak di Jalan Dago Giri nomor 99 Mekarwangi, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Jika tertarik, kamu dapat mengunjungi tempat ini setiap hari Selasa hingga Minggu pukul 10.00 – 22.00 WIB.Itulah beberapa galeri seni yang dapat kamu kunjungi selagi berada di Bandung, apalagi jika kamu sudah bosan dengan tempat wisata yang itu-itu saja. Dengan mengunjungi galeri seni, kamu sudah ikut berpartisipasi untuk mengapresiasi seniman-seniman hebat di baliknya. Rute dan akses ke tempat-tempat di atas juga sangat mudah, sehingga kamu tidak perlu berpikir dua kali untuk berkunjung. Jangan lupa juga berkunjung ke website dan sosial media Atourin untuk mendapatkan info menarik tentang wisata Indonesia di daerah lain.