Gambar Pemandangan di Garut, Jawa Barat (unsplash.com)

Time to Read: 10 minutes

(Nina Widiasih)

Garut adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Barat yang selain terkenal dengan dodolnya juga mempunyai segudang wisata alam yang tidak kalah menarik dengan wisata alam di daerah-daerah lainnya. Kabupaten Garut ini dikelilingi oleh banyak gunung yang ternyata menyimpan pesona alam yang tidak boleh terlewatkan begitu saja dan sangat cocok untuk dijadikan tujuan wisata. Berikut rekomendasi gunung yang menarik untuk dikunjungi

Gunung Papandayan

Gambar Gunung Papandayan di Garut, Jawa Barat (unsplash.com)

Gunung Papandayan merupakan gunung api yang cukup terkenal sebagai wisata pegunungan di Jawa Barat. Gunung yang berada pada ketinggian 2.665 mdpl (meter di atas permukaan laut) ini berlokasi di Desa Sirnajaya dan Kramat Wangi, Kecamatan Cisurupan. Untuk menuju ke tempat wisata ini dapat dicapai dengan menggunakan transportasi umum atau kendaraan pribadi. Jika berangkat dari pusat Kota Garut, kamu bisa menempuh perjalanan sekitar 3 jam menggunakan kendaraan pribadi. Tempat wisata pegunungan ini banyak menawarkan spot menarik yang wajib dijelajahi, mulai dari Kawah Papandayan, Hutan Mati Papandayan, Padang Edelweis Tegal Alun, Tegal Panjang, serta Camping Ground Pondok Saladah. Bagi kamu yang suka mendaki, jalur pendakian gunung ini relatif ringan karena medannya cenderung landai dan bersahabat bagi pendaki yang masih pemula bahkan anak-anak. Nah pasti kamu penasaran jam berapa operasional dari Gunung Papandayan ini? Sebelum masa pandemi kawasan wisata ini bisa diakses 24 jam namun, setelah masa pandemi Jam operasional yang berlaku yaitu mulai Pukul 06.00-18.00 WIB dan para pengunjung juga bisa meminta contact person atau CP dari pengelola kawasan wisata ini. Untuk bisa masuk ke kawasan wisata ini pengunjung harus membayar tiket masuk sebesar Rp30.000,00 dan ini belum termasuk untuk menginap dan berkemah di kawasan base camp. Belum termasuk juga dengan tiket parkir dan lain-lain.

 Gunung Cikuray

Gambar Pemandangan di atas Gunung (unsplash.com)

Gunung Cikuray adalah gunung paling tinggi yang ada di Garut dengan ketinggian 2.821 mdpl. Gunung yang terletak di perbatasan Kecamatan Cikajang, Dayeuh Manggung dan Bayongbong. Kawasan wisata alam ini menjadi tempat destinasi yang cukup diminati oleh para pendaki atau wisatawan dari luar daerah sehingga setiap musim libur atau weekend banyak sekali pengunjung atau pendaki yang datang ke kawasan wisata ini. Nah bagi kamu yang ingin melakukan pendakian terdapat 3 jalur pendakian di Gunung Cikuray ini yaitu via Pemancar TVRI Cilawu, via Bayongbong, dan via Cikajang. Jalur Cikajang adalah jalur yang lebih panjang namun treknya lebih mudah dibanding dua jalur lainnya yang bisa dibilang hampir sama yakni treknya yang cenderung pendek namun lebih curam dan terjal. Kawasan wisata alam ini menyuguhkan keindahan panorama alam nan eksotis, kamu akan disuguhi pemandangan Kota Garut, Gunung Papandayan, Kawah Kamojang, Gunung Slamet, Gunung Ciremai, hingga garis pantai selatan dari kejauhan. Bahkan ketika cuaca sedang cerah, kamu bisa melihat secara langsung hamparan awan putih yang menggumpal bak samudra sehingga tak heran jika Gunung Cikuray terkenal dengan sebutan negeri di atas awan. Jam operasional dari Gunung Cikuray ini bisa diakses 24 jam dengan harga tiket masuk yang relatif murah yaitu sebesar Rp10.000,00  namun harga tiket masuk dapat berubah sewaktu-waktu.

Gunung Guntur

Gambar Gunung Guntur di Garut, Jawa Barat (unsplash.com)

Gunung Guntur adalah salah satu destinasi wisata alam favorit wisatawan, bahkan warga lokal sendiri. Gunung berapi ini berlokasi di Kelurahan Pananjung dan Desa Pasawahan, Tarogong Kaler dan berjarak 7 kilometer dari pusat Kota Garut. Gunung Guntur ini memiliki ketinggian 2.249 mdpl dengan karakter trek yang berpasir dan kerikil sehingga bagi kamu yang suka hiking, berkemah, tracking , atau kegiatan alam bebas lainnya, Gunung Guntur ini sangat menarik dijelajahi . Untuk menuju Gunung Guntur biasanya para pendaki atau wisatawan biasa melewati jalur resmi via Citiis. Uniknya Gunung Guntur ini memiliki 4 titik puncak yaitu Puncak Puncak Guntur, Puncak Parupuyan, Puncak Kabuyutan, dan puncak tertingginya yaitu Puncak Masigit yang menyuguhkan pemandangan yang luar biasa.  Puncak pertama biasanya pendaki akan mendirikan tenda dan di sini kita bisa melihat potret Kota Garut yang dikelilingi oleh banyak Gunung. Di sebelah kiri puncak pertama apabila menghadap ke selatan maka kita bisa melihat kawah yang berhadapan dengan Gunung Cikuray yang menjulang tinggi. Berbeda halnya di puncak kedua kita akan disuguhkan pemandangan berupa padang savana yang terbilang unik karena hanya ditumbuhi ilalang yang wajib kamu jadikan sebagai latar belakang berfoto. Pada puncak tertinggi Gunung Guntur tepatnya di sebelah barat akan terlihat jelas Situ Bagendit, pemukiman penduduk Kota Garut, dan deretan gunung lainnya. Tidak hanya itu puncak Gunung Guntur merupakan salah satu spot sunrise terbaik yang ada di Garut. Kamu bisa menyaksikan momen matahari terbit yang sempurna dari puncak dan saat matahari semakin tinggi maka kamu bisa melihat panorama siluet Gunung Papandayan, Gunung Cikuray, dan Gunung Ciremai saat cuaca cerah. Nah untuk bisa masuk kawasan Gunung Guntur kamu akan dikenakan biaya tiket masuk Simaksi (surat izin masuk kawasan konservasi) sebesar Rp15.000,00 per orang. Tiket tersebut sudah termasuk asuransi, biaya masuk, dan biaya berkemah, dan untuk jam operasional di Gunung Guntur ini buka 24 jam.

Gunung Sagara

Gambar Pemandangan di Gunung Papandayan, Jawa Barat (unsplash.com)

Gunung Sagara adalah gunung yang berlokasi di Kecamatan Sucinaraja. Gunung Sagara ini masih terbilang asri karena belum banyak diketahui oleh orang-orang dan karena jarang terjamah, gunung ini masih terhitung sangat alami sekali. Gunung Sagara ini memiliki ketinggian 2.132 mdpl dan akses menuju kawasan ini juga terbilang mudah karena kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Salah satu hal yang menjadi tujuan para pendaki atau wisatawan adalah puncak Gunung Sagara dimana pemandangan yang akan disuguhi oleh Gunung Sagara adalah Talaga Bodas dan Gunung Galunggung. Ada empat pos yang harus dilewati untuk mencapai Puncak Sagara dan dalam setiap perjalanannya, kita akan disuguhi oleh trek yang cukup menantang karena trek menuju puncak Gunung Sagara bisa dikatakan menghajar otot paha, otot betis, dan lutut namun tentunya sangat mengesankan. Tidak hanya itu di Puncak Gunung Sagara kamu bisa menyaksikan matahari terbit atau sunrise yang begitu menakjubkan dan tak kalah indahnya dengan pesona gunung lainnya. Untuk menuju kawasan ini tiket masuk yang dikenakan terbilang murah yaitu sebesar Rp10.000,00 per orang dan belum termasuk dengan biaya parkir. Adapun jam operasional di kawasan ini bisa diakses 24 jam. 

Itulah beberapa deretan wisata alam pegunungan Garut yang bisa kamu jelajahi, jadi kamu tertarik mengunjungi yang mana nih? Eits tapi jangan lupa untuk menjadi pejalan yang bijak dan bertanggung jawab. 

Atourin juga memiliki kampanye atau campaign bertajuk The Travellers Power loh! Yang intinya adalah mengajak masyarakat untuk menjadi pejalan yang bertanggung jawab. Silahkan cek website Atourin untuk detailnya ya, kamu tentu bisa ikut serta dalam kampanye ini.