(Salwa Alissa Dhani)

Wisata alam dari Pulau Sumatera memang tidak ada habisnya. Bagi Sobat Atourin yang menyukai wisata alam, terutama laut dan pantai, Atourin akan mengulas salah satu destinasi wisata yang wajib kamu kunjungi. Destinasi wisata ini adalah Pulau Kalimantung, serpihan surga yang terletak di Kepulauan Mursala, Kabupaten Tapanuli Utara, Provinsi Sumatera Utara.

Untuk mencapai Pulau Kalimantung, Sobat Atourin harus menempuh perjalanan selama 12 jam dari Kota Medan ke pelabuhan Tapanuli Tengah. Lalu dari pelabuhan tersebut kamu dapat menyeberang menggunakan kapal selama kurang lebih 1,5 jam. Biaya penyewaan kapal adalah 1,5 juta rupiah per hari dengan muatan 15-20 orang. Perjalanan yang cukup panjang ini akan terbayarkan ketika kamu melihat pemandangan laut bak kepingan surga tersembunyi.

Pesona Pulau Kalimantung akan membuat pengunjungnya enggan untuk beranjak pulang. Bagaimana tidak, pulau ini masih sangat asri dan tak berpenghuni, sehingga membuat kamu dapat merasakan sensasi berlibur bak di pulau pribadi. Pulau ini pun dikelilingi banyak pantai yang indah dan dangkal. Warna pinggir pantai yang kehijauan, dangkalnya air, dan birunya laut akan memanjakan pengunjungnya.

Pantai di pulau ini pun masih sangat bersih. Dengan pasir putih yang lembut dan berkilau, pantai ini sangat cocok untuk liburan santai bersama teman dan keluarga. Pantai putih ini pun sangat cocok untuk anak-anak yang gemar bermain pasir. Selain itu, ada barisan pohon kelapa yang menyatu dengan hamparan laut biru yang sangat eksotis. Sungguh pemandangan yang menakjubkan bukan?

Bagi kamu si anak konten, Pulau Kalimantung mempunyai banyak spot foto dan video yang sangat instagrammable. Pantai kecil di sekitarnya cocok untuk dijadikan objek menarik di layar kamera. Kamu juga bisa membuat video menggunakan drone untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Atourin juga punya tips berfoto untuk kamu nih! Jangan lupa mengelilingi pulau-pulau sekitar ya, karena di sana ada banyak spot foto yang eksotis dan tersembunyi.

Selain keindahan pantainya, Pulau Kalimantung juga memiliki kekayaan dasar laut yang sangat indah. Kamu dapat mencoba snorkeling di sana dengan tarif yang sangat terjangkau, yaitu sekitar 50.000 rupiah per orang. Melalui kegiatan yang menyenangkan ini, kamu dapat melihat indahnya batu karang serta menemukan ikan-ikan yang unik. Tapi, jangan lupa untuk tetap menjaga keindahan dan tidak merusak batu karang yang ada ya, Sobat Atourin. 

Nah, apa kamu tertarik untuk berlibur ke Pulau Kalimantung? Bagi Sobat Atourin yang tertarik, warga setempat menyarankan waktu terbaik untuk pergi, yaitu pada pagi hari hingga siang hari. Karena, di waktu tersebut Sobat Atourin akan dapat menikmati hamparan pasir yang halus dan lembut. Terakhir, jangan lupa untuk menjaga kebersihan dan kelestarian alamnya ya! 

Foto Pendukung:

Keindahan Pulau Kalimantung jika dilihat dari atas

Laut biru dan pasir putih yang menjadi pesona Pulau Kalimantung

Pemandangan dari kapal ketika sore hari