(Sabila Rosyida)

Sobat Atourin, sudah punya rencana liburan untuk akhir pekan ini? Selain mengajak keluarga dan sahabat, kamu juga bisa coba ajak hewan peliharaan kesayanganmu, lho. Hadirnya tempat-tempat pet-friendly memungkinkan kamu rileks dari segala kesibukan tanpa perlu meninggalkan hewan peliharaanmu di rumah. Tak perlu bingung lagi, berikut daftar rekomendasi tempat pet-friendly di sekitar Jabodetabek untuk kamu dan anabulmu.

Lot 9 Café & Restaurant, Bintaro

Desain restoran ini didominasi oleh material kayu dan besi yang dilengkapi dengan pernak-pernik warna-warni. Sentuhan modern di tengah-tengah nuansa vintage nan elegan restoran ini terdapat pada penempatan kaca di sebagian besar dinding-dindingnya. Selain meja dalam ruangan, restoran ini juga menyediakan meja luar ruangan. Di sana, kamu dapat menemukan hamparan rumput hijau di mana hewan peliharaanmu dapat berlarian dengan leluasa.

Lahan yang luas bukan satu-satunya keunggulan Lot 9; restoran ini memiliki menu yang sama luasnya. Kamu bisa menikmati beragam masakan lokal dan makanan ringan mulai dari 30 ribuan rupiah saja. Mereka juga menyediakan beragam minuman, baik kopi maupun non-kopi, mulai dari 20 ribuan rupiah. Terjangkau banget, kan?

Mengunjungi Lot 9 bakal jadi pilihan tepat jika kamu berencana untuk makan makanan berat. Dengan hamparan rumput yang luas, hewan peliharaan kesayanganmu juga nggak akan bosan. Perut kenyang, anabul pun senang.

Lot 9 Café & Restaurant berlokasi di Jalan Arteri Bintaro No. 78, Bintaro Jaya Sektor 9, Pondok Pucung, Tangerang Selatan. Kunjungi restoran ini di jam operasionalnya, yaitu Senin-Minggu, pukul 08.00-21.00 WIB.

Ilustrasi jalan-jalan bareng hewan peliharaan pasti menyenangkan

Nirvana Valley Resorts, Puncak

Berencana menginap di hotel? Sekarang, kamu tak perlu pusing menitipkan hewan peliharaanmu karena hotel pet-friendly siap mengakomodasi liburan kamu dan anabul, seperti Nirvana Valley Resorts yang terletak di Puncak, Bogor ini.

Nirvana Valley merupakan penginapan bernuansa alam. Kamu bisa memilih untuk menginap di villa atau glamping. Penginapan seluas tiga hektare ini didominasi oleh desain bangunan dan taman yang berwarna-warni. Dengan konsep lebih dekat dengan alam, kamu dapat menemukan keindahan khas Puncak sejauh mata memandang. Mereka juga memiliki taman domba dan kelinci yang bisa dikunjungi setiap saat.

Tidak ada tambahan biaya untuk hewan peliharaan yang ikut menginap di Nirvana Valley. Namun, pastikan kamu memasang tali dan popok untuk anabul, ya. Tidak semua hewan peliharaan dapat dibawa menginap di Nirvana Valley; kamu dapat mengonfirmasi terlebih dahulu dengan petugas di sana. Umumnya, mereka menerima anjing dan juga kucing.

Nirvana Valley terletak di Jalan Puncak Dua, Wargajaya, Sukamakmur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Jangan lupa pesan penginapan pilihanmu terlebih dahulu sebelum datang ke sana.  

Dogs Ministry, Pluit

Seperti namanya, Dogs Ministry dikhususkan untuk anjing saja. Sifatnya one-stop; mereka menyediakan grooming, spa, hotel, kolam renang, taman, dan tempat penitipan khusus anjing. Selain itu, mereka juga menyediakan vaksin dan DogTinder (penjodohan anjing) secara rutin. Berbeda dengan rekomendasi sebelumnya, hewan peliharaanmu adalah rajanya di sini.

Sembari anabulmu dimanjakan, kamu tetap bisa mencicipi secangkir kopi di Dog Café. Untuk memasuki Dog Café, kamu perlu membayar tiket masuk seharga 60 ribu rupiah, yang sudah termasuk 20 ribu rupiah sebagai voucher makanan jika kamu berkunjung pada hari kerja.

Tidakpunya anjing, tapi tetap ingin berkunjung? Gak masalah! Bagaikan surga bagi pencinta anjing, di sana, kamu dapat bermain dengan hampir seratus anjing yang sehat, bersahabat, dan menggemaskan. Walaupun ramai anjing, kamu tak perlu khawatir akan bau pesing dan bulu yang bertebaran, karena petugasnya selalu sigap membersihkan ruangan.

Kamu dapat mengunjungi Dogs Ministry di Jalan Pluit Indah Raya No. 4, Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara. Mereka buka setiap hari Senin-Minggu mulai pukul 10.00-19.00 WIB.

Ilustrasi bermain dengan hewan kesayangannya

Coffeeright, Cimanggis

Rekomendasi terakhir cocok untuk kamu yang mau ngopi dan ngemil baik sendiri, bersama teman, maupun bersama hewan peliharaan. Namanya Coffeeright, kedai kopi di Cimanggis, Depok.

Desainnya yang minimalis dan didominasi interior berbahan kayu menjadikan kafe ini spot yang bagus untuk berfoto. Terdiri dari dua lantai, kamu bisa duduk di dalam maupun di luar ruangan. Jika kamu membawa hewan peliharaan, kamu bisa pilih area luar ruangan supaya si anabul bisa tetap bergerak dengan leluasa.

Selain makanan ringan, Coffeeright juga menyediakan makanan berat khas Indonesia seperti nasi goreng, makanan khas barat seperti carbonara, dan makanan khas Jepang seperti gyudon. Harganya pun sangat terjangkau. Minumannya bisa kamu peroleh dengan harga mulai dari 18 ribu rupiah dan makanannya mulai dari 30 ribu rupiah.

Coffeeright terletak di Marketing Lounge Podomoro Golf View, Cimanggis, Depok. Mereka beroperasi setiap hari, mulai pukul 07.00-21.00 WIB.

Nah, begitulah empat rekomendasi tempat pet-friendly di sekitar Jabodetabek yang bisa kamu kunjungi bersama hewan peliharaanmu. Pastikan kamu tetap menghormati kenyamanan pengunjung lain dengan membawa tali dan kantong kotoran untuk hewan peliharaanmu, ya! Kamu juga bisa membawa makanan ringan dan air minum untuk menunjang kenyamanan anabul selama berakhir pekan denganmu.

Sampai jumpa di rekomendasi tempat wisata berikutnya!