(Theodorus Emmanuel Axelliano Boruk)

Seperti yang kita tahu beberapa tahun terakhir, begitu banyak pembangunan yang berhasil mengubah BSD menjadi tempat atau kawasan yang semakin modern. Berbagai fasilitas umum yang dibangun telah membuat BSD semakin terasa jauh lebih lengkap ketimbang dulu. Wajah BSD mulai berubah semenjak ada beberapa pembangunan pusat perbelanjaan, tempat wisata, fasilitas umum, berbagai model cafe, beberapa area publik, dan lain sebagainya. Tidak hanya itu kawasan kuliner di BSD juga semakin bertumbuh seiring dengan berjalannya waktu. Mulai dari kawasan kuliner yang dipadati oleh anak-anak muda hingga kawasan kuliner yang menjadi pilihan keluarga untuk menghabiskan waktu. Hal tersebut yang membuat BSD menjadi cukup padat dan ramai dari waktu ke waktu. Banyak warga ibukota dan sekitarnya yang senang dan kerap kali menghabiskan waktu akhir pekan di BSD.

Bagi kalian, Sobat Atourin yang baru pertama kali ke BSD? Atau sudah kesekian kalinya singgah tapi bingung untuk kulineran di mana? Sudah berusaha untuk mengikuti arahan dan anjuran dari aplikasi atau google maps tapi masih tersasar? Atau mungkin sudah tahu alamatnya di mana, tapi tidak tahu lewat mana dan di mana letak persisnya tempat yang kalian cari. Untuk itu, kali ini akan ada beberapa rekomendasi tempat kuliner lengkap beserta alamatnya yang akan membuat kalian melipir bahkan mampir untuk singgah selama berada di BSD. Akan ada beberapa kawasan di BSD yang dipenuhi oleh berbagai opsi pilihan makan. Ada yang buka dari pagi hari, ada juga yang mulai ramai ketika malam hari. Untuk itu yuk! Mari disimak beberapa rekomendasi kawasan kuliner yang ada di BSD berikut ini.

Kerak Telor

Pasar Modern BSD

Berlokasi di Jalan Letnan Sutopo, Rw. Mekar Jaya, Kecamatan Serpong, Kota Tangerang Selatan, Banten kawasan ini cukup mudah untuk ditemui. Ketika pagi sampai menjelang sore hari, kawasan yang bertajuk Pasar Modern ini memang beroperasi sebagai pasar. Dengan berbagai hiruk pikuk antara pedagang dan pembeli layaknya di pasar tradisional membuat tempat ini terkenal ramai sejak pagi hari. Tapi ada sisi lain yang yang berbeda yang akan kalian jumpai ketika malam hari. Setelah peralihan waktu dari sore menuju malam hari, kawasan yang tadinya menjual berbagai jajanan pasar, sayur, buah-buahan dan lain-lain berubah menjadi sebuah kawasan kuliner yang lengkap. Kawasan ini hadir dengan pilihan yang cukup banyak. Bertempat di dalam tenda-tenda yang tersusun rapi, berbagai pilihan makanan bisa kalian cicipi ketika berkunjung kesini. Mulai dari Wakacao hingga chinese food beserta dengan seafood-nya menjadi andalan bagi sebagian orang yang berkunjung.

Taman Jajan BSD

Sebuah pujasera (pusat jajanan serba ada) yang sudah berdiri sekitar puluhan tahun dan terletak di sektor 1.3, Rawa Buntu ini hadir dengan pilihan makanan yang lengkap. Sejak pagi tempat ini memang sudah menjual beberapa jenis makanan untuk sarapan, tidak heran jika banyak orang yang juga mencari makan siang saat jeda makan siang. Hingga malam bahkan beberapa waktu masih ada beberapa tempat atau kios yang buka hingga larut membuat tempat ini selalu dipadati oleh pengunjung sepanjang hari. Mulai dari jajanan tradisional seperti kerak telor, es podeng, es doger, hingga makanan yang bernuansa Jepang juga dapat ditemukan di sini. Tentu saja dengan variasi harga yang relatif terjangkau dan nyaman di kantong!

Es Doger

Pasar 8 Alam Sutera

Biasanya di beberapa pasar-pasar modern yang ada di BSD dan sekitar memiliki dua fungsi. Tidak hanya berdiri sebagai pasar, tapi jika malam hari juga akan berjalan dengan konsep tempat kulineran yang lengkap. Kawasan ini memiliki konsep yang sama dengan Pasar Modern BSD. Berbagai tenda yang akan mulai didirikan ketika jam operasional pasar selesai akan menyajikan berbagai menu hidangan mulai dari berbagai macam jajanan tradisional seperti kue putu, klepon hingga wakacao juga tersedia di sini. Untuk itu tidak heran jika kalian kesini ketika malam hari, kawasan ini akan dipadati oleh berbagai kalangan usia. Mulai dari anak muda hingga keluarga akan berkunjung untuk menikmati sajian makanan yang disediakan. Oiya! Tempat ini berlokasi di Jalan Alam Utama, Pakulonan, Kecamatan Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Banten. Kalau kalian Sobat Atourin mampir kesini jangan lupa ajak admin ya!

Taman Jajan Anggrek Gaul dan Sabana Mitra Kuliner

Kawasan ini berdekatan dengan perumahan Anggrek loka dan Rumah Sakit EKA Hospital BSD. Tepatnya di Jalan Anggrek Loka dan Jalan Boulevard BSD Timur, hampir di sepanjang jalan dipenuhi dengan berbagai tempat makan yang hadir dengan berbagai variasi menu dan harga yang terjangkau. Sebenarnya dua kawasan ini dikelola oleh dua manajemen yang berbeda tapi terletak berdekatan dan juga mudah untuk dijangkau. Mayoritas menu yang disediakan juga seputar kuliner di Indonesia dan tentu saja memiliki rasa yang akrab di lidah. Jadi tidak heran jika tempat ini akan selalu ramai dengan hiruk pikuk yang ada. Makanan ringan seperti kue dan berbagai jajanan Indonesia juga tersedia di sini. Tidak hanya itu untuk varian makanan berat mulai dari berbagai olahan daging ayam, bebek, sapi, dan kambing juga tersedia dengan lengkap. Biasanya berbagai gerai yang tersedia di dua kawasan ini akan mulai beroperasi mulai pukul 16.00. Memang ada yang buka dari siang hari tapi tidak semua, jadi varian menu yang ditawarkan juga terbatas. Dan biasanya tempat makan ini juga tidak tutup secara serentak. Ada kios makanan yang tutup pada pukul 21.00 ada juga yang masih buka hingga jam menunjukkan pukul 02.00 pagi WIB. Oiya tempat ini buka setiap hari dan biasanya pada hari akhirpekan akan menjadi puncak dari kepadatan para pengunjung yang ingin menikmati berbagai varian menu yang ada.

JajananTradisional Indonesia

Ocean Food BSD

Ocean Food BSD terletak di dalam Ocean Park BSD. Sebuah pusat aquatic yang bertemakan waterpark dengan berbagai jenis fasilitas yang ditawarkan juga menjadi salah satu tempat yang paling sering dikunjungi. Namun tidak hanya itu, Ocean Park BSD ini juga menawarkan fasilitas berupa berbagai tenant yang bertajuk Ocean Food BSD. Tenda-tenda makanan yang ada berdiri di sebuah kawasan yang rapi, bersih, luas, dan nyaman. Untuk itu kawasan ini menjadi salah satu pujasera outdoor yang menarik banyak pengunjung untuk menikmati berbagai menu yang disajikan. Berbagai menu mulai dari Kebab Mayestik hingga Nasi Lemak Malay tersedia di sini. Tentu saja dengan harga yang relatif terjangkau. Tapi tidak hanya itu, ada sedikit suguhan yang berbeda dari beberapa pujasera di tempat lain di BSD. Ocean Food BSD ini juga menyediakan sebuah pertunjukan live music. Meskipun tempat ini masih terbilang cukup baru, hal itu tidak memungkiri dengan jumlah pengunjung yang datang untuk menikmati semua sajian yang ada di kawasan ini. Tidak lupa juga, bahwa kawasan ini mulai beroperasi dari pukul 15.00 sampai dengan pukul 22.00. Bagi kalian yang ingin datang dan mampir jangan terlalu larut ya!

Sekiranya itulah beberapa tempat atau kawasan untuk kulineran rekomendasi dari kami. Bagi semua Sobat Atourin yang ingin mampir di kala pandemi jangan lupa dan jangan lalai dengan protokol kesehatannya ya! Selamat menikmati dan jangan lupa tag admin ini berbagai platform sosial media kalian!