(Hasna Nurul Izzah)

Tidak perlu jauh-jauh ke Hawaii atau Maldives, Sobat Atourin bisa dengan mudah menemukan pantai indah dengan panorama alam yang memukau di Indonesia. Di sebelah utara kabupaten Jepara, Jawa Tengah terdapat pulau cantik bernama Karimunjawa. Karimun Jawa memiliki 27 pulau yang 22 di antaranya tidak berpenghuni. Secara administrasi, Karimunjawa adalah kecamatan yang terdiri dari 5 desa yaitu Karimunjawa, Kemojan, Pekojan, Parang, dan Nyamuk. Terletak kurang lebih sekitar 83 kilometer di sebelah utara Jepara, kamu bisa sampai di tujuan sekitar 5 jam menggunakan kapal feri dari Pelabuhan Kartini. Atau jika kamu dari pusat kota Semarang, pilihlah rute berikutnya ke Pelabuhan Tanjung Mas. Jika kamu punya budget lebih, maka bisa menggunakan moda transportasi udara. Ada beberapa penerbangan perintis yang berangkat dari Semarang dan Surabaya.

Pulau-pulau di Karimunjawa memiliki keunikan tersendiri bagi wisawatan yang berkunjung. Berikut beberapa tempat wisata terbaik di Karimunjawa yang wajib untuk disinggahi:

Pantai Bobby

Terletak di sebelah timur Karimunjawa, pantai ini menyuguhkan pemandangan pasir putih yang menghampar. Selain itu, pantai ini akan terlihat menawan saat matahari terbit (sunrise). Air nya yang sangat jernih hingga bisa terlihat dasar laut yang penuh dengan terumbu karang dan ikan ikan kecil sangat disukai oleh wisatawan. Di sekitar pantai, ada beberapa warung kelontong yang menjual cemilan dan minuman. Untuk masuk ke pantai ini dikenakan tarif 10.000 rupiah/orang.

Indahnya Pantai Tanjung Gelam

Pantai Tanjung Gelam

Bergeser dari Pantai Bobby, Pantai yang satu ini juga tak kalah cantik. Namanya Pantai Tanjung Gelam. Air laut jernih dengan warna air yang biru kehijauan menjadi daya Tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung. Khusus wisatawan yang gemar untuk berburu matahari terbenam, maka pantai Tanjung Gelam adalah rekomendasi yang tepat. Pelancong dari berbagai tempat meyakini nya sebagai salah satu spot terbaik di wisata Karimunjawa.

Bukit Love

Tidak hanya menawarkan snorkeling, namun juga pemandangan indah dari bagian puncaknya. Salah satu lokasi yang eksotis digemari wisatawan itu yaitu Bukit Love. Bukit tak hanya eksotis, namun juga romantis, terutama bagi pasangan muda-mudi. Sebuah batu besar yang sangat ikonik nan melegenda bertulis “Love” terpajang di ujung bukit. Di ujung yang lain juga tertulis “Karimunjawa”. Wisatawan dapat menikmati hamparan pemandangan lautan lepas dan hijaunya daratan.

Matahari Tenggelam di Karimun Jawa

Trekking Mangrove

Trekking mangrove merupakan hutan mangrove yang dikelola oleh Balai Taman Nasional Karimunjawa. Di tempat ini, Sobat Atourin bisa berjalan (trekking) di atas jalanan kayu. Ada beberapa shelter untuk beristirahat, jadi bisa belajar tentang bakau sambil tetap menikmati keindahannya. Hutan seluas 10,5 hektar dengan jalur trekking sepanjang 2 meter ini menjadi destinasi wisata andalan wisatawan jika merasa jenuh dengan rutinitas harian.

Menikmati Olahan Seafood di Alun-alun

Liburan ke Karimunjawa kurang afdol rasanya jika tidak mampir ke alun-alun untuk berburu kulinernya. Alun-alun Karimunjawa berlokasi di dekat pelabuhan tempat sandar kapal-kapal nelayan dan kapal wisata. Lokasinya tak luas, hanya sebesar lapangan bola tapi menjelang malam lokasi ini ramainya bukan main. Berbagai jenis ikan yang dijajakan antara lain ikan kakatua, baronang, kerapu, ikan pari, ikan ekor kuning, hingga ikan bawal batik. Bahkan di sini ada udang kipas dan lobster yang super segar. Semua seafood ditangkap langsung di perairan Karimunjawa, jadi dijamin kesegarannya.

Pantai Pasir Putih di Karimun Jawa

Pulau Menjangan Kecil

Terletak di sebelah barat daya dari pulau Karimunjawa, Pulau Menjangan Kecil ini kerap menjadi salah satu spot wisata snorkeling terfavorit. Ekosistem pasir, biota laut, dan terumbu karang dapat ditemukan di perairan di sekitar Menjangan Kecil. Tidak heran banyak wisatawan yang berkunjung melakukan aktivitas snorkeling di sini.

Wah, dari foto saja terlihat sangat memukau sekali apalagi jika Sobat Atourin langsung berkunjung ke sana ya! Jika Sobat Atourin memiliki rencana perjalanan seperti diatas, langsung saja percayakan kepada tim Atourin untuk menemani pengalaman berwisata kamu tanpa batas, lho.