(Titus Agung Adiyatma)

Logo Wisata Alam Capolaga

Provinsi Jawa Barat memang surga untuk para pecinta kegiatan berkemah dan hiking. Bagaimana tidak? Dari ujung barat sampai timur provinsi ini terbentang pegunungan hijau yang menggugah jiwa. Hamparan pegunungan tersebut menyediakan sangat banyak lokasi yang cocok untuk kegiatan berkemah dan hiking. Salah satu dari lokasi tersebut yakni Wisata Alam Capolaga. Lewat artikel ini, penulis akan jabarkan 5 alasan untuk berkemah di Capolaga. Sebelum itu, yuk kita kenalan dengan lokasinya!

Wisata Alam Capolaga adalah salah satu wisata alam yang berada di Kabupaten Subang, Jawa barat. Wisata Alam Capolaga berada di area seluas 10 hektar yang mempunyai keindahan ekosistem Sungai Cimuja yang unik yang dikelola sesuai dengan kaidah pengelolaan wisata alam. Capolaga terletak tidak terlalu jauh dari Bandung, yakni hanya sekitar 45 km saja. Selain itu, lokasinya juga terletak dekat dengan jalan raya yang menghubungkan Bandung dengan Subang. Akses transportasi yang terjamin tentu memudahkan kamu apabila ingin berkunjung ke sini.

Nah, sekarang setelah sudah mengetahui di mana Capolaga berada, berikut 5 alasan untuk berkemah di sini:

Banyak air terjun & gua

Terdapat tiga curug atau air terjun di sini, yakni Curug Karembong, Curug Sawer dan Curug Gua Badak. Selain air terjun, di objek wisata ini pun dapat ditemui gua-gua, salah satunya adalah Gua Badak. Biasanya tempat ini ramai pada hari biasa maupun liburan. Jadi, buat kamu yang berjiwa petualang, jangan khawatir, di sini kamu bisa sepuasnya berpetualang mengeksplorasi air terjun dan gua di Capolaga!

Salah Satu dari Sekian Banyak Air Terjun di Capolaga

Ada kebun tehnya juga, lho!

Kamu lebih suka kegiatan yang lebih santai? Tenang, Di kawasan Capolaga ini juga terdapat hamparan kebun teh yang cukup luas dengan suasana dan udara yang sejuk khas pegunungan. Nikmatilah sensasi memetik daun teh ditemani udara sejuk dan sinar mentari yang menyegarkan jiwa.

Fasilitas lengkap & murah meriah

Di kawasan Wisata Alam Capolaga, terdapat fasilitas-fasilitas seperti area berkemah, outbond, dan penyewaan tenda dan peralatan berkemah lainnya. Semua dapat kamu sewa dengan harga yang murah meriah. Jadi, jangan khawatir kalau lupa membawa peralatan atau perlengkapan berkemah, karena di Capolaga, semua yang kamu butuhkan pasti ada.

Area Perkemahan di Capolaga

Pemandangannya indah

Lokasi Capolaga dikelilingi oleh perbukitan dan pegunungan, salah satunya yakni Gunung Tangkuban Perahu. Bayangkan saja, saat senja setelah lelah ber-outbond ria, kamu duduk di dekat api unggun sambil menyantap jagung bakar. Di saat yang sama, mentari memancarkan cahaya perpisahan kepadamu seraya ia menghilang ke balik Tangkuban Perahu. Belum selesai sampai situ, ada pula bintang-bintang di langit malam yang dengan setia menemanimu sampai fajar menyingsing. Sulit untuk tidak berdecak kagum ketika dihadapkan dengan pesona alam Capolaga yang begitu memukau.

Ada penginapan & homestay kalau lelah berkemah

Sudah lelah berkemah? Rindu dengan empuknya kasur dan hangatnya mandi air panas? Kalau iya, enyahkan kelelahan dan kerinduanmu dengan beristirahat di berbagai penginapan dan homestay yang ada di Capolaga. Kalau soal homestay mana yang nyaman dan murah meriah, penulis merekomendasikan agar kamu mencoba menginap di Villa Kembar, salah satu homestay di Capolaga. 

Seperti kebanyakan tempat wisata lainnya, tentu ada tiket masuk yang harus dibeli untuk memasuki Wisata Alam Capolaga. Di hari kerja (senin-jumat), kamu dapat membeli tiket dengan harga mulai dari Rp8.000,00 per pengunjung. Di akhir pekan (sabtu-minggu), tiket dapat dibeli dengan harga mulai dari Rp10.000,00 per pengunjung. Wisata Alam Capolaga buka mulai pukul 8 pagi sampai 5 sore setiap harinya. Jangan lupa untuk membawa baju ganti dan alas kaki sebelum berkunjung. Mau mengintip dulu seperti apa tempatnya sebelum berkunjung? Boleh banget mampir ke akun resmi Instagram Capolaga di @wisatacapolaga!

Pesona Alam di Capolaga

Sesuai dengan julukannya—Zamrud Khatulistiwa—pesona alam Indonesia tiada usainya memukau kita semua. Wisata Alam Capolaga menjadi satu dari ribuan zamrud yang menjadi untaian kalung yang dikenakan Ibu Pertiwi. Selama hayat masih dikandung badan, mari kita nikmati alam Indonesia yang penuh dengan pesona dan keindahan.