(Varajuba Suci Amalia)

Apa yang terlintas di pikiran Sobat Atourin ketika mendengar kata Kampung Inggris? Pasti tidak jauh-jauh dari pelajar dan tempat kursus. Kampung Inggris sendiri adalah sebuah julukan untuk perkampungan yang terletak di Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Perkampungan ini terdiri dari kurang lebih 250 tempat kursus Bahasa Inggris, yang pelajarnya datang dari berbagai kota di Indonesia. Bahkan tak jarang, orang-orang dari mancanegara seperti Malaysia dan Thailand juga datang untuk belajar Bahasa Inggris di sini.

Suasana di Kampung Inggris selalu didominasi oleh pelajar, mahasiswa, maupun masyarakat umum yang ingin menghabiskan waktu libur mereka dengan belajar dan berwisata. Seperti halnya lingkungan pelajar lain, lingkungan di Kampung Inggris juga banyak menyediakan tempat kos, laundry, café, tempat makan, toko buku, penyewaan sepeda, dan peralatan lain yang dibutuhkan pelajar. Satu hal lain yang melekat dengan wajah Kampung Inggris adalah biaya hidupnya yang sangat murah, terutama makanannya. Rasa-rasanya setiap orang yang pernah datang ke Pare pasti setuju dengan hal ini. Untuk kamu yang ingin berburu kuliner nikmat dan murah di Pare, kamu bisa memasukkan tempat-tempat berikut di list kamu.

Nasi Pecel Tumpang Mbak Tun

Salah satu kuliner yang khas dari Kabupaten Kediri adalah nasi pecel tumpang. Kuliner ini sekilas sama saja dengan nasi pecel pada umumnya. Terdiri dari sayur, bumbu kacang, dan tidak lupa remahan rempeyek yang menambah tekstur. Hal yang membedakan nasi pecel khas Kediri dari nasi pecel lain adalah penambahan bumbu tumpangnya. Bumbu tumpang sendiri terbuat dari tempe yang sudah busuk. Namun jangan khawatir, kamu tidak akan keracunan karena tempe busuk ini aman dan tidak memiliki bakteri yang berbahaya bagi tubuh.

Untuk kamu yang tidak suka bumbu tumpang, tenang saja karena kamu tetap bisa memesan nasi pecel biasa. Buka dari jam 06.00 pagi, Nasi Pecel Tumpang Mbak Tun ini bisa kamu nikmati di dua tempat, yaitu Jalan Kusuma Bangsa Durenan dan Jalan RA Kartini Perum Gajahmada Pare dengan harga mulai Rp8.000,00-an saja.

Ayam Panggang Bu Endang

Jika kamu mencari tempat makan yang cocok untuk dinikmati ramai-ramai bersama keluarga atau teman, Ayam Panggang Bu Endang bisa menjadi pilihan. Suasana asri sangat terasa dengan interior kayu dan pemandangan kolam ikan. Ayam yang digunakan adalah ayam kampung yang memiliki tekstur lebih alot dan kenyal, dan disajikan bersama urapan sayur serta nasi hangat di dalam wadah anyaman bambu.

Satu ekor ayam bisa kamu pesan dengan harga Rp100.000,00 dan bisa dinikmati empat orang atau lebih. Namun jika kamu berniat datang sendiri, kamu juga bisa memesan ½ atau ¼ ekor ayam dengan harga yang lebih murah. Ayam Panggang Bu Endang ini terletak di Jalan. Dr. Sutomo Pelem, Kecamatan Pare dan buka setiap hari pukul 08.00 – 09.00 WIB.

Depot Sate dan Gule Tenang Pak Slamet

Sedikit ke arah timur dari Kampung Inggris, terdapat satu depot legendaris di Pare yang sudah berdiri puluhan tahun. Menu yang tersedia disini adalah sate dan gule kambing. Daging kambing yang disajikan cukup besar dengan tekstur empuk dan kematangan sempurna. Untuk satu porsi sate kambing, kamu akan mendapatkan 10 tusuk sate dengan bumbu kacang dan irisan bawang merah. Gule kambing yang disajikan pun cukup banyak. Satu mangkoknya dapat dinikmati oleh satu sampai dua orang.

Di depan Depot Tenang ini ada pertunjukkan musik keroncong yang bisa menemani pengunjung menyantap makanannya. Di dindingnya, kamu dapat melihat foto-foto orang penting yang pernah mengunjungi depot ini, salah satunya adalah mantan Presiden Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono. Depot yang terletak di Jalan Letjen Sutoyo No.73 Pare ini buka setiap hari pukul 10.00 – 21.00 WIB. Satu porsi satenya dibanderol dengan harga mulai dari Rp35.000,00. Memang relatif lebih mahal dari sate kambing lainnya di Pare, namun dijamin rasa dan suasana di sini tidak ada duanya.

Chinese Food Lawgris

Terletak di pusat Kota Pare, sekitar 500m arah selatan dari Tugu Garuda, terdapat salah satu kedai Chinese Food yang punya cita rasa mewah dengan harga yang murah. Satu porsi yang dihidangkan juga cukup banyak sehingga dapat memberikan kepuasan maksimal di lidah dan perut pengunjungnya. Menu disini sangat beragam, dari nasi goreng hongkong, capcay goreng, sampai udang asam manis. Harga yang ditawarkan pun sangat bersahabat. Kamu dapat menikmati kuliner di Chinese Food Lawgris ini mulai dari Rp12.000,00 hingga Rp35.000,00 saja.

Tempat yang tidak terlalu luas dan lahan parkir yang sangat terbatas menjadikan pengunjung yang masih awam akan ragu untuk mampir ke tempat ini. Karena itulah tempat ini menjadi salah satu kuliner hidden gem di Pare. Jika kamu tertarik, kamu dapat mengunjungi Chinese Food Lawgris di Jalan Dr. Sutomo No. 05 Pare. Tempat ini buka setiap hari pukul 16.00 – 23.30 WIB.

Warket Warung Ketan Susu

Setelah berkutat dengan makanan berat, kali ini rekomendasi datang dari makanan ringan dan sederhana. Kuliner yang satu ini pasti sudah tidak asing di telinga pelajar Kampung Inggris. Ketan susu legendaris yang tidak pernah sepi dari pengunjung. Terletak dekat dengan persawahan warga, membuat tempat ini sering dijadikan tempat nongkrong atau diskusi pelajar-pelajar di Kampung Inggris. Jadi jangan heran ya kalau kamu sampai kehabisan tempat duduk di sini.

Makanan yang disediakan cukup sederhana. Menu andalannya adalah ketan susu, atau yang sering disebut tansu. Tansu sendiri terdiri dari ketan yang dimasak dan diberi parutan kelapa dengan topping bubuk kedelai atau susu. Kamu juga bisa memesan makanan lain seperti mie rebus atau mie goreng. Dengan mengeluarkan uang Rp3.000,00 saja, kamu sudah dapat menikmati lezatnya ketan susu legendaris ini. Bagaimana? Sangat murah, kan? Kedai Warket ini terletak di Jalan Pancawarna Pare dan buka dari pukul 06.30 – 17.30 WIB.

Nah, itu dia rekomendasi kuliner di Kampung Inggris Pare yang wajib untuk dicoba. Jika kamu sedang mencari rekomendasi tempat menarik di daerah lain, jangan lupa berkunjung ke website dan sosial media Atourin. Kamu juga bisa menggunakan layanan itinerary planner yang disediakan oleh Atourin agar budget dan waktu kamu dapat dipergunakan dengan maksimal.