Ilustrasi Gunung

(Titus Agung Adiyatma)

Bagi Sobat Atourin yang berjiwa petualang, mendaki gunung jelas bukan tantangan, melainkan panggilan hidup yang berujung pada rasa pemenuhan dan kepuasan. Bagaimana tidak? Setelah lelah dan letih menanjak sampai ke puncak, hadirlah panorama alam yang menyegarkan jiwa dan membuat perjuangan mendaki gunung tersebut tidak sia-sia. Melalui artikel ini, kamu akan mengetahui 5 gunung di Sulawesi yang bisa kamu naiki. Bacalah sejenak, barangkali ada satu yang membuat hatimu terpikat.

Gunung Mahawu

Gunung dengan ketinggian 1.324 meter ini terletak di Sulawesi Utara. Gunung ini merupakan gunung berapi yang terakhir meletus pada tahun 1789. Walau sudah lama tidak meletus, namun aroma belerang masih tercium dari danau kawah gunung ini. Karena sudah lama tidak meletus pula maka terdapat banyak hewan dan tumbuhan di puncak gunung ini. Gunung ini cocok untuk didaki pendaki gunung pemula karena ketinggiannya tidak terlalu tinggi.

Gunung Lokon

Sama seperti Mahawu, gunung ini juga berada di Sulawesi Utara, tepatnya di dekat Kota Tomohon. Gunung ini merupakan gunung berapi yang masih aktif, dengan letusan terakhirnya terjadi pada tahun 2011. Dengan ketinggian 1.580 meter, kamu dapat melihat Kota Tomohon yang membentang di kejauhan dari atas gunung ini.

Gunung Tondano

Ini dia gunung yang cukup pendek dan cocok untuk didaki para pendaki pemula. Gunung dengan ketinggian 1.202 meter ini berada di Sulawesi Utara, tepatnya di sebelah barat Danau Tondano. Dari atas gunung ini, kamu bisa menikmati pemandangan bentang alam Sulawesi yang mempesona, lengkap dengan Danau Tondano.

Gunung Rantekombola

Katanya gunung ini merupakan gunung tertinggi di Sulawesi, namun ada juga yang bilang justru Gunung Latimojong yang tertinggi. Yang pasti, dengan ketinggian 3.455 meter, sudah pasti dibutuhkan usaha yang tidak sedikit untuk mendaki sampai ke puncaknya. Walau demikian, jerih payah pendakian sudah pasti akan terbayar saat menikmati sunrise atau sunset di puncak gunungnya.

Gunung Latimojong

Di selatan Rantekombola, terdapatlah Gunung Latimojong dengan ketinggian yang tidak kalah hebat, yakni 3.478 meter. Puncak dari gunung ini diberi nama Bulu Rante Mario. Sesampainya di puncak gunung, matamu akan dimanjakan dengan pemandangan awan-awan bergelombang yang melayang mendayu-dayu di angkasa. Di saat itulah kamu bisa menghela napas sejenak dan memberi selamat kepada diri sendiri, “aku hebat, tidak semua orang bisa melihat pemandangan seindah ini.”

Sulawesi adalah satu dari lima pulau terbesar di Indonesia. Jadi, jangan salah, masih banyak lagi gunung-gunung di Sulawesi selain yang sudah disebutkan di atas. Selagi kaki masih bisa mendaki, dan tangan masih bisa menghalau rintangan, mari naiki gunung-gunung di Sulawesi. Jangan lupa untuk selalu menjadi pendaki yang menghargai alam dan menerapkan pariwisata berkelanjutan.