(Hasna Nurul Izzah)

Objek wisata bahari ini terletak di ujung timur Pulau Kalimantan tepatnya di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Kepulauan Derawan memiliki tiga kecamatan, yaitu Pulau Derawan, Maratua, dan Biduk Biduk. Di kepulauan ini, terdapat taman bawah laut yang diminati tidak hanya oleh wisatawan domestik, namun juga wisatawan mancanegara terutama para penyelam kelas dunia. Tidak hanya itu, pulau ini juga ditinggali oleh satwa langka dan dilindungi seperti penyu sisik dan penyu hijau yang menarik untuk dikunjungi. Daya tarik lain dari pulau ini adalah mempunyai beberapa ekosistem pesisir dan pulau kecil yang ada di sekitarnya seperti hutan bakau, padang lamun, dan terumbu karang.

Berbagai fauna, flora, dan pemandangan lainnya akan membuat siapa saja terkagum dengan pulau ini. Jika Sobat Atourin berlibur ke Pulau Derawan, berikut rekomendasi destinasi yang wajib untuk dikunjungi untuk para pelancong:

Labuan Cermin

Untuk mencapai Danau Labuan Cermin, wisatawan harus menyewa kapal dari dermaga dengan harga sewa kapal 200.000 rupiah untuk perjalanan pulang-pergi. Danau Labuan Cermin memiliki air yang sangat jernih, bahkan dasar dari danau yang berupa pasir laut bisa terlihat dengan jelas. Dinamakan Labuan Cermin dikarenakan memiliki lapisan yang membuat cahaya matahari memantul. Hal tersebut terjadi karena Danau Labuan Cermin memiliki rasa asin yang akan terasa bila kita mengecap air dari permukaan danau, sementara air di dasar danau akan terasa tawar. Dua jenis air inilah yang membuat danau memiliki sebuah lapisan pemisah sehingga air dapat memantul. Tak jarang juga orang menyebut Danau Labuan Cermin ini dengan sebutan ‘Danau Dua Rasa’. Pengunjung dapat melakukan aktivitas berenang, snorkeling maupun diving di danau cantik ini.

Jernihnya air di Danau Labuan Cermin

Pulau Maratua

Selain ada kampung-kampung penduduk, di Pulau Maratua ada banyak resor eksklusif, bandara, serta beberapa spot wisata apik yang pastinya belum pernah ditemui sebelumnya oleh wisatawan. Salah satunya yakni Gua Halo Tabung. Gua ini dulunya lebih dikenal dengan nama Gua Haji Mangku. Akses paling mudah untuk menuju Gua Halo Tabung adalah dengan jalur darat yang kemudian dilanjut dengan jalan kaki 2 menit melalui boardwalk. Selain jalur darat, Gua Halo Tabung juga bisa diakses melalui jalur laut, namun hanya pada kondisi air pasang supaya perahu bisa mendekati jalan masuk. Selain mengunjungi situs gua, berenang serta menikmati birunya perairan di sekitar Maratua Paradise Resort atau bersama penyu di dive spot yang bernama Turtle Traffic dapat menjadi opsi lain berlibur kamu.

Pemandangan resort di welcome gate Pulau Maratua

Pulau Kakaban

Berbeda dengan Pulau Maratua, Pulau Kakaban merupakan pulau yang tidak berpenghuni. Daya tarik utama di pulau ini adalah danau air payau yang berada di bagian tengah pulau dan dikelilingi hutan yang cukup lebat. Di dalam danau tersebut ada banyak sekali sStingless jJellyfish atau dikenal dengan ubur-ubur yang tidak menyengat. Wisatawan bisa berenang dengan hewan lucu tersebut karena sudah mengalami proses evolusi sehingga kehilangan kemampuan menyengatnya.

Suasana sejuk menyelimuti Pulau Kakaban

Dari ketiga pilihan objek wisata di Pulau Derawan, adakah favorit sobat Atourin yang sudah masuk wishlist untuk rencana berdarmawisata selanjutnya? Dengan Atourin, kamu bisa menyusun rencana perjalananmu dengan budget yang kamu miliki dan request ataupun destinasi wisata pilihanmu di Pulau Derawan! Langsung meluncur dan cek di website Atourin ya.