(Ririn Atourin)

Hei Sobat Atourin, pada Jumát, 24 Juni 2022, Atourin kembali berkolaborasi dengan Yayasan IDEP Selaras Alam (IDEP) dalam melakukan penanaman pohon. Kali ini berlokasi di Desa Besan, Kabupaten Klungkung Provinsi Bali. Kegiatan ini adalah yang ketiga setelah sebelumnya dilaksanakan di Yeh Embang, Kabupaten Jembrana dan Pulau Serangan, Kota Denpasar. Kegiatan ini merupakan bagian dari Program Bali Water Protection yang digagas oleh IDEP.

Mengutip pada dokumen profil IDEP, Program Bali Water Protection (BWP) atau Perlindungan Air di Bali merupakan salah satu program dari Yayasan IDEP yang digagas sejak tahun 2012. Program BWP bekerja sama dengan Politeknik Negeri Bali dalam melakukan serangkaian riset terkait kondisi air tanah di Bali. Kini program Bali Water Protection memasuki implementasi tahun ke-3. Tahun 2021, BWP mengajak 60 Sekolah Dasar di seluruh provinsi Bali untuk bekerja sama dalam program ini.

Peserta Menanam Pohon di Desa Besan

Salah satu implementasi program yang dilakukan adalah penanaman pohon dengan melibatkan siswa-siswi sekolah dasar. Pada penanaman pohon yang ke-3 di tahun 2022, Program Bali Water Protection berkolaborasi dengan Atourin dan Omahyang melakukan kegiatan penanaman pohon yang bertujuan untuk menambah cadangan air tanah serta mengedukasi siswa-siswi sekolah dasar mengenai pentingnya penanaman pohon untuk masa depan.

Bagi Atourin sendiri, kegiatan ini selaras dengan kampanye One Traveler One Tree yang Atourin gagas dan telah menanam ribuan pohon di berbagai provinsi seperti DKI Jakarta, Jawa Tengah, dan Bali.

Kegiatan kali ini diikuti oleh 165 peserta yang terdiri dari siswa-siswi sekolah dasar dari tiga kabupaten yakni Bangli, Gianyar, dan Karangasem. Dibuka dengan pembukaan, para peserta diberi arahan terkait dengan pelaksanaan kegiatan penanaman pohon. Dilakukan pula acara perkenalan satu sama lain. Sebelum dan sesudah penanaman, juga diadakan games berhadiah dimana pemenang mendapatkan hadiah menarik dari Atourin. Peserta juga mendapatkan penjelasan tentang pentingnya menjaga kelestarian lingkungan misalnya dengan menanam pohon.

Menanam Pohon Berarti Melestarikan Lingkungan

“Kami ucapkan terima kasih kepada IDEP yang telah mengundang Atourin untuk ikut serta dalam kegiatan ini. Kami senang bisa ikut menjadi bagian dan berinteraksi dengan alam serta seluruh peserta untuk sebesar-besar kelestarian lingkungan. Kami berharap Program Bali Water Protection akan terus berjalan, mendapat banyak dukungan, serta memberikan dampak lebih banyak untuk Bali, alam, dan masyarakatnya.” Tutur Oka Agastya, Event Manager Atourin.

Sobat Atourin juga bisa mendukung kampanye One Traveler One Tree serta kampanye lainnya Silahkan cek laman berikut untuk penjelasan lebih lanjut: https://atourin.com/campaign

Terima kasih semua!