Nursyahbani Putridira

Pulau Lengkuas adalah nama sebuah pulau eksotis dengan pasir berwarna putih yang menghampar luas dikelilingi air berwarna hijau kebiruan dan jernih, serta masih berdiri tegak menjulang tinggi sebuah menara mercusuar tua yang telah dibangun pada masa kolonial Belanda tahun 1882 sebagai pelengkap panorama alam yang indah ini. Sampai saat ini, mercusuar tersebut masih berfungsi sangat baik sebagai pemandu serta penuntun lalu lintas kapal yang masuk dan keluar melalui pelayaran laut Tanjung Binga dan sekitarnya. Pulau kecil yang luasnya kurang dari 1 hektar ini letaknya berada di sebelah utara Pantai Tanjung Kelayang, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung dan tidak jauh dari Pantai Tanjung Tinggi. Di sekitar pulau ini pun ditumbuhi banyak pohon kelapa yang menjadikan pemandangan tersebut kontras dengan pasir pantai yang putih. Selain itu, kesan eksotis dan natural nampak pada kumpulan bongkahan batu granit raksasa nan menjulang tinggi. Hal tersebutlah yang membuat para wisatawan penasaran dan akhirnya mengunjungi tempat ini.

Perairan di Pulau Lengkuas yang sangat jernih!

Di sekitar pulau ini terdapat taman-taman laut dengan keanekaragaman biota lautnya. Lebih menarik lagi terdapat kapal “Indomarine” yang tenggelam sekitar tahun 1990. Di pulau ini, kamu bebas bermain air, pasir, dan juga menikmati keindahan bawah laut dengan snorkeling dan juga diving. Di sekitar pulau ada banyak spot menyelam yang baik untuk melihat keindahan bawah laut. Karang-karang dan ikan-ikan indah akan menemani kegiatan snorkeling dan diving kamu. Saat yang paling tepat untuk mengunjungi Pulau Lengkuas sendiri adalah sekitar bulan Maret sampai bulan November. Selama masa ini ombak laut cenderung lebih tenang, sehingga kamu juga bisa menikmati perjalanan dengan perahu, snorkeling, dan berenang di perairan yang sangat jernih ini.

Meski kecil, keindahan pantai di Pulau Lengkuas tak perlu diragukan lagi sehingga pulau ini sangat layak untuk dikunjungi saat berlibur. Sudah ada banyak wisatawan baik domestik maupun mancanegara yang berlibur di sana. Fasilitas di Pulau Lengkuas terbilang cukup lengkap, mulai dari kamar mandi, tempat parkir, tempat menjual makanan, ataupun minuman sampai penjual souvenir khas daerah Belitung itu sendiri. Untuk mencapai Pulau Lengkuas bisa melalui beberapa jalur jika dari Kabupaten Belitung. Rute pertama adalah dari desa Tanjung Kelayang dan rute kedua dari Tanjung Binga.

Di pulau ini, Sobat Atourin seperti berada di surga bahari. Atourin punya paket wisata menarik ke Pulau Lengkuas dan daerah lain di Bangka Belitung. Yuk cek marketplace Atourin dan dapatkan paket wisata favoritmu di sana!