(Shanta Moyra Tambunan)

Indonesia memiliki ragam wisata, salah satunya pemandian. Sobat Atourin mungkin sudah tidak asing dengan pemandian air panas dan air belerang. Namun bagaimana dengan pemandian air soda? Berdasarkan penelitian hingga saat ini, pemandian air soda hanya ada 2 di dunia. Salah satunya Indonesia yakni tepatnya di Desa Parbubu, Tapanuli Utara, Sumatera Utara. Nah, pasti Sobat Atourin penasaran kan tentang pemandian ini. Yuk simak penjelasan berikut!

pemandian

Sejarah

Pemandian Air Soda satu-satunya yang ada di Indonesia terdapat di Tarutung Utara, Desa Parbubu. Sejak 1976, pemandian ini sudah dikelola dan menjadi sebuah objek wisata yang dikelola oleh Minar Sihite (nenek dari pemilik sekarang).

Minar Sihite adalah seorang bidan. Suatu hari beliau pulang ke kampung halaman dan berjalan menyusuri hutan yang dikenal angker oleh masyarakat. Tanpa diduga, beliau menemukan sebuah sumber air dengan aroma dan rasa yang mirip seperti soda. Pada saat itu, warna mata airnya berwarna merah, oleh karena itu dikenal dengan aek rara. Aek yang berarti air dan rara yang berarti merah.

Setelah kejadian tersebut, beliau bermimpi bertemu sesosok arwah dan memberikan wasiat untuk mengembangkan lokasi tersebut dengan syarat yaitu tidak boleh berbicara kotor, tidak boleh telanjang walaupun itu anak kecil, dan tidak boleh membangun penginapan di sekitarnya.

Setelah melakukan perjanjian melalui alam bawah sadar, beliau akhirnya memutuskan untuk membangun kolam yang ukurannya cukup besar di lokasi tersebut dengan harapan siapa saja bisa menikmati sensasi berenang di kolam air soda. Pada 1976, Pemandian Air Soda mulai dibuka untuk umum dan hingga saat ini menjadi wisata kebanggaan Tapanuli Utara.

Lokasi, Waktu, dan Harga

Sumatera Utara terkenal dengan Pulau Samosir dan Danau Toba, namun Sobat Atourin akan menyesal jika tidak mengunjungi tempat wisata yang lainnya, salah satunya Pemandian Air Soda ini. Jika Sobat Atourin berasal dari luar kota, kamu bisa memilih penerbangan melalui Bandara Silangit, Sumatera Utara. Setelah itu menempuh perjalanan sekitar 45 menit menuju Parbubu I, Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara. Jalannya tidak mulus dan sedikit sempit dibanding jalan raya pada umumnya. Namun justru ini yang membuat perjalananmu akan lebih berkesan.

Jika Sobat Atourin sudah berada di Sumatera Utara, langsung saja menuju Desa Parbubu. Untuk lebih memudahkan mencari lokasi, Pemandian Air Soda tepat di bawah Salib Kasih Tarutung dan Pemandian Air Panas dekat Salib Kasih. Lokasi Salib Kasih di atas bukit, maka Pemandian Air Panas dan Air Soda ada di bawah bukitnya. Lokasi Pemandian Air Soda tepat di pinggir jalan, sehingga siapapun yang melintasi jalan tersebut akan melihat pengunjung yang sedang berendam. Hal ini juga memudahkan pengunjung untuk menemukan Pemandian Air Soda.

Jam operasionalnya mulai dari jam 07.00 hingga 19.00 WIB. Namun dianjurkan bagi wisatawan untuk datang pagi atau siang hari, karena pengunjung masih sedikit sehingga air soda masih terlihat jernih dan segar.

Biaya untuk menikmati pemandian Air Soda tidaklah mahal, bahkan gratis. Namun pengunjung diwajibkan untuk membeli makanan atau minuman, kebutuhan mandi seperti pelampung atau pakaian renang dan parkir. Terkadang pengunjung memberi sumbangan secara sukarela untuk pengelolaan obyek wisata atau buah tangan seperti kebutuhan pokok.

Tentang Air Soda

Karena tepat di bawah Salib Kasih Tarutung, maka Pemandian Air Soda dikelilingi oleh Bukit Barisan yang berarti bukit yang berbaris. Sehingga ketika berendam di air soda, kamu akan merasakan suasana yang unik, yakni udara yang sejuk, air soda yang menempel di tubuh, serta pemandangan sawah dan bukit menjadi satu. Dari pemandian ini, Salib Kasih juga terlihat, meskipun sangat kecil.

Layaknya soda, terdapat gelembung yang berasal dari beberapa titik mata airnya. Sehingga ketika tubuh memasuki kolam, gelembung-gelembung kecil akan menempel di kulit layaknya soda. Kamu akan merasa sensasi hangat dari air sodanya dan badan terasa lebih ringan dibandingkan pemandian air biasa lainnya. Jika penasaran akan rasanya, pengunjung bisa saja mencicipinya selagi berendam, akan terasa seperti soda namun tidak berasa.

Air soda diyakini memiliki khasiat yang baik bagi kulit, meskipun belum ada penelitian yang mendukung pernyataan ini. Sehingga, tak jarang pengunjung membawa pulang air soda ke dalam botol kemasan yang sudah disediakan.

Kedalaman kolam ini yakni 1,8 meter dengan bentuk lingkaran. Karena Pemandian Air Soda merupakan mata air, maka tidak usah khawatir jika air ini akan kering kerontang. Justru, air mengalir terus hingga saat ini.

Tidak hanya kolam dan kantin, namun terdapat loker, kamar mandi untuk ganti baju, parkir yang luas dan juga toko oleh-oleh. Oleh-oleh yang dijual mulai dari pakaian, alat musik, makanan, souvenir, perhiasan, dan banyak lagi.

Sobat Atourin tidak usah khawatir akan penginapan atau wisata terdekat lainnya, karena beberapa kilometer dari pemandian Air Soda terdapat banyak penginapan yang bisa kamu pilih. Di sekitarnya, seperti dijelaskan sebelumnya, juga banyak terdapat obyek wisata lainnya yang terkenal seperti Salib Kasih Tarutung, Pemandian Air Panas, dan banyak lagi.

Jika Sobat Atourin ingin menelusuri wisata unik lainnya, kunjungi Sosial Media Atourin atau website Atourin. Selamat menjelajah Sumatera Utara dan daerah Indonesia lainnya ya!