Halo Atourin Explorer!

Kali ini kita bakal bahas beberapa destinasi di Indonesia yang sudah mengedepankan wisata halal dan sudah dikenal sampai kancah Internasional loh.

1. Lombok


Sumber: Google

Pulau Lombok dinominasikan sebagai World Best Halal Tourism Destination. Lombok dijadikan sebagai tempat wisata dikarenakan alam yang hijau dan lautnya yang biru nan indah. Kemudian Lombok dijuluki sebagai pulau seribu masjid dimana wisatawan muslim bisa beribadah lebih mudah dan juga wisata kulinernya yang banyak menyediakan makanan halal.


2. Jakarta


Sumber: The Independent

Sebagai Ibukota Negara, Jakarta sedang mengembangkan program Pariwisata Muslim Friendly. Bisa dilihat di setiap pusat pembelanjaan sudah disediakan tempat ibadah berupa mushola yang sangat memadai. Adanya Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral sebagai simbol rukunnya antar agama dan juga restoran di daerah Jakarta juga banyak yang sudah mendapat sertifikat halal.


3. Batam

Sumber: The Independent

Pemerintah Kota Batam juga mendorong usaha penjual makanan untuk mendapat sertifikasi halal dan juga mendorong pelaku usaha baju muslim untuk meningkatkan usahanya. Pemerintah Batam juga meningkatkan jumlah wisata mancanegara dengan tema wisata halal. Hal ini dibuktikan dengan adanya kerjasama dengan majelis ulama Indonesia (MUI).


4. Aceh

Sumber: The Independent

Pemerintah Kota Banda Aceh telah mempersiapkan diri untuk menjadi salah satu tempat wisata halal terbaik di Indonesia. Salah satu yang dilakukan adalah merencanakan trans kota dengan 30 unit armada yang bisa mengelilingi Kota Banda Aceh. Selain itu akan dibangun sekolah madani center di kompleks sekolah dilengkapi dengan sebuah convention hall yang dapat menampung sekitar 4 ribu orang, kebun raya, Museum Banda Aceh, Pusat Kebudayaan Islam dan Pendidikan Halal. Arsitektur bangunan-bangunan yang baru nanti akan menggunakan arsitektur Islami.