(Khalisha Sarah An Najmi)

Siapa sih yang nggak tahu Bandung? Ibukota dari Jawa Barat ini selalu menawarkan banyak sekali keunikan yang tiada habisnya, sehingga membuat para pengunjung dari luar Bandung bahkan masyarakat Bandung sekalipun terus jatuh cinta pada kota ini.

Bandung tak hanya memiliki kota yang indah dengan udara yang sejuk, namun kota yang sering disebut anak-anak muda sebagai kota estetik ini juga menawarkan lebih dari itu. Banyak tujuan wisata yang tak kalah bagus seperti museum dan galeri seni yang menyajikan sejarah yang menarik, wisata alam yang memanjakan mata, tempat belanja dengan konsep bangunan unik hingga kuliner lezat yang akan menggugah selera makan kamu.

Baru-baru ini, Bandung dinobatkan sebagai salah satu kota kuliner tradisional terbaik oleh dalam Taste Atlas World 2021. Ternyata Bandung tak hanya menyajikan hidangan tradisional yang unik, namun juga menghadirkan kuliner modern yang dibuat seinovatif mungkin agar para penikmatnya merasa puas. Dan kali ini, Atourin akan merekomendasikan beberapa tempat kuliner terbaik yang ada di Bandung.

Nah, buat kamu para pecinta makanan, tempat-tempat yang menyajikan berbagai macam pilihan kuliner tradisional dan modern dibawah ini bisa jadi referensi bagus buat kamu yang mau berkunjung ke Bandung!

Kuliner Tradisional

Setiap kota pasti memiliki kuliner tradisional yang dapat memanjakan lidah, begitupun dengan Bandung. Di kota ini, kamu bisa menemukan banyak pilihan makanan tradisional dengan rasa otentik yang pastinya tidak akan membuat kamu menyesal.

Batagor Kingsley

Batagor adalah salah satu kuliner yang legendaris di Bandung. Dihidangkan dengan bumbu kacang yang khas dan nikmat, membuatnya menjadi salah satu makanan paling lezat di kota ini. Kamu bisa mencoba salah satu batagor Bandung terenak di warung Batagor Kingsley. Warung ini berada di Jalan Veteran nomor 25, Kecamatan Sumur Bandung dan buka setiap hari dari pukul 08.30-19.30 WIB.

Bakso Cuanki Serayu

Cuanki bisa dibilang bakso khasnya Bandung. Hidangan ini unik karena cukup berbeda dari bakso pada umumnya. Bakso cuanki memiliki ukuran lebih besar dan kuah baksonya lebih ringan dengan banyak condiment pendamping. Kalau kamu ingin mencicipi bakso cuanki yang terjamin rasanya, kamu wajib pergi ke warung Cuanki Serayu. Tempat ini sangat populer di Bandung karena memiliki rasa yang fenomenal, ditambah dengan porsinya yang banyak. Kamu bisa datang ke Jalan Serayu nomor 25, Cihapit untuk menikmati hidangan ini. Tempat ini buka setiap hari dari pukul 11.00-19.00 WIB.

Bakso Cuanki

Dapoer Pandan Wangi

Kalau kamu ingin mencicipi berbagai hidangan di satu tempat, Dapoer Pandan Wangi adalah jawaban yang tepat. Karena restoran ini dikenal sebagai salah satu restoran Sunda terbaik di Bandung yang menyajikan berbagai macam menu tradisional khas Jawa Barat. Nah, menu yang sangat terkenal di restoran ini adalah nasi timbel dan juga nasi ungkep. Disini kamu juga bisa memilih duduk di meja makan biasa atau lesehan. Dapoer Pandan Wangi buka setiap hari dari pukul 10.00-22.00 WIB dan terletak di Jalan Patuha nomor 38, Kecamatan Lengkong.

Surabi Imut

Beralih ke yang manis-manis, ternyata Surabi menjadi salah satu camilan paling hits di Bandung lho! Rasanya yang sederhana dengan beragam rasa dan topping membuat jajanan ini banyak digemari masyarakat. Untuk menikmati jajanan klasik ini, kamu bisa datang ke Warung Surabi Imut. Warung ini tak hanya menjual surabi, namun juga menu lainnya seperti colenak, berbagai hidangan mie, bajigur hingga bandrek. Warung ini memiliki alamat di Jalan Doktor Setiabudhi nomor 194, Gegerkalong, Kecamatan Cidadap dan buka setiap hari pukul 20.00-20.00 WIB. Cus, langsung catet ya Sobat Atourin!

Kuliner Modern

Kuliner yang tak kalah menarik yang ada di Bandung adalah kuliner yang disajikan secara modern. Hidangan berikut ini juga tak kalah lezat. Dan tempatnya pun dijamin akan memanjakan mata kamu selama bersantap di tempat-tempat ini.

Bandoengshe Melk Centrale (BMC)

BMC merupakanan tempat klasik yang menjadi produsen susu pertama yang terkemuka di Indonesia. Sudah berdiri sejak tahun 1928, sekarang tempat ini menjadi kafe yang unik dengan hidangan yang memiliki cita rasa khas dan terkenal di Bandung. Tak hanya susu dengan kualitas baik yang dijual, mereka kini juga menjual berbagai makanan ringan hingga makanan berat yang disajikan dengan konsep modern.

Kamu bisa langsung pergi ke Jalan Aceh nomor 30, Babakan Ciamis, Kecamatan Sumur Bandung. Buka setiap hari, tempat ini buka jam 08.00-20.00 WIB.

Proses Pembuatan Surabi

Braga Permai

Braga Permai merupakan sebuah restoran klasik. Memiliki berbagai pilihan hidangan dari mulai makanan khas Indonesia yang disajikan secara modern hingga makanan daerah Eropa, membuat restoran ini cocok untuk kamu yang mau mencoba berbagai hidangan dari daerah dan negara yang berbeda-beda. Restoran ini berlokasi di daerah bersejarah, tepatnya di Jalan Braga nomor 58, Braga, Kecamatan Sumur Bandung dan buka setiap hari pada pukul 08.00-22.00 WIB.

Atmosphere Resort Café

Restoran ini merupakan restoran dengan desain bangunan yang nyaman dan hangat. Restoran ini menyajikan hidangan dari Indonesia, Eropa, dan Asia yang disajikan secara modern. Ciri khas dari restoran ini adalah makanan yang kaya akan bumbu dan rempah-rempah. Buat kamu yang suka dengan makanan yang flavorful, kamu harus banget ke sini! Restoran ini buka setiap hari di pukul 10.00-21.00 WIB dan berlokasi di Jalan Lekong Besar nomor 97, Paledang. Itu dia beberapa tempat terbaik untuk menikmati kuliner tradisional dan juga modern yang ada di Bandung versi Atourin. Tentunya masih banyak lagi pilihan tempat kuliner yang tersebar di Bandung. Nah buat Sobat Atourin yang pecinta kuliner, setelah baca ini, makanan apa dulu nih yang kira-kira mau kamu coba?