(Hasna Nurul Izzah)

Ramadhan tiba, ramadhan tiba~ Wah bulan yang penuh berkah ini, pastinya sangatlah dinanti-nantikan seluruh umat Muslim di Indonesia maupun di seluruh dunia ya. Sepanjang bulan Ramadhan, biasanya masjid atau musholla pada waktu-waktu tertentu menggelar acara buka bersama. Di beberapa daerah di Indonesia, ada menu khusus yang disiapkan sebagai menu khas Ramadhan. Yuk sambil ngabuburit, Sobat Atourin bisa banget cek artikel satu ini buat referensi menu buka puasa nanti lho!

Kolak

Berbuka puasa lah dengan yang manis-manis. Nah, selain iklan sirup, kolak adalah salah satu jenis kuliner buka puasa yang hadir sebagai penanda datangnya bulan Ramadhan. Isian kolak berbahan dasar gula aren atau gula kelapa, santan, dan daun pandan. Variasi penambahan pisang disebut kolak pisang atau pisang kolak. Variasi lain juga bisa ditambahkan bahan-bahan seperti labu kuning, ubi jalar, nangka, pisang raja, singkong, bola-bola nasi, dan mutiara tapioka. Biasanya disajikan hangat, namun beberapa orang lebih menyukai kolak yang disajikan saat dingin.

Kurma

Buah yang berasal dari Timur Tengah ini selalu menghiasi bulan Ramadan. Rasanya yang manis membuat buah ini cocok untuk berbuka puasa. Ditemani dengan segelas air putih sudah bisa membuat badan segar kembali. Kurma juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, salah satunya menjaga kesehatan pencernaan. Jenis-jenis kurma di Indonesia pun beragam macamnya, ada kurma sukari, kurma medjool, hingga kurma ajwa yang digemari banyak orang.

Es Blewah

Memang kalau bulan puasa itu bawaannya pengen banget minum yang seger-seger kayak es yang satu ini. Aromanya yang semerbak dengan rasa manis nan segar, juara banget buat menu berbuka puasa. Apalagi kalau digabung sama sirup manis. Wah, haus dan dahaga langsung sirna! Biasanya es blewah bisa kamu dapatkan di penjual takjil pinggir jalan.

Es Pisang Ijo

Salah satu dari banyak minuman spesial bulan Ramadhan adalah es pisang ijo dari Makassar, Sulawesi Selatan. Terbuat dari pisang yang dibungkus dalam adonan tepung yang telah diwarnai dengan gincu hijau. Biasanya minuman ini disajikan dengan santan, sirup rasa pandan, dan es serut.

Itulah beberapa kuliner khas dari berbagai daerah di Indonesia yang sangat ikonik ketika bulan Ramadhan. Pasti ada banyak kuliner lainnya dari berbagai daerah di Indonesia. Jadi, pastikan Sobat Atourin nggak melewatkan kesempatan untuk menyantap ragam sajian lezat di atas selama bulan puasa. Selama berburu takjil, jangan lupa untuk tetap mematuhi protokol kesehatan juga nih. Tetaplah mengenakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak ya.