(Hasna Nurul Izzah)

Sempat ditiadakan dua tahun karena pandemi Covid 19, Kota Surabaya akhirnya menggelar kembali acara memperingati hari jadi kota pahlawan yang ke-729 pada Mei lalu. Kota Surabaya adalah ibukota Jawa Timur dan merupakan kota terbesar kedua di Indonesia.

Berbagai kegiatan menarik disuguhkan kepada penduduk Surabaya oleh Bapak Walikota, Eri Cahyadi. Berikut beberapa agenda rutin yang wajib ada dalam pesta rakyat ini:

  1. Surabaya Shopping Festival (1-31 Mei 2022)

Event ini yang paling ditunggu-tunggu oleh masyarakat karena seluruh pusat perbelanjaan di Surabaya tanpa terkecuali memberi potongan harga hingga 70%. Banyak sekali barang yang bisa dibeli mulai dari fashion, home décor, perkakas rumah tangga, dan berbagai kebutuhan lainnya.

2. Bakti Sosial (16-21 Mei 2022)

Pemerintah Kota Surabaya mengadakan serangkaian kegiatan bakti sosial penyaluran pelayanan terintegrasi. Acara diadakan di 5 kecamatan, mulai dari Sawahan, Bubutan, Tambaksari, Pakal, dan Krembangan. Jenis layanan yang disediakan bermacam-macam, mulai dari layanan pajak, layanan informasi dan keluhan masyarakat, layanan kesehatan seperti vaksinasi, laboratorium, spesialis, konsultasi gizi sampai kesehatan gigi.

3. Festival Rujak Uleg (22 Mei 2022)

Festival Rujak Uleg diikuti oleh 750 peserta dan juga dimeriahkan oleh tamu kehormatan, seperti berbagai komunitas hingga mahasiswa asing yang ada di Surabaya. Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, festival ini diselenggarakan di Jalan Kembang Jepun (Kawasan Kya-Kya), Kecamatan Pabean Cantikan. Bapak Walikota Surabaya bersama tamu undangan menguleg rujak di cobek besar dan diberikan kepada penonton yang hadir.

Gubernur Jawa Timur dan Walikota Surabaya sedang asyik menguleg rujak raksasa

4. Kejuaraan basket Piala Walikota antar pelajar SMP dan SMA (23-29 Mei 2022)

Berlangsung di GOR Pancasila, Indonesia Basketball Festival (IBF) kali ini diikuti oleh delapan tim putra dan enam tim putri yang berasal dari Kota Surabaya dan Kota Malang.

Pertandingan basket tim putra pada Piala Walikota

5. Surabaya Vaganza (28 Mei 2022)

Antusiasme warga Surabaya untuk melihat parade mobil hias dan parade budaya sangat tinggi sekali. Bahkan terdapat wisatawan dari luar kota juga yang hendak menonton pagelaran ini, seperti Kediri, Gresik dan Malang. Gubernur Jawa Timur, Ibu Khofifah Indar Parawansa, pun turut hadir di momen yang berbahagia ini dan membuka serta memberangkatkan peserta Parade Budaya 2022. Aktivitas Surabaya Vaganza berlangsung dari pukul 15.00 hingga pukul 24.00 malam di Jalan Tunjungan.

Warga Surabaya dan wisatawan sedang berkumpul menyaksikan parade

6. Peresmian Wisata Air Kalimas (31 Mei 2022)

Sebelum menutup rangkaian hari jadi Kota Surabaya ke 729, Pemerintah Kota Surabaya resmi merilis wisata terbaru yaitu Wisata Air Kalimas. Wisatawan bisa merasakan sensasi syahdunya menjelajah Sungai Kalimas pada malam hari dengan ditemani warna warni lampu disepanjang sisinya. Untuk rute, jadwal dan pemesanan tiket secara online dapat diakses di tiketwisata.surabaya.go.id.

Suasana semarak menjadikan momentum kebangkitan warga Surabaya dalam menghadapi pandemi Covid 19. Semoga Kota Surabaya senantiasa menjadi kota perjuangan dan bersinergi menuju lebih hebat. Ngomong ngomong, adakah Sobat Atourin di sini yang berasal dari Surabaya atau sudah pernah ke Surabaya?

Sumber : bangga.surabaya.go.id/