Monumen Nasional Indonesia / Monas (freeimages.com)

Time to Read: 3 minutes

(Azzahra Siti Nabila)

Setelah 3 bulan menjalani Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), tentu banyak masyarakat yang tidak sabar ingin pergi berlibur di era new normal ini. Pembukaan tempat wisata secara bertahap dengan protokol yang ketat, membuat masyarakat harus tetap menjaga diri selama pergi berlibur. Salah satu pilihan alternatif yang aman dan menarik untuk berwisata di era new normal ini ialah dengan mencoba staycation atau liburan yang dilakukan di daerah sekitar rumah atau melakukan perjalanan ke tempat lain yang tidak jauh dari tempat kita tinggal. Untuk kalian yang tinggal di Provinsi DKI Jakarta namun masih takut untuk bepergian keluar kota, Jakarta juga memiliki banyak tempat wisata yang menarik loh! Berikut ini adalah rekomendasi tempat wisata yang seru yang patut kamu kunjungi untuk staycation:

1.Perpustakaan Nasional

Ilustrasi Perpustakaan Nasional Indonesia (unsplash.com)

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia terletak tidak jauh dari Monumen Nasional (Monas) tepatnya di Jalan Medan Merdeka Selatan, Kota Jakarta Pusat. Perpustakaan ini merupakan salah satu tempat pilihan yang asyik untuk berwisata di Jakarta. Gedung baru yang diresmikan pada tanggal 14 September 2017 ini memiliki 24 lantai dengan pelayanan berbeda di setiap lantainya dan tentunya dilengkapi dengan fasilitas yang mumpuni. Perpustakaan Nasional Republik Indonesia ini memiliki koleksi buku yang sangat lengkap, hampir seluruh jenis buku tersedia di sini. Untuk pengunjung baru, disarankan untuk membuat kartu anggota terlebih dahulu karena kartu anggota ini berfungsi untuk peminjaman buku secara langsung maupun secara online atau dalam jaringan(daring). Selain koleksi buku, perpustakaan ini juga memiliki koleksi audiovisual, foto, peta, dan lukisan yang lengkap. Fasilitas di perpustakaan ini juga sangat lengkap, dari kantin sampai ruang ibadah ada disini. Jadi, para pengunjung tidak perlu khawatir untuk mencari makan maupun ruang ibadah selama berada di area perpustakaan. Konon, perpustakaan ini adalah perpustakaan tertinggi yang ada di dunia, yakni di ketinggian 126,3 meter. Penasaran kan? Yuk segera ke Perpustakaan Nasional!

2.Galeri Nasional

Ilustrasi Galeri Nasional Indonesia (pexels.com)

Galeri Nasional Republik Indonesia ini terletak di Jalan Merdeka Timur, Kota Jakarta Pusat dan lokasinya tidak terlalu jauh dari Perpustakaan Nasional. Galeri Nasional ini merupakan semacam kompleks bangunan dengan warna cat putih ala zaman kolonial yang menyimpan berbagai macam koleksi karya seni rupa, baik dua dimensi maupun tiga dimensi. Galeri Nasional memiliki beberapa gedung yang dipisahkan berdasarkan tema tertentu, gedung utama berisi koleksi seni dari Istana Kepresidenan Republik Indonesia, sementara gedung lainnya berisi lukisan-lukisan baru. Selain lukisan, Galeri Nasional juga menyediakan beberapa spot foto instagramable yaitu beberapa dinding yang telah dimural dengan warna-warna yang cerah. Selain itu, wisatawan yang datang tidak dipungut biaya apapun untuk mengunjungi galeri ini. Bangunan utama Galeri Nasional adalah ruang pameran tematik. Di ruang ini, berbagai pameran sangat menarik mulai lukisan, patung, atau benda seni lainnya secara rutin digelar. Selain itu, Galeri Nasional juga sering mengadakan event non-pameran seperti kelas sketsa, bincang seni, dan banyak lainnya. Menarik bukan?

3.Museum Nasional

Ilustrasi Museum Gajah (unsplash.com)

Museum Nasional Indonesia terletak di Jalan Merdeka Barat, Kota Jakarta Pusat. Museum ini juga dikenal dengan sebutan Museum Gajah karena ada sebuah patung gajah di taman depan museum. Patung ini adalah patung hadiah dari Raja Siam yakni Raja Chulalongkorn atau Rama V, yang pada tahun 1871 melalukan kunjungan beberapa hari ke Batavia. Museum Nasional ini memiliki lebih dari 140.000 koleksi yang terdiri dari koleksi prasejarah, arkeologi, keramik, numismatik, etnografi kolonial, dan geografis. Sebagian besar koleksi yang ada di museum ini dikumpulkan saat era kolonial Belanda. Ruang pameran di Museum Nasional ini terdiri dari dua bagian yaitu Gedung Gajah yang memiliki pengaturan ruangan seperti zaman kolonial dan Gedung Arca yang memiliki pengaturan ruangan dengan susunan tematik dan menyajikan kehidupan masyarakat Indonesia. Museum Nasional Republik Indonesia ini buka hari Selasa – Minggu pukul 08.30–14.30 WIB, dan memiliki harga tiket masuk sekitar Rp 2.000,00 Rp 5.000,00 perorangnya.

4.Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk

Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk (unsplash.com)

Wilayah yang merupakan tempat konservasi hutan bakau ini terletak di wilayah Pantai Indah Kapuk (PIK), Penjaringan, Kota Jakarta Utara. Hal yang menarik dari Taman Wisata Alam Mangrove ini ialah pemandangan hutan bakau yang indah, selain itu suasana yang masih alami dan masih banyaknya hewan liar yang berkeliaran di sekitar hutan mangrove menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Hewan liar tersebut antara lain monyet abu-abu ekor panjang, aneka burung dan aneka reptile. Untuk menjelajah kawasan hutan bakau ini, maka wisatawandikenakan biaya yang relatif murah yaitu Rp 25.000,00–Rp 30.000,00 wisatawan untuk dewasa, dan Rp 10.000,00 untuk wisatawan anak-anak. Kawasan ini buka setiap hari dari pukul 08.00–16.00 WIB suasana hutan mangrove yang rindang, sangat cocok untuk dijadikan tempat wisata di siang hari. Kamu juga bisa melakukan berbagai aktivitas misalnya menanam bakau, susur sungai dan hutan bakau, bahkan menginap di penginapan eksotis yang disediakan oleh pengelola. Menyenangkan bukan bisa liburan di tempat yang masih hijau dan asri?!

Demikian beberapa rekomendasi tempat staycation di Jakarta. Ternyata ada banyak sekali objek wisata menarik yang bisa dieksplorasi. Eits, tapi kamu tetap harus ingat bahwa jika ingin berwisata di era new normal ini, jangan lupa untuk selalu mematuhi protokol kesehatan ya!