(Gaby Vanessa Br Sembiring)

Halo Sobat Atourin! Siapa yang tidak kenal dengan Danau Toba? Danau Toba merupakan salah satu dari keajaiban dunia yang sudah ditetapkan sebagai UNESCO Global Geopark pada Sidang ke-209 Dewan Eksekutif UNESCO di Paris, Prancis. Tak heran, danau yang sangat luas ini membuat kita merasa seakan – akan berada di sebuah negeri dongeng. Bagaimana tidak? Luasnya yang begitu fantastis membuat kita takjud dengan keindahannya yang seakan – akan bukan berada di dunia nyata. Berkunjung di Danau Toba, kalian bukan hanya disuguhkan oleh penampilan danau yang memukau, tapi juga ada banyak objek wisata sekitar yang akan membuat kalian takjub. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

Kebun Sapo Juma Tongging

Awalnya, di tempat ini hanyalah penginapan biasa. Namun lokasi ini sedang viral di media sosial akan keindahan taman bunganya. Tanah di areal Danau toba memang subur, sehingga bunga dapat tumbuh indah bermekaran. Tak jarang tempat ini dijadikan tempat wisata sekaligus spot foto pre-wedding.

Kapal Pesiar ala Danau Toba

Kapal pesiar (cruise) juga ada di Danau Toba. Berbeda dengan kapal pesiar biasanya, badan kapal ini sepenuhnya terbuat dari kayu. Terdapat banyak ornamen – ornamen antik yang menambah keindahan kapal ini. Proyek kapal ini merupakan proyek baru yang dikerjakan dengan pemerintahan Singapura. Jika tertarik menaiki kapal ini, kamu bisa naik melalui Pelabuhan Tomok!

Inna Parapat Hotel

Bukan hanya menikmati negeri dongeng lokal. Di Inna Hotel, kalian juga bisa merasakan dongeng negeri Belanda yang dibalut dengan keindahan pemandangan Danau Toba loh! Tidak tanggung–tanggung, hotel ini bahkan memiliki objek seperti kincir angin yang menambah nuansa seperti halnya di negeri Belanda.

Desa Tuktuk

Jika kalian ingin menyeberang ke Pulau Samosir, jangan lupa untuk singgah ke Desa Tuktuk. Desa ini memiliki keindahan yang memukau dimana masih banyak terdapat rumah adat yang masih dirawat dan dikembangkan. Di daerah ini, banyak sekali hotel dan penginapan mulai dari fasilitas kelas atas hingga homestay. Pengunjung biasanya mengunjungi tempat ini karena penyuguhkan pemandangan memukau.

Air Terjun Bukit Gibeon

Danau toba memiliki banyak sekali objek wisata air terjun di sekitarnya. Selain air terjun Sipiso–Piso yang terkenal, air Terjun Gibeon yang berada di Desa Parsaoran Sibisa, Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba Samosir juga salah satu objek wisata air terjun yang sedang viral akhir–akhir ini. Dinamakan Air Terjun Bukit Gibeon, karena berada di Pusat Seminari Bukit Gibeon.

Danau Toba yang Indah

Pusuk Buhit

Keindahan Pusuk Buhit memang sudah tak diragukan lagi. Apalagi saat kalian berada di puncaknya. Hamparan hutan dan padang rumput yang luas kerap disandingkan dengan Selandia Baru. Pusuk Buhit adakah gunung yang disakralkan oleh masyarakat Batak, dalam kepercayaan mereka Pusuk Buhit merupakan tempat awal lahirnya raja Batak yang diturunkan dari khayangan. Tidak hanya itu ada banyak bebatuan besar yang menambah kesan misteri sehingga menambah suasana negeri dongeng.

Masih banyak lagi objek wisata Danau Toba yang belum diulas di artikel ini, oleh karena itu kamu bisa berjelajah artikel lain di website Atourin pastinya. Feel free jika kamu langsung mengakses website atau sosial medianya Atourin. Di Atourin, kamu bisa menjelajah Indonesia secara menyenangkan dan berkesan!