Gambar Ilustrasi Orang yang Ingin Travelling (unsplash.com)

Time to read: 7 menit

(Mudhya Razanne Tiara)

Siapa yang tidak sabar untuk berlibur dan travelling? Travelling memang merupakan kegiatan yang asik dilakukan baik sebagai pengisi waktu luang maupun sebagai bentuk liburan kita dari kejenuhan aktivitas sehari-hari. Pasalnya, banyak orang yang menganjurkan “Travel before you run out of time!” atau “Berpergianlah sebelum kamu kehabisan waktu!”. 

Meski begitu, terkadang dalam menyusun rencana travelling tentu akan ada banyak aspek yang perlu diperhatikan. Hal tersebut bisa menyangkut destinasi, transportasi, perbekalan, hingga budget atau dana yang harus dikeluarkan. Dari sekian aspek tersebut, tentu aspek budget atau pendanaan ini yang kerap menghambat para traveller dalam meneruskan niatnya bepergian. Namun, alangkah baiknya para traveller untuk dapat mengutip perkataan dari penulis novel terkenal The Alchemist, yakni Paolo Coelho, “Travel is never a matter of money but of courage”. Singkatnya, travel bukan sekedar masalah ada atau tidaknya dana, tetapi ada atau tidaknya keberanian. Termasuk pula keberanian untuk travelling walau dengan budget minim nih teman-teman! 

Pahami budget yang kalian miliki 

Gambar Ilustrasi Menghitung Budget untuk Travelling (unsplash.com)

Hal yang perlu dilakukan pertama kali ketika ingin travelling tentunya adalah dengan memahami budget yang dimiliki. Budget tersebut bisa berasal dari dana yang kalian kumpulkan dari gaji ataupun uang jajan kalian. Penting untuk membedakan budget yang dimiliki apakah termasuk ke dalam dana minimum, menengah, ataupun tinggi. Umumnya, budget travelling yang minim dengan destinasi dalam negeri dapat dijangkau dengan uang berkisar dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Jangan lupa juga, teman-teman, untuk selalu memisahkan tabungan travelling dari tabungan lainnya agar tidak tercampur dengan dana kebutuhan lainnya. 

Kenali destinasi yang akan kalian tuju 

Gambar Peta (unsplash.com)

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, budget travelling dalam negeri cenderung masih bisa dijangkau dengan dana ratusan hingga jutaan rupiah. Hal ini juga akan tergantung dari destinasi wisata yang akan dituju. Bila destinasi tersebut merupakan destinasi yang populer dan banyak didatangi turis, tentu dana yang dikeluarkan akan lebih mahal, baik secara penginapan, transportasi, kuliner, hingga tempat rekreasi yang ada. Lain halnya apabila destinasi yang kalian tuju berada di luar negeri, tentu budget minim yang ada perlu disesuaikan dengan mata uang/kurs dari negara tujuan. Selain itu, umumnya destinasi di luar negeri masih memerlukan budget minim berkisar belasan hingga puluhan juta rupiah. 

Bijak dalam menentukan transportasi 

Gambar Transportasi Pesawat (unsplash.com)

Nah, budget yang minim juga berasal dari pemilihan transportasi secara bijak, lho teman-teman! Umumnya berpergian menggunakan jasa transportasi umum darat akan lebih murah dibandingkan transportasi udara seperti pesawat. Namun, bila kalian tetap ingin menggunakan pesawat dalam upaya menghemat waktu perjalanan, kalian tetap bisa membeli tiket pesawat tersebut dengan harga yang terjangkau kok. Tipsnya adalah dengan membeli tiket dari jauh-jauh hari. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi adanya kenaikan permintaan tiket di beberapa hari sebelum keberangkatan yang menyebabkan tiket menjadi cepat habis dan harganya melambung tinggi. Eits, tapi ternyata ada juga lho, beberapa maskapai yang justru menawarkan harga yang murah meski sudah mendekati tanggal keberangkatan atau musim liburan. Tetapi tetap membutuhkan kecepatan dalam membeli tiket ya, agar tidak keburu habis dibeli traveller lainnya, hehe

Selain itu juga, konon katanya harga tiket akan jauh lebih murah apabila kalian bepergian pada hari Senin, Selasa, dan Kamis. Jadi, kalo teman-teman mau cuti berlibur ada baiknya untuk mengambil hari keberangkatan dan kepulangan pada hari-hari tersebut ya. Sebagai tambahan juga, teman-teman bisa mengunjungi agen atau akun media sosial yang menawarkan promo-promo tiket pesawat atau transportasi umum lainnya. Hal ini akan lebih murah dibandingkan membeli pada situs-situs penjualan tiket. Jangan lupa untuk memastikan kredibilitas akun yang sedang promo yang ada ya teman-teman! Jangan justru karena kepincut harga murah, namun justru bisa tertipu oleh oknum tidak bertanggung jawab.

Pilihlah penginapan yang murah

Gambar Ilustrasi Hotel Kapsul (unsplash.com)

Siapa bilang di masa kini susah mendapatkan penginapan yang murah dengan kualitas yang bagus? Kalian tetap bisa nyaman menginap dengan budget yang minim seperti dengan mencari penginapan berupa guest house, lho! Hal ini memang lebih murah karena umumnya kalian akan bergabung dan berbagi tempat dengan orang lain sebagai teman kamar. Guest house maupun hotel untuk traveller backpacker umumnya akan berbagi kamar dengan satu hingga tujuh orang lainnya dalam satu kamar.  Namun sebagai opsi lain untuk lebih mencapai privasi yang dibutuhkan, kalian juga bisa bermalam di hotel kapsul yang baru-baru ini sedang banyak bermunculan. Harga yang dikeluarkan pun hanya berkisar Rp 100.000,00 –Rp 300.000,00 saja per malamnya. Meski terbilang murah, fasilitas yang ditawarkan juga tidak kalah dari hotel-hotel mahal lainnya. 

Oh iya, jangan lupa untuk mempertimbangkan jarak penginapan dengan lokasi wisata yang kalian inginkan ya, supaya menghemat biaya transportasi untuk menjangkau lokasi tersebut, teman-teman. 

Pergi bersama teman atau mengikuti open tour

Gambar Ilustrasi Liburan Bersama Teman (unsplash.com)

Opsi pergi bersama teman atau rombongan umumnya selalu menjadi opsi yang murah. Dengan pergi bersama, umumnya akan banyak promo menarik yang murah dan terjangkau. Kalian bisa berbagi penginapan dengan orang-orang yang kalian kenal bila dibandingkan dengan pergi sendiri. Patungan dalam menggunakan transportasi umum di tempat wisata pun akan menghindarkan diri dari pembengkakan dana travelling. Selain itu, dengan mengikuti open tour kalian akan mendapatkan potongan masuk tempat wisata dan fasilitas kemudahan lainnya yang tidak bisa didapat dengan bepergian sendiri. Hal ini bisa terjadi karena para pemandu tur sudah bekerja sama dengan pengurus tempat wisata yang ada. Kalian juga tidak perlu pusing-pusing lagi dalam menentukan tempat wisata dengan budget yang murah. Pokoknya langsung beres!

Siapkan perbekalan

Gambar Makanan Ringan (unsplash.com)

Yang terakhir adalah perihal perut dan kebutuhan makanan, teman-teman. Cobalah untuk membawa tempat minum sendiri yang telah diisi oleh air rebusan atau air dispenser penginapan kalian. Hal ini dapat menghemat pengeluaran kalian untuk air minum, lho. Selain itu, pastikan kalian membawa cemilan kesukaan dari rumah. Sehingga pengeluaran kalian akan jajanan-jajanan yang tidak mengenyangkan akan cukup teratasi. Kalian pun bisa tetap mencicipi kuliner khas setempat pada saat makan siang maupun makan malam. Oh iya, kalian juga bisa menghemat pengeluaran sarapan dan makan siang dengan mengatur jam makan yang mendekati waktu makan siang kalian nih. Hitung-hitung sekali dayung, dua – tiga pulau terlampaui, hihi!


Kamu juga bisa cek website Atourin untuk informasi dan inspirasi travelling yang beragam dan menarik. Kami juga punya banyak mitra tour guide tersertifikasi yang bisa membantu kamu untuk mengoptimalkan jalan-jalan dengan budget minim tersebut.