(Varajuba Suci Amalia)

Sukabumi adalah salah satu daerah di selatan Jawa Barat yang menyimpan banyak pesona. Karena letak geografisnya yang berada di pegunungan dan laut, pengalaman berjalan-jalan di Sukabumi seakan tak ada habisnya. Namun wisatawan seringkali hanya teatok di Pelabuhan Ratu sebagai destinasi wisatanya di Sukabumi. Padahal, di daerah ini Sobat Atourin dapat menjelajahi berbagai curug, wisata dataran tinggi, hingga menyusuri pantai yang indah.

Setelah puas berkeliling, tak lengkap rasanya jika tidak membawa oleh-oleh untuk dibawa pulang. Sukabumi memiliki beragam pilihan oleh-oleh, mulai dari kuliner hingga kerajinan tangan yang menarik. Inilah lima rekomendasi oleh-oleh khas Sukabumi yang wajib untuk dibawa pulang.

Kue Mochi

Salah satu kuliner yang paling dicari wisatawan di Sukabumi adalah kue mochinya. Memiliki tekstur kenyal dengan beragam warna, ditambah lagi harganya yang terjangkau membuat jajanan yang satu ini disukai oleh banyak orang. Mochi Sukabumi sendiri sebenarnya memiliki isian kacang, namun semakin berkembangnya waktu dan permintaan dari pelanggan, aneka rasa baru dari mochi sudah dapat dinikmati. Mulai dari stroberi, nanas, keju, cokelat, kacang hijau, durian, sampai abon ayam.

Kue mochi ini juga dikemas dengan kemasan yang menarik, yaitu menggunakan besek atau kotak khusus dari anyaman bambu yang dialasi dengan plastik. Selain itu ada juga yang menggunakan daun pisang agar mochi tetap awet dan kenyal. Namun karena tidak memakai pengawet, rata-rata mochi ini hanya bertahan selama tiga sampai lima hari saja.

Kue mochi ini bisa didapatkan di toko oleh-oleh khas Sukabumi. Tempat yang paling terkenal adalah Kue Mochi Lampion yang terletak di Gang Kaswari Nomor 19, Selabatu, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi. Harga kue mochi satu kotaknya beragam antara 69.000 hingga 75.000 rupiah.

Sagon Bakar

Sagon bakar adalah jajanan tradisional yang biasanya disajikan saat hari raya. Jajanan ini terbuat dari tepung sagu dan kelapa parut yang dicampur dengan bahan-bahan lain, yang kemudian dioven. Rasa dari sagon bakar ini cenderung manis dan gurih. Selain rasa originalnya, tersedia pula dalam beberapa rasa tambahan seperti kopi, keju, hingga cokelat. Akan sangat nikmat jika menikmati jajanan yang satu ini dibarengi dengan minum teh di sore hari. Selain itu, bentuknya yang kecil dan padat juga memudahkan sagon bakar dijadikan camilan selama perjalanan pulang dari Sukabumi.

Harga sagon bakar sangatlah terjangkau. Sekitar 15.000 rupiah saja kamu dapat membawa pulang satu kemasan dengan isi yang banyak. Mencari jajanan ini juga sangat mudah, hampir di semua toko oleh-oleh khas Sukabumi pasti menjual sagon bakar ini.

Kue Jahe

Kue kering yang satu ini banyak pula digemari oleh wisatawan untuk dijadikan buah tangan. Seperti namanya, kue ini terbuat dari jahe yang dicampur dengan bahan lain seperti tepung sagu, kuning telur, santan, dan lainnya. Rasanya yang manis dan pedas membuat kue ini sangat nikmat disantap di malam hari dengan minuman hangat dan cuaca yang dingin. Opsi lain untuk menikmati kue jahe adalah dengan menambahkan taburan gula pasir atau cocolan cokelat leleh untuk menambah rasa manis. Dengan mengeluarkan sekitar 16.000 rupiah saja, kue jahe ini bisa kamu dapatkan di berbagai sentra oleh-oleh di Sukabumi.

Ilustrasi Kue Jahe

Kerajinan Tanduk

Kerajinan satu ini pasti akan menjadi salah satu oleh-oleh yang unik untuk dibawa pulang. Terbuat dari tanduk kerbau dan sapi, kerajinan ini diukir dengan indah dan cantik. Dibutuhkan keahlian dan ketekunan untuk membuat kerajinan tanduk, mengakibatkan proses produksinya juga membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Produk yang dihasilkan mulai dari gantungan kunci, sendok makan, hingga hiasan meja maupun dinding.

Harga yang ditawarkan bervariasi sesuai dengan ukuran dan jenis bahan bakunya. Kerajinan berbahan baku tanduk kerbau tentu lebih mahal dibanding tanduk sapi karena kesediaan bahan baku yang lebih sulit untuk didapatkan.

Kerajinan Bumerang

Bumerang adalah senjata tradisional khas suku Aborigin dari Australia yang biasa digunakan untuk berburu. Tapi ternyata senjata yang satu ini dibuat juga di Sukabumi. Bahkan, industri lokal ini juga sudah menembus pasar internasional, seperti Malaysia, India, Jerman, Brazil, hingga Australia yang merupakan tempat asalnya. Bumerang yang dibuat di Sukabumi ini memiliki beragam jenis. Dari bumerang untuk kompetisi, hiasan, hingga untuk mainan. Uniknya, bumerang-bumerang ini memiliki bentuk yang tidak biasa, seperti kujang ataupun wajah. Meski begitu, semua bumerangnya masih bisa kembali ke arah pelempar seperti bumerang biasa. Kerajinan ini juga menjadi salah satu produk unggulan UMKM di Sukabumi.

Harga bumerang dipatok mulai dari 25.000 hingga 100.000 rupiah tergantung dengan bentuk, bahan, dan kerumitan motifnya. Untuk mendapatkan bumerang ini, kamu dapat memesan melalui media sosial atau datang ke industri rumahannya yang terletak di Jalan Sindang Sari, Kecamatan Lembursitu, Kota Sukabumi.

Itulah dia lima rekomendasi kuliner dan kerajinan yang dapat kamu jadikan buah tangan setelah berkunjung dari Sukabumi. Jangan lupa untuk menyempatkan datang dan membeli beragam oleh-olehnya untuk membantu UMKM dan industri rumahan yang ada. Kamu juga bisa mengikuti program virtual tour yang dilaksanakan oleh Atourin. Selain berjalan-jalan secara virtual, kamu juga dapat memesan oleh-oleh dari daerah yang kamu ikuti secara online, loh! Jadi jalan-jalannya virtual, tapi oleh-olehnya beneran. Tunggu apa lagi? Yuk, daftarkan dirimu!