(Ragil Melindah)

Indonesia memang dianugerahi wisata yang luar biasa indah. Hampir semua jenis wisata ada di Indonesia seperti jenis wisata alam hingga wisata budaya. Sebagai negara yang memiliki banyak agama, Indonesia tidak luput dari wisata religi. Berikut 4 wisata religi yang bisa kamu kunjungi!

Pura Tanah Lot, Bali

Bali sepertinya memang objek wisata yang all in one! Selain kaya akan wisata alam dan budaya, Bali juga memiliki wisata religi seperti Pura Tanah Lot. Pura Tanah Lot merupakan pura bagi umat Hindu di Bali sekaligus menjadi ikon wisata Pulau Bali. Pura ini terletak di Kabupaten Tabanan dan berbatasan langsung dengan Lautan Indonesia. Keunikan pura ini adalah 2 pura yang berada di atas tebing batu karang dan menghadap ke arah lautan lepas. Pemandangan akan semakin indah ketika mengunjungi di hari senja pada jam 17:00 WITA. Demi menjaga kesakralannya, hanya orang yang ingin bersembahyang memakai baju sembahyang saja yang diperbolehkan masuk ke dalam pura.

Pura Besakih, Bali

Masih di pulau Bali, Pura Besakih yang terletak di Desa Besakih merupakan pura terbesar bagi umat Hindu di Bali. Pura ini juga dikenal sebagai Mother Temple atau ibu dari pura. Pura ini terletak di Kabupaten Bangli. Pada saat upacara keagaaman besar, setiap bangunan di kawasan pura ini dihias dengan indah dan penuh dengan sensasi spiritual. Meskipun menjadi objek wisata, ada beberapa etika yang tetap kamu jaga selama berada di kawasan pura ini. Jadi kamu harus tetap saling menghormati dengan cara berhati-hati dalam bersikap, ya! Konon di pura ini disimpan abu para leluhur masyarakat Bali.

Pura Besakih

Masjid Aschabul Kahfi, Tuban

Masjid yang terletak di Kabupaten Tuban, Jawa Timur ini memiliki arsitektur yang tidak biasa dari masjid pada umumnya. Bagaimana tidak? Masjid Aschabul Kahfi ini terletak di perut bumi tepatnya di sebuah goa. Stalaktit yang menempel di langit goa menjadi pesona tersendiri di masjid ini. Wah kira-kira ada masjid atau mushola lain di Indonesia yang juga di dalam goa gak ya? Karena letaknya di perut bumi dan jauh dari keramaian, suasana sunyi masjid ini cocok untuk melakukan iktikaf. Masjid yang berusia 14 tahun ini terus mengalami renovasi. Tidak ada tiket khusus yang diperlukan untuk mengunjungi masjid ini, cukup membayar infaq seikhlasnya kamu bisa mengunjungi keuinikan Masjid Aschabul Kahfi!

Gua Maria Sendangsono, Yogyakarta

Selain pantai dan tebing-tebing yang indah, Yogyakarta juga memiliki wisata religi, lho! Gua Maria Sendangsono, Yogyakarta merupakan tempat peziarahan bagi umat Khatolik. Terletak di kawasan yang asri dan menyatu dengan alam tepatnya di Kabupaten Bantul, juga terdapat pohon-pohon besar sekaligus sungai menjadikan Gua Maria Sendangsono sangat sejuk dan tenteram. Suasana di Gua Maria Sendangsono cocok bagi kamu yang mencari kedamaian hati. Biasanya Gua Maria Sendangsono ramai dikunjungi oleh peziarah pada bulan Mei dan Oktober.

Nah, itu dia 4 wisata religi yang bisa kamu kunjungi di beberapa daerah Indonesia. Meskipun terbuka untuk umum, kamu harus tetap menjaga etika dan sopan santun selama berada di sana, ya! Kamu bisa jalan-jalan bersama Expediso by Atourin karena kami menyediakan berbagai paket wisata menarik ke berbagai penjuru Indonesia.