Gambar Ilustrasi Perempuan yang Memakai Masker di Jalan (unsplash.com)

Time to Read: 5 minutes

(Bella Fadhillah)

Hi rekan-rekan Atourin? Sudah kangen kan dengan aktivitas jalan-jalan. Di masa pandemi ini, memang aktivitas wisata dibatasi namun karena kita memasuki era kenormalan baru, maka beberapa destinasi wisata sudah mulai dibuka. Tentu kita akan bertanya, mau vacation yang aman di masa pandemi? Lihat dulu nih tipsnya!

Buat masyarakat Indonesia yang sudah beberapa bulan menjalani kegiatan work from home, pasti sudah mulai merasa jenuh dan bosan ya. Kabar baiknya saat ini pemerintah sudah mulai melonggarkan kegiatan berwisata khusus zona hijau dan kuning. Di masa new normal ini kita sudah diperbolehkan untuk melakukan aktivitas di luar ruangan, tetapi tetap sesuai aturan protokol kesehatan yang sudah ditetapkan. Nah buat kamu yang sudah siap untuk melakukan vacation melepas penat dan jenuh selama kegiatan di rumah, berikut beberapa tips vacation yang aman di masa pandemi ini.

Memeriksa kondisi kesehatan 

Gambar Ilustrasi Orang yang Melakukan Aktivitas di Rumah (pexels.com)

Buat kalian yang akan melakukan vacation di dalam dan diluar jangan lupa untuk melakukan cek kesehatan diri kalian supaya kegiatan vacation tetap aman dan menyenangkan. Tetapi jika kalian merasa ada gejala covid-19 ada baiknya untuk tetap melakukan kegiatan di rumah agar tidak terjadi penyebaran virus yang semakin luas.

Pilih tempat vacation yang aman dan belum terlalu ramai pengunjung

Gambar Ilustrasi agar Orang Melakukan Social Distancing (pixabay.com)

Memilih tempat vacation yang aman adalah hal paling penting di saat masa pandemi ini. Apalagi ditetapkan social distancing, jadi penting banget nih buat kita cari lokasi liburan yang belum terlalu ramai pengunjung sehingga kita tidak perlu bertemu dengan orang banyak. 

Karena berada ditempat yang ramai pada masa pandemi ini bukanlah hal yang tepat. Semakin lama kamu berada di tempat yang ramai maka kemungkinan kamu tertular suatu penyakit semakin besar. Maka dari itu, kita wajib memilih destinasi vacation kita jauh dari tempat tempat yang ramai.

Membawa peralatan kebersihan 

Gambar Orang yang Sedang Menggunakan Hand Sanitizer (pexels.com)

Kebersihan menjadi tips utama dalam masa pandemi ini, kita dianjurkan untuk sering mencuci tangan agar tangan kita terbebas dari kuman-kuman. Jadi penting banget buat yang mau vacation untuk bawa alat kebersihan sendiri. Mungkin petugas di area wisata sudah melakukan kebersihan tetapi kita tetap perlu waspada karena virus ini tidak bisa kita lihat. Nah alat-alat yang bisa kamu bawa mulai dari tisu basah, tisu kering, dan yang paling penting hand sanitizer.

Mematuhi protokol kesehatan 

Gambar Orang yang Melakukan Social Distancing (pixabay.com)

Tips vacation selanjutnya selama pandemi adalah tetap mematuhi protokol kesehatan yang ada. Jangan sampai kita lengah dengan protokol kesehatan yang sudah ditetapkan. Jangan lupa untuk selalu menggunakan masker dan rajin mencuci tangan agar terhindar dari kuman-kuman.

Hindari kontak fisik dengan orang asing 

Gambar 2 Orang Pria yang Melakukan Social Distancing (pexels.com)

Selama vacation penting banget buat kita menjaga kontak fisik secara langsung sama orang asing, karena kita gak tahu kondisi kesehatannya bisa jadi dia termasuk orang tanpa gejala dan memiliki imun tubuh yang kuat. Oleh karena itu, kita diwajibkan untuk menjaga jarak dan tidak melakukan kontak fisik dengan orang asing. Supaya, kegiatan vacation kita tidak menjadi jembatan penyebaran virus covid-19 ini. 

Membawa alat makan sendiri 

Gambar Ilustrasi Sendok Travel Size (unsplash.com)

Seperti yang kita tahu virus ini tidak terlihat dan dapat bertahan selama beberapa jam. Kita tidak pernah tahu bagaimana mereka mencuci alat makan di tempat makan mereka. Kita juga enggak tahu siapa aja yang sudah pakai, apakah dia orang yang sehat atau tidak. Jadi penting banget buat kita membawa alat makan sendiri. Di era modern seperti sekarang sudah banyak sendok sendok dengan ukuran travel size jadi kalian bakalan tetap aman selama makan di luar rumah. 

Nah itulah beberapa tips vacation agar tetap aman di masa pandemi seperti sekarang ini. Bila perlu kita membawa tas berisi new normal starter kit nih supaya vacation kita aman dan ga perlu repot repot menyiapkan setiap mau vacation!

Kamu juga bisa menemukan banyak informasi dan inspirasi jalan-jalan yang menarik di berbagai daerah di Indonesia dan informasi pariwisata lainnya, tentunya hanya di website dan media sosial Atourin!