(Mudhya Razanne Tiara)

Time to Read: 5 menit 

Pernah terbayang tidak bagaimana rasanya sensasi dari time traveller?

Bagaimana jadinya kalau kita bisa merasakan kembali sensasi seperti di zaman dahulu baik di kala perang maupun merasakan suasana kota yang klasik pada zaman dahulu? 

Pernah membayangkan hal di atas namun tidak tahu cara mewujudkannya? Jangan salah! Kamu bisa lho mewujudkannya dengan cara yang cukup unik bersama orang-orang lainnya di satu komunitas. Yap! Komunitas Historia Indonesia namanya!

Ilustrasi Komunitas Historia (unsplash.com)

Nah teman-teman, Komunitas Historia Indonesia (KHI) merupakan komunitas yang bergerak pada sejarah dan budaya Indonesia. Mereka-mereka yang tergabung di dalamnya ini lah yang pada umumnya memiliki antusiasme dan kepedulian tinggi terhadap sejarah dan budaya di Indonesia. Komunitas ini sendiri sudah dipelopori ada pada tahun 2002 yang semula merupakan forum/kelompok diskusi antar kampus. Forum/ kelombok diskusi ini kemudian dibentuk menjadi sebuah komunitas pada tahun 2003 di Jakarta oleh sejarawan Indonesia bernama Asep Kambali.  

Meliat respon dan antusiasme yang tinggi dari masyarakat maupun pecinta sejarah, maka komunitas ini terbuka untuk umum. Bagi siapapun yang berminat bergabung, maka akanmelalui sebuah proses pendaftaran seperti pada umumnya. Setelah pendaftaran dilakukan, Komunitas Historia akan memberikan Kartu Tanda Anggota (KTA) dengan jenis dan fasilitas yang bermacam-macam. 

  • Jenis keanggotaan yang pertama adalah ‘Silver’ dengan pemberian fasilitas yang terbatas dan status keanggotaan yang pasif. 
  • Jenis keanggotaan yang kedua adalah ‘Gold’ dengan pemberian fasilitas khusus dan status keanggotaan aktif. 
  • Selain itu terdapat jenis ‘Platinum’ di mana anggota mendapatkan fasilitas VIP dan status keangotaan aktif. 

Fasilitas yang didapat pun beragam. Fasilitas utama yang diberikan KHI mencakup Nomor Induk Keanggotaan, kartu tanda anggota, pin, seragam anggota, dan buku panduan. Fasilitas lainnya ada berupa akun pribadi dalam website KHI dan akses penggunaan group media sosial KHI. Adapun fasilitas tambahan yang didapat adalah potongan harga merchant maupun pada kegiatan-kegiatan KHI. 

Ilustrasi Museum Sumpah Pemuda (unsplash.com)

Kegiatan yang dilakukan oleh KHI pun beragam, salah satunya adalah wisata edukasi mengenai sejarah dan budaya. Dalam hal ini, Komunitas Historia pernah mengadakan kegiatan berupa Jelajah Sumpah Pemuda. Kegiatan ini sempat dilakukan pada tahun 2014 lalu. Jalan-jalan ini dilakukan dengan semua peserta berkumpul di tempat berkumpul yang telah ditentukan (meeting point), yakni Tugu Proklamasi. Hal ini untuk mengingatkan peserta kembali mengenai pentingnya Sumpah Pemuda dalam mewujudkan persatuan dan semangat untuk proklamasi. Selanjutnya, jalan-jalan dilanjutkan dengan mengunjungi bioskop Metropole yang juga merupakan bangunan bersejarah. Peserta juga diajak mengunjungi Museum MH. Thamrin sembari dijelaskan mengenai informasi sejarah di sana. Adapun perjalanan berakhir pada Museum Sumpah Pemuda yang keberadaannya memang sangat penting.. 

Selain itu, KHI juga pernah mengadakan jalan-jalan bersama ke Kota Tua pada tahun 2018 lalu. Wisata edukasi yang bertajuk “China Town Journey” ini juga mendapatkan antusiasme yang tinggi dari para anggotanya. Perjalanan sendiri dimulai dari titik berkumpul di Toko Merah. Toko Merah sendiri merupakan bangunan yang ikonik peninggalan dari masa kolonial Belanda. Dalam hal ini, KHI selalu punya cara yang tepat dalam menentukan titik berkumpul para pesertanya sehingga mudah untuk diketahui dan memiliki nilai histori yang juga penting. Kegiatan pun dilanjutkan dengan mengunjungi Pasar Asemka yang menjual berbagai barang kebutuhan sehari-hari hingga aneka mainan. Berikutnya mereka juga mengunjungi Vihara Dharma Bhakti dan masih banyak tempat-tempat menarik lainnya. 

Ilustrasi China Town (unsplash.com)

Nah dengan banyaknya kegiatan dan tempat yang bisa kamu kunjungi ini, KHI tidak hanya cocok bagi pecinta sejarawan namun juga bagi kamu yang senang untuk mengeksplorasinya lebih lanjut. Tentu saja dengan wisata edukasi ini, wawasanmu akan sejarah yang dikemas dengan sangat seru dan asik dari tim KHI ini, juga bisa bertambah lho! Jangan khawatir juga, karena anggota dari KHI ini umumnya ada dalam segala rentang umur. Kamu juga bisa mengajak teman-temanmu untuk ikut bersama dalam kegiatan wisata edukasi ini bersama komunitas tersebut! Nah, kamu bisa cek informasi tentang KHI melalui media sosialnya yakni website
www.komunitashistoria.com dan instagram instagram.com/komunitashistoria

Kamu juga bisa menemukan banyak informasi dan inspirasi jalan-jalan yang menarik di website Atourin juga lo! Jangan lupa untuk terus cek website kita ya.