(Emilia Fransiska Meilina)

Berwisata dan pandemi tentunya dua kata yang ibarat air dengan minyak dimana keduanya tidak dapat disatukan. Beberapa tahun ke belakang, kita rasanya seperti dihantui virus dan ketakutan akan penyebaran virus ini walau kita hanya keluar sejengkal dari rumah. Pelaksanaan protokol kesehatan menjadi budaya baru bagi seluruh lapisan masyarakat, dibarengi dengan meningkatnya kepedulian atas kebersihan lingkungan. Pandemi virus corona yang merebak di seluruh dunia ini berdampak pada pariwisata secara umum dan dalam konteks lebih kecil adalah mengubah atau bahkan membatalkan rencana jalan-jalan yang sudah dipersiapkan oleh wisatawan secara matang baik tujuan dalam negeri ataupun luar negeri. Tentu kita sering mendengar himbauan untuk menahan rencana perjalanan dan memilih untuk lebih banyak menghabiskan waktu di rumah saja. Namun, bagi sebagian orang lainnya, mereka tetap melakukan perjalanan wisata dengan dengan menaati protokol kesehatan. Faktanya memang kita tetap berwisata dengan tetap mematuhi aturan dan anjuran yang ada.

 Nah, buat kamu yang masih menahan rencana perjalana wisatamu, jangan sedih karena artinya kamu punya banyak waktu untuk mempersiapkan perjalanan ini. Saat nanti pandemi mereda, dijamin deh perjalananmu akan lebih optimal dan berkesan. Nah Sobat Atourin, ada beberapa tips untuk mempersiapkan perjalanan wisata yang layak kamu coba:

Lakukan simple research dan tentukan pilihan destinasi wisata

Pertama; lakukan penelitian sederhana. Merencanakan perjalanan bisa membuat kita memiliki sesuatu yang dinantikan dan mengalihkan perhatian dari berbagai berita pandemi. Nah Sobat Atourin, penting bagi kamu untuk mengetahui situasi terkini dari obyek wisata yang akan kamu kunjungi, apakah ada banyak perubahan dari kapasitas, protokol kesehatan, atau jam buka dan tutup juga hal- hal lainnya. Tahap melakukan penilitian sederhana ini bisa kamu lakukan sedetail yang kamu inginkan supaya kamu mendapatkan pemahaman yang jelas dan komprehensif sebelum perjalanan dilakukan.

Persiapkan Segala Kebutuhan

Pertimbangkan keinginan dan kebutuhan selama traveling

Langkah kedua adalah mendata dan mempertimbangkan keinginan dan kebutuhan selama perjalanan. Hal ini bisa dimulai dengan melihat dan review apa yang sudah kamu dapat, pengalaman apa yang paling berarti, berkesan, atau justru mengecewakan dari perjalanan-perjalanmu sebelumnya. Dari sini, pasti kamu lebih tahu kebutuhanmu untuk perjalanan berikutnya. Kamu juga perlu menye suaikan perjalananmu dengan berbagai kebutuhan logistik tertentu.

Tentukan aplikasi/website untuk membeli tiket secara online

Baik transportasi dan akomodasi saat traveling baiknya dipersiapkan dari jauh hari. Sekarang kamu dengan mudah bisa melakukan pemesanan secara online. Cara ini dapat mengurangi kontak fisik dengan orang lain juga memudahkan proses perjalananmu nantinya. Kamu juga bisa mendapatkan berbagai promo dan diskon menarik dari berbagai platform pembelian tiket online itu loh!

Mempersiapkan perlengkapan kebersihan dan kesehatan pribadi

Sedikitnya ada empat perlengkapan yang wajib dibawa saat berlibur di kala pandemi. Pertama adalah masker beserta cadangannya. Tetaplah disiplin dalam memakai masker adalah aturan utama dalam berpergian saat ini termasuk mengganti masker secara berkala. Kemudian, sabun cair dan hand sanitizer, benda ini juga wajib ada dalam tas untuk menjaga tangan selalu bersih selama beraktivitas. Ketiga, semprotan disinfektan. Benda ini berfungsi untuk membunuh virus yang menempel pada benda yang rawan disentuh banyak orang. Misalnya, gagang pintu, meja makan di restoran, mesin ATM dan lainnya. Barang keempat yang tidak kalah penting adalah peralatan makan, mandi, dan ibadah pribadi. Perlengkapan ini cukup vital bagi diri sendiri saat liburan untuk mencegah penularan virus. Sebaiknya, bawa juga obat-obatan dan vitamin selama liburan. Pilih juga destinasi wisata yang sudah memiliki sertifikasi Cleanliness, Healthy, Safety, & Environment Sustainability (CHSE) yang dikeluarkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Jalan-Jalan Saat dan Setelah Pandemi Tetap Bisa Menyenangkan

Jaga kesehatan dan cek kondisi tubuh sebelum keberangkatan

Sebelum pergi berlibur, pastikan tubuh sedang dalam kondisi sehat dan fit. Hal ini penting agar liburan tetap menyenangkan dan dapat menjaga keamanan bersama di destinasi wisata tujuan.

Meskipun pandemi ini telah memberikan dampak negatif dalam banyak hal, sisi lainnya juga memberi waktu bagi kita untuk melakukan banyak hal lainnya. Termasuk untuk benar-benar mempersiapkan perjalanan yang akan kita lakukan dan mengapresiasi kenangan perjalanan yang lalu. Dengan menerapkan lima tips persiapan ini, diharapkan momen liburan setelah pandemi nanti bisa kembali aman dan menyenangkan. Kita sama- sama berdoa semoga bisa kembali berwisata dan pandemi ini bisa segera selesai. Kamu bisa menemukan banyak inspirasi wisata di website dan media sosial Atourin loh! Yuk cek segera.