(Juliana Intan Permatasari)

Hi Sobat Atourin. Apa yang kamu lakukan ketika hiruk-pikuk kehidupan memenuhi seluruh pikiranmu? Terkadang, kita memang butuh mencari tempat pelampiasan, sekedar untuk menetralisir energi negatif, untuk mendatangkan kembali energi positif. Salah satunya dengan cara mendekatkan diri kita kepada alam. Ketika kita berani untuk mendekatkan diri kepada alam, itu artinya teman-teman ingin berbicara juga kepada semesta. Ada tempat tersembunyi, yang sangat tentram jika dipandang. Jaraknya sangat jauh, sekitar 225 km dari Jakarta.

Di sana, teman-teman langsung disambut dengan hamparan bukit hijau yang membentang luas, pemandangan langit terang tanpa polusi, sambil menikmati sunrise dan sunset terbaik versi Indonesia barat. Namanya Bukit Teletubbies Ujung Genteng. Mungkin karena tempat ini sekilas mirip dengan bukit savana di Sumba, jadi diberi nama demikian.

Lokasinya berada di Kampung Citarate Kecamatan Ciracap, Sukabumi Regency, Ujung Genteng, Jawa Barat. Jalannya searah dengan jalur Pantai Ujung Genteng. Nama Ujung Genteng berasal dari nama Ujung Gunting, dinamakan demikian karena bentuk daerah ini mirip seperti gunting,  Ujung Genteng merupakan sudut ujung bagian bawah pulau Jawa Barat, sedangkan yang berada di bagian atas diberi nama Ujung Kulon. Jika teman-teman dari arah Jakarta, teman-teman bisa ke arah jalan Ciawi – Cicurug – Cibadak hingga sampai di Pelabuhan Ratu, lalu mengambil jalan arah Surade.

Pemandangan Pesisir Ujung Genteng yang Indah

Ketika ke sini, kamu perlu mengecek atau memperhatikan cuaca. Karena jika tidak, liburanmu akan menjadi zonk bila terjadi hujan deras. Kamu bisa naik kendaraan bermotor atau mobil untuk mencapai lokasi. Namun, diharapkan, kamu bisa lebih mengkondisikan kendaraanmu dan lebih berhati hati ketika hujan turun, karena jalanan bisa sangat licin. Untuk parkir, teman teman bisa tanyakan kepada warga setempat. Akan disayangkan jika kendaraan bermotor, terutama roda empat, masuk ke lokasi karena berpotensi merusak rumput di sana.

Bukit- bukit kecil Teletubbies sangat cocok dijadikan semacam pigura foto dalam postingan Instagram. Memamerkan pemandangan tamasya, sambil duduk di atas alas kain, sambil menikmati bekal makanan bersama teman-teman atau keluarga. Ketika ber-swafoto, teman teman juga akan “ditemani” sapi-sapi yang sedang memakan rumput di belakangnya. Jangan merasa aneh ya, karena tempat ini memang bukan tempat umum untuk berwisata. Para peternak hewan biasa membawa sapi-sapi mereka untuk memakan rumput di bukit Teletubbies secara bebas. Kamu tentu perlu juga menjaga jarak aman dari sapi-sapi ini ya.

Bukit Teletubbies sangat cocok untuk orang-orang yang ingin merasakan suasana berbeda ketika menikmati sunrise di jam 6 sampai 7 pagi, atau cahaya sunset yang sudah tidak terlalu panas, diselingi gemuruh suara ombak pantai dari kejauhan dengan angin pantai yang menyegarkan.

Pantai di Ujung Genteng

Jika teman-teman berencana untuk berakhir pekan dengan kegiatan camping, teman-teman bisa juga menjadikan tempat Bukit Teletubbies sebagai pilihan terbaik. Untuk camping, kamu tidak perlu khawatir karena ada tempat rekomendasi sewa tenda daerah Sukabumi yakni @sukabumioutdoor dengan harga 20.000 rupiah / tenda di Bukit Teletubbies.

Nah, untuk kamu yang suka camping, Atourin punya beberapa tips nih. Selain tenda, ada peralatan yang sangat penting, agar camping teman-teman berjalan dengan lancar. Barang-barang yang dibutuhkan di antaranya adalah selimut, lampu tumblr, nesting dan kompor, kursi dan meja untuk bisa lebih bersantai menikmati suasana malam. Selain itu, disarankan untuk lebih membawa bahan makanan atau minuman instan seperti mie instan, kopi sachet, dan stok air galon, mengingat warung atau supermarket sangat jauh dari lokasi ini. Dan terakhir adalah trash bag atau kantong sampah. Ingat ya teman-teman jangan buang sampah sembarangan. Kamu bisa menjadi pejalan bertanggungjawab bersama Atourin loh! Cek website dan Instagram Atourin untuk mendapatkan inspirasi jalan-jalan keren ke seluruh Indonesia!