Tahun 2022 ini menjadi penanda bahwa sektor pariwisata di Indonesia sudah mulai menunjukkan geliatnya untuk bangkit kembali. Hal tersebut dibarengi dengan mulai kembali aktifnya pelaku-pelaku pariwisata di Indonesia dalam mempromosikan produk, layanan, dan jasanya kepada wisatawan. Stakeholder seperti pemerintah daerah pun giat melakukan sosialisasi yang dilanjutkan dengan pelatihan, pendampingan, serta manajemen pengunjung untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia di sektor pariwisata tersebut.

Destinasi wisata seperti daya tarik wisata dan desa wisata sudah mulai menerima kunjungan baik dari wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara. Beberapa dari pengelola daya tarik wisata dan desa wisata telah menerapkan inovasi dalam manajemen kunjungan wisatawan dan pengelolaan keuangan. Tapi, masih banyak juga yang belum memiliki perubahan signifikan tersebut dan tetap menjalankan sistem konvensional seperti sebelumnya.

Dampak yang cukup terasa adalah kurangnya kemampuan dalam manajemen pengunjung yang mengakibatkan pengelola destinasi wisata sulit untuk melakukan pemasaran yang tepat dengan sasaran. Kemudian, belum optimalnya transparansi data penjualan sehingga mengakibatkan pada tidak validnya laporan bulanan yang disetorkan kepada pemerintah daerah dan pelaporan pajak yang tidak sesuai dengan semestinya.

Namun, kendala yang dialami oleh pengelola destinasi wisata tersebut dapat diatasi dengan mudah dan cepat tanpa perlu untuk mengerjakannya sendiri. Tetapi dengan cara berkolaborasi menjadi mitra Atourin dalam penggunaan Atourin Visitor Management System atau biasa disebut AVMS. AVMS merupakan sistem reservasi tiket online untuk mendukung destinasi wisata melakukan transformasi digital.

Dengan adanya implementasi sistem reservasi online, pengelola destinasi dapat mengedepankan konsep pariwisata berkelanjutan dalam mengurangi mass tourism melalui manajemen kuota pengunjung per harinya. Wisatawan yang akan berkunjung pun dapat memilih sendiri tanggal kunjungan yang diinginkan dan dapat melihat secara real-time kuota yang tersisa di tanggal kunjungan tersebut.

Inovasi ini membuat wisatawan dapat lebih mudah dan cepat dalam memesan tiket masuk daya tarik wisata maupun desa wisata secara online. Setelah melakukan pembayaran, wisatawan akan mendapatkan tiket elektronik berisi QR code yang kemudian akan ditunjukkan kepada penjaga loket masuk. Hal tersebut dilakukan tanpa mengantre seperti membeli tiket masuk on-the-spot pada umumnya.

Keuntungan dari Menggunakan Sistem AVMS

Atourin Visitor Management System (AVMS) dapat digunakan oleh daya tarik wisata seperti aktivitas indoor, aktivitas outdoor, museum dan galeri, atraksi budaya, taman rekreasi, maupun desa-desa wisata di Indonesia. Dengan penerapan AVMS sebagai solusi destinasi untuk go digital, akan dapat meningkatkan citra dan eksistensi daya tarik wisata agar diketahui lebih banyak orang. Selain itu, destinasi akan mendapatkan kepercayaan dan apresiasi lebih dari wisatawan.

Pengelolaan dan manajemen berupa data pengunjung, data penjualan, dan data pendapatan akan tersusun secara rapi di dalam sistem sehingga data menjadi lebih valid dan transparan. Dengan adanya data yang terpusat tersebut, akan dapat memudahkan mitra pengelola dalam mengambil keputusan untuk strategi promosi ke depannya berdasarkan hasil dari data manajemen destinasi tempat wisata itu sendiri..

Fitur-Fitur yang Didapatkan dari Sistem AVMS

Sebagai mitra Atourin, pengelola daya tarik wisata akan mendapatkan banyak fitur-fitur menarik yang dapat membantu menjalankan proses bisnis di lapangan serta dalam hal manajemen pengunjung dan destinasi. Karena dengan implementasi AVMS, seluruh transaksi yang dilakukan oleh wisatawan sudah menggunakan pembayaran non-tunai dan aktif selama 24 jam non stop. Wisatawan yang telah melakukan pembayaran akan mendapatkan email konfirmasi berisi informasi transaksi yang ia lakukan, sehingga pengelola tidak perlu lagi untuk memberitahu wisatawan.

Atourin menyediakan website berupa dashboard untuk mitra dapat mengelola jadwal dan kategori tiket yang ingin dijual kepada wisatawan. Mitra dapat menentukan tanggal yang dibuka untuk kunjungan wisatawan, harga dan kuota harian yang diinginkan, serta mengatur tanggal-tanggal libur yang tidak bisa dipesan oleh wisatawan. 

Tidak hanya itu, mitra dapat mengatur berapa lama batas hari reservasi yang bisa dilakukan oleh wisatawan sebelum berkunjung ke destinasi. Lalu, mitra memiliki semua data pengunjung secara real-time mulai dari nama lengkap, nomor telpon, alamat email, jenis kelamin, pekerjaan, kewarganegaraan, dan lokasi domisili. Data tersebut menjadi kekayaan yang dimiliki oleh pengelola untuk strategi promosi yang ingin diterapkan ke depannya.

Mitra pengelola juga mendapatkan laporan penjualan yang lengkap di dalam dashboard yang dapat diunduh ke dalam dokumen berformat excel. Selain itu, Atourin menyediakan aplikasi android khusus untuk mitra pengelola agar dapat melakukan scan terhadap tiket elektronik berisi QR code yang dimiliki oleh wisatawan. Hal itu dilakukan untuk mensinkronisasikan bahwa wisatawan yang sudah membeli tiket telah mengunjungi daya tarik wisata tersebut.

Cara Bergabung Menjadi Mitra AVMS di Atourin

Wah ini merupakan hal yang mudah, untuk bergabung menjadi mitra di Atourin agar dapat melakukan manajemen data pengunjung daya tarik wisata hanya membutuhkan beberapa langkah saja dan tidak akan memakan waktu lama. 

Simak tahapannya ya! 

  1. Buka halaman website partner.atourin.com
  2. Registrasi akun dengan klik tombol Gabung Sekarang
  3. Mengisi formulir sebagai mitra di halaman website tersebut 
  4. Melakukan validasi email yang telah didaftarkan
  5. Setelah email aktif, silakan login sebagai mitra di partner.atourin.com
  6. Dilanjutkan dengan melengkapi profil mitra yang dibutuhkan
  7. Submit data profil yang telah diisi dan mohon menunggu untuk disetujui
  8. Tim Atourin akan memberikan informasi verifikasi akun melalui email kamu
  9. Selamat! Kamu berhasil menjadi mitra Atourin
  10. Silakan untuk mulai menginputkan data Attraction yang ingin dijual

Gimana, mudah bukan? Mari bersama Atourin membuat daya tarik wisata kamu menjadi naik kelas! Transformasi digital dengan AVMS ini dapat menjadi perbedaan yang unik sekaligus sebagai percontohan bagi daya tarik wisata lain di sekitarmu yang belum menerapkan digitalisasi.

Jika ada yang ingin kamu tanyakan, jangan sungkan untuk menghubungi kami segera ya! Yuk, sebarkan informasi dan peluang baik ini kepada kenalan pengelola daya tarik wisata lainnya untuk bergabung menjadi mitra Atourin dan merasakan dampak positif sebesar-besarnya dalam rangka mewujudkan Tourism Goes Digital (TOTAL)!