Tahun 2022 ini menjadi penanda bahwa sektor pariwisata di Indonesia sudah mulai menunjukkan geliatnya untuk bangkit kembali. Hal tersebut dibarengi dengan mulai kembali aktifnya pelaku-pelaku pariwisata di Indonesia dalam mempromosikan produk, layanan, dan jasanya kepada wisatawan. Stakeholder seperti pemerintah daerah pun giat melakukan sosialisasi yang dilanjutkan dengan pelatihan dan pendampingan untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia di sektor pariwisata tersebut.

Berdasarkan data dari We Are Social pada April 2021, Indonesia merupakan negara peringkat pertama dengan persentase penggunaan e-commerce tertinggi di dunia. Disusul pada peringkat kedua sampai kelima yaitu Inggris, Filipina, Thailand, dan Malaysia. Lalu, berdasarkan data dari Bank Indonesia pada Januari 2021, nominal transaksi e-commerce di Indonesia pada tahun 2020 adalah sebesar Rp 266,3 triliun.

Hal tersebut menunjukkan betapa besar potensi demand belanja online yang dilakukan oleh masyarakat dan dibarengi oleh supply yang dilakukan oleh pelaku usaha UMKM di Indonesia. Jika kesempatan ini dilewatkan oleh para pelaku pariwisata untuk terlibat dalam penjualan di pasar online, maka yang terjadi adalah hilangnya potensi pendapatan senilai jutaan atau bahkan miliaran rupiah.

Saat ini, masih banyak pelaku usaha di bidang pariwisata yang belum memaksimalkan penjualan produk, layanan, dan jasanya secara online. Mayoritas karena sumber daya manusianya belum tahu bagaimana cara memasarkan jualan secara digital. Selain itu, belum mendapatkan sosialisasi atau pelatihan juga menjadi faktor, sehingga jangkauan penjualan produk masih hanya di lingkup kecil saja.

Di sisi lain, wisatawan sudah banyak yang mencari informasi dan rekomendasi mengenai produk, layanan, dan jasa yang disediakan oleh pelaku pariwisata lokal di internet. Tetapi, masih banyak pelaku pariwisata yang belum muncul agar produknya dapat diketahui oleh wisatawan. Wisatawan pun sering sulit memastikan mana produk lokal yang berkualitas dan dapat dipercaya.

Oleh karena itu, pelaku pariwisata lokal harus mulai untuk melakukan adaptasi penggunaan platform digital agar dapat lebih dekat dengan wisatawan. Atourin punya solusinya untuk membantu dan memudahkan pelaku pariwisata dalam mempromosikan produk, layanan, dan jasanya. Yaitu melalui Marketplace Pariwisata ala Atourin!

Marketplace Pariwisata Atourin ditujukan untuk membantu pelaku pariwisata agar bisa bangkit kembali dan memberikan kemudahan kepada wisatawan untuk memiliki akses kepada layanan serta produk pariwisata lokal yang dapat ditemui secara digital. Pelaku pariwisata dapat meningkatkan promosi usahanya yang semula dari lokal hingga berkembang hingga ke level nasional.

Keuntungan dari Menggunakan Marketplace Atourin

Marketplace Atourin dapat digunakan oleh travel agent atau tour operator yang memiliki paket wisata, pemandu wisata yang memiliki local experience, UMKM pariwisata lokal, maupun desa wisata yang memiliki produk pariwisata lokal mulai dari paket wisata desa, local experience desa, homestay desa, serta oleh-oleh atau suvenir khas desa wisata.

Dengan penerapan Marketplace Atourin sebagai solusi pelaku pariwisata lokal untuk go digital, akan dapat meningkatkan citra dan eksistensi pelaku pariwisata agar diketahui lebih banyak orang. Karena pasar online ini menjadi saluran pemasaran baru yang bisa digunakan untuk melengkapi bisnis offline yang sudah ada.

Pelaku pariwisata akan beradaptasi bagaimana cara mengelola bisnis di era digital seperti sekarang ini sehingga secara tidak langsung akan mengembangkan skill sumber daya manusia lokal. Selain itu, dengan aktif secara digital, jangkauan penjualan akan semakin luas dan peluang semakin terbuka lebar yang berdampak terhadap meningkatnya pendapatan.

Semua hal tersebut dapat dilakukan dalam sebuah dashboard yang disediakan oleh Atourin bagi mitra yang telah bergabung. Mulai dari data pengunjung, data penjualan, dan data pendapatan akan tersusun secara rapi di dalam sistem sehingga data dapat dikelola dengan baik. Dengan adanya data yang terpusat tersebut, akan dapat memudahkan mitra pengelola dalam mengambil keputusan untuk strategi promosi ke depannya.

Fitur-Fitur yang Didapatkan dari Marketplace Atourin

Sebagai mitra Atourin, pelaku pariwisata lokal akan mendapatkan banyak fitur-fitur menarik yang dapat membantu menjalankan proses bisnis di lapangan. Dengan implementasi Marketplace pariwisata ini, seluruh transaksi yang dilakukan oleh wisatawan sudah menggunakan pembayaran non-tunai dan aktif selama 24 jam non stop. Wisatawan yang telah melakukan pembayaran akan mendapatkan email konfirmasi berisi informasi transaksi yang ia lakukan, sehingga pelaku pariwisata tidak perlu lagi untuk memberitahu wisatawan.

Atourin menyediakan website berupa dashboard untuk mitra dapat mengelola jadwal dan kategori produk yang ingin dijual kepada wisatawan. Mitra dapat menentukan tanggal yang dibuka untuk kunjungan wisatawan, harga dan kuota harian yang diinginkan, serta mengatur tanggal-tanggal libur yang tidak bisa dipesan oleh wisatawan. 

Tidak hanya itu, mitra dapat mengatur berapa lama batas hari reservasi yang bisa dilakukan oleh wisatawan sebelum berkunjung ke destinasi. Lalu, mitra memiliki semua data pengunjung secara real-time mulai dari nama lengkap, nomor telpon, dan alamat email. Data tersebut menjadi kekayaan yang dimiliki oleh pengelola untuk strategi promosi yang ingin diterapkan ke depannya.

Mitra pengelola juga mendapatkan laporan penjualan yang lengkap di dalam dashboard yang dapat diunduh ke dalam dokumen berformat excel. Selain itu, mitra dapat membuat kode kupon atau promosi apabila ingin memberikan diskon kepada wisatawan secara khusus. Hal tersebut dapat dilakukan secara mandiri di dalam dashboard mitra Atourin. 

Semua hal tersebut ditujukan bagi pelaku pariwisata untuk menghemat waktu, mengurangi biaya operasional, mengurangi potensi pembatalan pemesanan, dan tidak perlu menagih untuk pembayaran secara manual. Wisatawan pun dapat menemukan informasi produk lokal yang terpercaya dan langsung melakukan pemesanan secara online tanpa khawatir.

Cara Bergabung Menjadi Mitra Marketplace di Atourin

Wah ini merupakan hal yang mudah, untuk bergabung menjadi mitra di Atourin agar dapat menjual produk pariwisata lokal secara online hanya membutuhkan beberapa langkah saja dan tidak akan memakan waktu lama. 

Simak tahapannya ya! 

  1. Buka halaman website partner.atourin.com
  2. Registrasi akun dengan klik tombol Gabung Sekarang
  3. Mengisi formulir sebagai mitra di halaman website tersebut 
  4. Melakukan validasi email yang telah didaftarkan
  5. Setelah email aktif, silakan login sebagai mitra di partner.atourin.com
  6. Dilanjutkan dengan melengkapi profil mitra yang dibutuhkan
  7. Submit data profil yang telah diisi dan mohon menunggu untuk disetujui
  8. Tim Atourin akan memberikan informasi verifikasi akun melalui email kamu
  9. Selamat! Kamu berhasil menjadi mitra Atourin
  10. Silakan untuk mulai menginputkan data Tour Package atau Experience yang ingin dijual

Gimana, mudah bukan? Mari bersama Atourin membuat produk lokal kamu dapat diketahui secara luas! Transformasi digital dengan Marketplace wisata juga dapat menjadi perbedaan yang unik sekaligus sebagai percontohan bagi pelaku pariwisata lain di sekitarmu yang belum menerapkan digitalisasi.

Jika ada yang ingin kamu tanyakan, jangan sungkan untuk menghubungi kami segera ya! Yuk, sebarkan informasi dan peluang baik ini kepada kenalan pelaku pariwisata lokal lainnya untuk bergabung menjadi mitra Atourin dan merasakan dampak positif sebesar-besarnya dalam rangka mewujudkan Tourism Goes Digital (TOTAL)!