Menyambut tahun 2020, Presiden bersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif resmi mengumumkan lima destinasi wisata super prioritas yang bakal terus dikembangkan. Kelima wisata ini merupakan deretan kawasan yang lolos masuk program 10 Bali Baru yang digalakkan sepanjang 2019 lalu.

Menariknya, dari kelima potensi wisata, ada satu kawasan baru yang cukup asing di telinga masyarakat. Mengingat statusnya sebagai kawasan wisata super prioritas, akan ada banyak hal baru, baik dari segi infrastruktur maupun atraksi wisata, yang bakal didapatkan kamu selama berlibur di sana. Kamu tau ngga 5 destinasi mana aja yang masuk dalam super prioritas ini?

Berikut ini adalah 5 Destinasi Wisata Super Prioritasnya Indonesia:

1. Danau Toba

Danau toba
Danau Toba, Samosir, Sumatera Utara

Danau Toba merupakan danau alami terbesar di Indonesia dan danau vulkanik terbesar di dunia, yang berada di kaldera Gunung Berapi Super. Danau ini memiliki panjang 100 kilometer, lebar 30 kilometer, dan kedalaman 1600 meter. Danau ini terletak di tengah pulau Sumatra Utara dengan ketinggian permukaan sekitar 900 meter.

Keindahan Danau Toba di Provinsi Sumatera Utara ini sudah terdengar hingga ke penjuru dunia. Danau Toba menawarkan pesona alam yang indah dengan hamparan perbukitan hijau serta jernihnya air danau. Bukan cuma itu, di sekeliling Danau Toba, terdapat banyak sekali spot wisata alam maupun budaya yang sangat potensial.

2. Borobudur

Candi Borobudur
Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah

Borobudur merupakan candi atau kuil Buddha terbesar di dunia, sekaligus menjadi salah satu monumen Buddha terbesar di dunia, yang terletak di Magelang, Jawa Tengah. Candi berbentuk stupa ini didirikan oleh para penganut agama Buddha Mahayana sekitar tahun 800-an Masehi pada masa pemerintahan wangsa Syailendra, terletak kurang lebih 100 km di sebelah barat daya Semarang, 86 km di sebelah barat Surakarta, dan 40 km di sebelah barat laut Yogyakarta.

Banyak wisatawan, baik lokal maupun mancanegara, yang berbondong-bondong untuk liburan di sini. Ada juga yang tertarik untuk mengulik kisah di balik kemegahan Candi Borobudur. Borobudur kerap menjadi venue berbagai acara bertaraf internasional, salah satunya ajang Borobudur Marathon 2019. Dalam dunia pariwisata, Borobudur adalah objek wisata tunggal di Indonesia yang paling banyak dikunjungi wisatawan.

3. Mandalika

Bukit Merese
Bukit Merese, Mandalika, Nusa Tenggara Barat

Lombok, ibukota dari Provinsi Nusa Tenggara Barat akhirnya meluncurkan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika. Lokasinya yang hanya 30 menit dari Bandara Internasional Lombok makin membuat KEK Mandalika destinasi strategis bagi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Potensi wisata di Mandalika cukup menjanjikan, namun tidak banyak yang mengetahui keindahannya. Mulai dari pesona pantai hingga pemandangan alam bawah laut yang memukau. Nah salah satu gebrakannya, Mandalika bakal menjadi tuan rumah dari perhelatan bergengsi kejuaraan balap motor internasional yaitu MotoGP pada 2021 mendatang.

4. Labuan Bajo

Labuan Bajo
Labuan Bajo, Flores, Nusa Tenggara Timur

Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur menyajikan wahana wisata alam yang luar biasa. Lanskap alam yang menarik, garis pantai yang istimewa dan juga panorama yang tiada duanya, bisa kamu nikmati dengan leluasa di waktu liburmu.

Namun, tidak hanya Labuan Bajo, ada belasan bahkan puluhan obyek wisata asik lain di sekitar sini yang wajib kamu kunjungi. Salah satunya yang wajib kamu lihat di Flores tentunya keajaiban dunia, Komodo. Tidak sedikit destinasi wisata di Labuan Bajo yang menghadirkan hewan eksotis dari Indonesia Timur itu sebagai atraksi utamanya. Melihat cara mereka hidup, makan, berinteraksi dengan lingkungannya, semuanya luar biasa.

5. Likupang

Pantai Paal
Pantai Paal, Likupang, Minahasa Utara, Sulawesi Utara

Namanya mungkin belum terlalu sering terdengar. Namun, Likupang bakal menjadi destinasi wisata yang sangat menjanjikan. Terletak di Minahasa Utara, Sulawesi Utara, Likupang menawarkan pemandangan alam yang cantik pada pantai dan bawah lautnya.

Salah satunya Pantai Paal yang membentang kurang lebih 500 meter. Pantai Paal yang berada di sana siap memanjakan para wisatawan dengan pasir putih yang lembut. Semenjak dinobatkan sebagai wisata super prioritas, Likupang akan memiliki banyak infrastruktur baru seperti renovasi bandara hingga akses jalan tol menuju wilayah wisata.


Nah, itu dia pengenalan dan penjelasan mengenai 5 Destinasi Wisata Super Prioritasnya Indonesia. Kamu udah pernah ke salah satunya? Atau malah udah pernah ke semuanya? Wah, ceritain dong gimana pengalamannya waktu di sana. Tulis di kolom komentar yaa!