(Juliana Intan Permatasari)

Niatnya sih mau jalan-jalan ke Bali via pesawat buat ngilangin stres, tapi bosen perjalanannya gitu-gitu aja. 

Eits… kali ini Atourin akan membagikan pengalaman yang ga terlupakan. 

Karena Atourin percaya, ketika kita melakukan perjalanan sendiri ke kota yang belum pernah dikunjungi, akan selalu ada hal-hal baru yang bisa dipelajari. Misalnya, “emang bisa ke Bali pake kereta? beneran? rute keretanya dari mana? Harga tiketnya berapa?” Nah dari pada teman-teman penasaran, Atourin coba bagikan panduan, tempat pemesanan hotel/ motel termurah, serta rekomendasi destinasi populer, kuliner populer sampai buah tangan khas yang harus banget teman-teman kunjungi dan miliki. Ini adalah cerita di sepanjang daerah yang kamu lalui menuju Bali.

backpacker bali

Jika kamu berangkat dari Jakarta, maka jalur kerata yang dipilih bisa jalur pantai utara Jawa atau pantai selatan Jawa. Kali ini Atourin akan bawa kamu menyusuri selatan Jawa dan berhenti di beberapa daerah menarik yakni Yogyakarta dan Banyuwangi.

Jakarta (Senen) – Lempuyangan

Sebelum berangkat, dan berpergian solo (sendirian). Atourin sarankan untuk menulis catatan perencanaan perjalanan, semacam bucket list di buku catatan kecil. Semacam menulis rencana impian akan menginap dimana? Tempat tempat impian apa saja, yang ingin di kunjungi? Sampai lebih mencari tahu info mengenai harga reservasi hotel di kota tujuan.

Untuk mengecek harga termurah disetiap kota yang akan teman-teman kunjungin, . Karena Wego berani memberikan harga miring untuk setiap pemesanan dalam perjalanan teman-teman semua. Itu semua akan menjadi pegangan teman-teman selama di perjalanan. Jangan lupa juga untuk selalu menyediakan tumblr air mineral dan payung dalam tas ya. 

Stasiun Lempuyangan adalah stasiun kereta api tipe B yang terletak di Kelurahan Bausasran Kêmantrèn Danurejan di Yogyakarta. Letaknya sekitar 1 km sebelah timur dari stasiun kereta api utama kota, Stasiun Tugu. 

Untuk sampai ini, teman-teman hanya perlu memesan tiket kereta api “Bengawan”(ekonomi) dengan rute perjalanan St.Senen (Jakarta) –  St.Lempuyangan (Jogja) dengan harga Rp74.000.00,00 dan menghabiskan durasi perjalanan selama 8 jam. Dengan harga tadi, teman-teman sudah bisa menikmati sejuknya AC serta segala kenyamanan yang disediakan dari kereta ini. Perjalanan pun semakin nyaman dan bersih, karena telah diberlakukan aturan bebas asap rokok di setiap gerbong, serta tempat duduk penumpang pun kini dilengkapi dengan nomor. Jadi tidak akan desak-desakan perjalanan 8 jam di dalam kereta. Jika ingin buang sampah, tenang PT KAI sudah menyediakannya di setiap ujung gerbong, tepatnya di dekat toilet. 

Jika teman-teman ingin langsung melanjutkan perjalanan, teman-teman bisa langsung memesan tiket selanjutnya dengan rute Stasiun Lempuyangan – Stasiun Ketapang (Banyuwangi). Tetapi jika ingin mengulik Kota Yogjakarta sendirian selama satu malam, teman-teman bisa langsung cek aplikasi Wego di smartphone untuk reservasi pemesanan hotel di daerah Lempuyangan. Praktis kan!

Pasar Lempuyangan 

Jika perjalanan kereta Bengawan selesai ketika fajar tiba, dan teman-teman ingin santai sejenak menikmati sarapan pagi khas Yogyakarta. Coba deh jalan kaki menuju pasar Lempuyangan di Jalan Hayam Wuruk, Tegal Panggung, Danurejan, Kota Yogyakarta. Lalu masuk lewat pintu selatan Pasar Lempuyangan dan coba makanan yang namanya jenang Bu Gesti. Untuk menikmati makanan otentik khas Yogyakarta ini, teman-teman hanya perlu membayar sekitar Rp5.000.00,00 /porsi. 

backpacker bali

Menu yang ditawarkan pun ada 4 variant Jenang, yaitu jenang sumsum coklat manis, jenang sumsum putih, jenang candil, dan jenang mutiara. Tekstur yang dihasilkan ketika masuk ke dalam lidah begitu lembut. Makanan ini selalu disajikan dengan tambahan santan sebagai pelengkap rasa gurih dan manis yang tidak membuat eneg. Jenang Bu Gesti membuka dagangannya dari pukul 07.30 pagi sampai jam 11.00 siang. disarankan untuk menjadikan jenang sebagai santapan sarapan pertama. Karena jika teman-teman kesiangan, dikhawatirkan kalian akan kecewa karena sudah kehabisan jenang yang terkenal ini.

Soto Ayam Pak Yono 

Lokasinya masih berada di area Pasar Lempuyangan Yogyakarta dibagian sisi utara. Soto Pak Yono juga selalu ramai pengunjung. Satu porsi dengan ukuran besar, Soto Pak Yono dihargai sebesarRp10.000,00 sampai Rp12.000,0000 per-porsi. Harganya tentu tergantung isian yang kalian pilih. Isi dari soto ini mulaidari nasi, suwiran ayam, bihun, toge, tahu, sampai lenthok ( perkedel khas Yogyakarta). Tidak lupa dengan taburan bawang goreng yang banyak agar rasanya makin maknyus. 

backpacker bali

Malioboro

Setelah selesai sarapan dan berniat untuk staycation satu hari di Kota Yogyakarta. Mungkin teman-teman mau beralih ke kawasan yang selalu ramai dikunjungin oleh para wisatawan lokal maupun internasional. Jaraknya 1 km dari Stasiun Lempuyangan, namanya Jalan Malioboro. Daerah yang sudah banyak dikenal oleh masyarakat umum, bahkan selalu dijadikan tempat ber-swafoto untuk dipamerkan ke media sosial.

Jika matahari sudah tepat di ubun-ubun, teman-teman bisa berkunjung ke kedai kopi di sekitar Jalan Malioboro untuk bersantai sambil menikmati suasana sekitar. Bertemu dan berbincang dengan masyarakat lokal sambil menikmati suasana khas Jogja di jalan Malioboro, sepertinya akan menjadi pengalaman yang menarik juga tentunya.

backpacker bali

Pasar Beringharjo

Untuk teman-teman yang merasa mempunyai jiwa-jiwa vintage art sejak dini maka tempat ini adalah surga bagi kalian. Wajib bagi kalian untuk mengunjungi Pasar Beringharjo. Pasar yang menyediakan berbagai pernak-pernik dari mulai aksesoris, tas dengan berbagai model yang unik, serta aneka batik dengan aneka corak dan gaya serta desain otentik kekinian khas Yogyakarta dengan harga murah.

Kerajinan Perak Khas Kotagede

Ketika mendengar nama Kotagede, mungkin teman-teman langsung teringat dengan streotype kota dengan kerajinan perak-nya. Kampung yang menjadi jantung kota Yogyakarta ini sudah memasarkan hasil karya mereka di kelas internasional. 

Wilayah yang berbatasan langsung dengan Kecamatan Umbulharjo Kabupaten Bantul, menjadikan profesi seni bukan hanya sekedar seni, tapi masyarakat kotagede membuktikan, bahwa dengan profesi seniman, juga bisa menghasilkan pundi-pundi uang untuk mencari nafkah, dan memperbaiki perekonomian masyarakat Kotegede. 

Ketika teman-teman berjalan-jalan di kampung ini, di sepanjang jalan utama Mondorakan, sudah berjejer toko kerajinan perak. Di sana teman-teman bisa langsung menyaksikan bagaimana para seniman menempa, mengukir dan membentuk perak mereka sampai akhirnya bisa menjadi sebuah perhiasan unik yang bisa di jadikan buah tangan khas Kotagede. Untuk harga yang ditawarkan tentu bermacam-macam mulai dari ratusan ribu sampai jutaan tergantung ukuran dan tingkat kesulitan pembuatannya.

 Tak hanya kerajinan perak saja. Bagi teman teman yang hobi mengkoleksi batu akik dan kerajinan tangan yang terbuat dari kulit pun, kerajinan-kerajinan ini bisa dijumpai di sini sebagai buah tangan dari Yogyakarta. 

Stasiun Lempuyangan – Stasiun Ketapang – Pelabuhan Feri Ketapang

Setelah transit di Stasiun Lempuyangan, sekarang kita harus berpindah menuju Stasiun Ketapang yang berada di daerah Banyuwangi Jawa Timur. 

Pertama-tama, teman-teman harus memesan tiket dengan rute Lempuyangan – Ketapang menggunakan Kereta Api Sri Tanjung. Harga tiket yang ditawarkan untuk satu orang dewasa sebesar Rp94.000,00. dengan durasi perjalanan sekitar 10 jam. Setelah sampai di Stasiun Ketapang, perjuangan teman-teman belum berakhir. Karena teman-teman harus menempuh jarak 100 meter untuk sampai di Pelabuhan Ketapang. 

Pelabuhan Ketapang ialah pelabuhan kapal feri yang menghubungkan Kabupaten Banyuwangi Jawa Timur dengan pulau Bali lewat Selat Bali. Pelabuhan Feri Ketapang melayani rute Ketapang – Gilimanuk (Bali) dengan harga tiket Rp6.500,00 saja, dengan durasi perjalanan 1 jam. Ketika sudah berada di kapal laut, jangan lupa untuk mengabadikan moment dengan ber swa-foto, dan nikmati pemandangan hamparan langit biru dan lautan Selat Bali ya.

Perlu diingatkan kembali, ketika teman-teman memilih untuk backpacker menuju Bali menggunakan alternatif ini, teman-teman tidak bisa langsung untuk mengantarkan teman-teman ke Denpasar, melainkan setelah turun dari kapal feri, teman-teman harus menggunakan transportasi lanjutan lainnya. 

Pelabuhan Gilimanuk – Denpasar

Diingatkan kembali juga, ketika teman-teman memilih untuk berpergian solo, jangan lupa untuk selalu menyediakan tumblr air mineral sendiri dan payung di dalam tas. Karena itu adalah dua barang yang sangat penting. Karena kita tidak pernah tahu dengan situasi baru serta keadaan cuaca yang suka berubah-ubah. 

Ada dua alternatif yang bisa digunakan untuk mengantarkan teman-teman ke Kota Denpasar. Atourin menamainya ala-ala dengan perjalan indie dan non indie. 

Untuk tipe pertama, dinamakan perjalanan indie. Karena nantinya, jika teman-teman sudah sampai di Pelabuhan Gilimanuk, jangan heran dan takut jika banyak calo-calo yang menghampiri kalian dengan bertanya mau kemana. Kisaran harga tiket adalah sebesar Rp40.000,00 sampai Rp50.000,00 dengan durasi perjalanan selama 3jam. 

Disarankan untuk langsung menaiki bis yang sudah ada beberapa orang agar tidak terlalu lama menunggu. Biasanya ada bule-bule yang sedang berpergian solo juga di dalamnya, lumayan kan ada teman mengobrol selama perjalanan 3 jam di bis. 

Dan yang kedua adalah perjalanan non indie yaitu dengan menggunakan Bis Damri Denpasar. Berikut ada dua rute yang ditawarkan:  

  • Rute Damri Ketapang  Denpasar: Banyuwangi (pelabuhan Ketapang – Gilimanuk) – Negara – Terminal Mengwi – Terminal Ubung – Kantor Damri  Denpasar
  • Rute Damri Jember Denpasar: Terminal Tawang Alun – Krikilan – Genteng – Banguwangi (Pelabuhan Ketapang – Gilimanuk) – Negara – Terminal Mengwi – Terminal Ubung – Kantor Damri Denpasar 

Dengan harga tiket yang tidak terlalu mahal, kisaran Rp90.000.00,00 / seat. Damri Ketapang Denpasar sudah bisa mengantarkan kamu untuk sampai di Kota Denpasar, dengan durasi perjalanan 4 jam. 

Cara beli Tiket Damri

Untuk teman teman yang tertarik dengan perjalanan ini, caranya cukup gampang. Kita bisa cek harga tiket dan jadwal keberangkatan lewat aplikasi Damri apps di Google Play Store. Atau bisa juga lewat Google Crome dan searching di website resmi Damri.

Setelah itu, ikuti saja langkah-langkah apa saja yang harus diisi untuk registrasi, dan untuk rute Ketapang biasanya keberangkatan diawali dari Banguwangi. Untuk informasi bisa langsung ke Pool tiket Damri di Banyuwangi. Alamat Kantor Pool Damri Banyuwangi adalah di Jl. Jenderal Ahmad Yani Nomor  49, Tukangkayu, Kecamatan Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68416. Untuk informasi lebih lanjut mengenai bus Damri yang bisa mengantarkan kamu ke Denpasar, kamu bisa menghubungi beberapa nomor di bawah ini;

  • (0361) 232793 (Nomor Telepon Damri Denpasar)
  • 0813 – 3702 – 4751 (Nomor WhatsApp Damri Denpasar) 

Total perjalanan ini, teman-teman hanya perlu mengeluarkan kisaran biaya sebesar Rp224.500,00 sampai Rp258.000,00 untuk sampai ke Denpasar. Gimana? Sudah tertarik mengelilingi tiga daerah  di Indonesia sendirian dengan anggaran minim? 

Semoga informasi ini bermanfaat untuk sobat Atourin ya. Jangan lupa untuk membaca segala tips mengenai perjalan di website resmi Atourin serta follow akun instagram Atourin di @atourin.official. Selamat jalan-jalan dan berpetualang!