Gambar Ilustrasi Seorang Traveler (unsplash.com)

Time to Read: 4 minutes

(Ni Putu Isma Cahyanti)

Travelling adalah saat-saat yang ditunggu banyak orang untuk istirahat dari kejenuhan saat bekerja atau mungkin kuliah. Travelling akan membuat hati dan pikiran kita jadi lebih tenang dan bersemangat. Tapi pernah gak sih, travelling kamu jadi berantakan karena barang bawaan kamu terlalu banyak? atau mungkin kamu malah bingung memilih barang apa saja yang akan kamu bawa? Jangan khawatir tips dan trik di bawah ini akan membantu kamu memilih barang apa saja yang perlu kamu bawa saat travelling.

Gambar Perlengkapan untuk Travelling (unsplash.com)

Catat barang yang akan kamu bawa saat travelling

Langkah pertama ini penting untuk kamu yang akan travelling untuk mengantisipasi barang tertinggal. Catat mulai dari barang yang paling penting ya, karena gak semua barang muat di ranselmu. Ingat kamu travelling untuk bersenang-senang bukan pindah rumah ya. Kamu gak mau kan nantinya perjalanan kamu kurang menyenangkan karena ribet dengan barang bawaanmu.

Bawa pakaian secukupnya

Mungkin kamu merencanakan berfoto di beberapa tempat dan ingin tetap terlihat stylish, kamu tidak perlu membawa semua pakaianmu. Cukup pilih beberapa pakaian yang bisa kamu mix and match menjadi gaya yang berbeda. Kamu juga bisa membawa pakaian dengan warna netral yang cocok kamu padu padankan dengan warna lain. Pastikan juga pakaian yang kamu bawa tidak mudah kusut ya sehingga tetap cantik ketika difoto.

Gambar Koper dan Barang-barang Saat Travelling (unsplash.com)

Susun barang dan manfaatkan ruang yang ada

Siapkan koper atau ransel yang akan kamu pakai untuk travelling, sesuaikan dengan kebutuhan mu ya. Jika travelling hanya 1-3 hari cukup bawa ransel saja. Jika lebih dari itu kamu bisa membawa koper. Sesuaikan ukuran ransel atau koper yang akan kamu bawa ya. Ingat jangan berlebihan. Nah, setelah itu susun pakaian, sepatu, alat make up/skin care, dan aksesoris yang akan kamu bawa. Gunakan trik menggulung pakaian agar menghemat ruang yang ada di ransel atau koper. Susun pakaian yang berat seperti celana jeans atau sepatu di bagian paling bawah. Manfaatkan ruang dalam sepatu kamu untuk meletakkan barang-barang seperti aksesoris atau pakaian dalam. Sehingga barang-barang yang kamu bawa muat satu ransel atau koper.

Bawa skincare dalam travel pack

Karena liburan kamu gak sampai berminggu-minggu kamu hanya butuh sedikit skincare. Kamu bisa memindahkan skincare kamu seperti pelembab atau lotion ke dalam wadah yang lebih kecil. Hal ini tentunya dapat menghemat ruang yang ada di ransel atau koper kamu. Kamu bisa menyelipkan skincare kamu di ruang-ruang yang masih tersisa di koper. Untuk skincare yang berbentuk cairan sebaiknya dibungkus menggunakan plastik ya agar tidak tumpah ke pakaian mu.

Gambar Ilustrasi Seorang Backpacker dan Backpack-nya (unsplash.com)

Gunakan pakaian yang berat atau tebal

Saat berangkat travelling sebaiknya gunakan pakaian yang tebal atau sepatu yang berat. Jika kamu membawa dua buah sepatu atau lebih, gunakanlah sepatu yang lebih berat atau tebal ketika berangkat. Hal ini akan membantumu mengurangi kapasitas di ransel atau kopermu, sehingga muat lebih banyak barang dan mungkin bisa membantumu mengurangi biaya bagasi tambahan.

Bawa tas kecil

Bawa tas kecil atau sling bag untuk meletakkan barang-barang yang sering kamu gunakan saat bepergian seperti gawai, dompet, atau headset. Hal ini akan memudahkan kamu ketika akan menggunakan barang-barang tersebut, sehingga kamu tidak perlu membongkar ransel atau kopermu.

Jangan menyisakan ruang

Tips yang terakhir yaitu jangan sisakan ruang dalam ransel atau kopermu karena selain akan membuat pakaianmu jadi mudah berantakan. Hal ini akan membantumu membatasi keinginan untuk membeli barang yang tidak perlu atau oleh-oleh yang berlebihan. Sediakan saja tote bag ukuran sedang untuk membawa oleh-oleh yang akan kamu beli.

Nah, jadi mau travelling kemana sekarang?

Kamu bisa kunjungi website Atourin untuk melihat-lihat rekomendasi berbagai tempat liburan yang cocok untuk kamu kunjungi. Barangkali ada tempat yang bisa jadi daftar liburanmu selanjutnya.