Gambar Seorang Backpacker (pixabay.com)

Time to Read: 4 menit

(Ragil Melindah)

Travelling memang menjadi salah satu pilihan terbaik untuk refreshing dari rutinitas sehari-hari yang sering kali bikin stres. Kalau kamu ingin mencoba sensasi berbeda dari travelling biasanya, kamu bisa banget cobain travelling sendirian atau disebut dengan solo trip! Selain mendapatkan hiburan, solo trip juga bisa melatih insting sekaligus bisa belajar mengenal diri sendiri, lho! Yuk simak tips dan trik ini sebelum memulai solo trip!

1. Mengatur Budget adalah Langkah Utama Dalam Segala Jenis Travelling

Gambar Uang Indonesia (pixabay.com)

Sebelum kamu membuat rencana solo trip dengan matang, hal yang perlu dipersiapkan adalah budget atau anggaran yang akan dikeluarkan selama perjalananmu. Mulai dari biaya untuk penginapan, transportasi dari titik keberangkatan, transportasi selama di daerah wisata, biaya makan, sampai budget untuk oleh-oleh. Jadi agar biaya tidak membengkak, kamu harus atur budget dengan baik, ya! Biasanya budget disisihkan dari pendapatan bulanan dan Ketika terkumpul, maka bisa digunakan untuk kebutuhan jalan-jalanmu.

2. Atur Rencana dengan Matang agar Perjalananmu Berjalan Baik!

Gambar Map untuk Menentukan Perjalanan (pixabay.com)

Setelah menentukan jumlah biaya yang akan kamu keluarkan untuk solo trip, selanjutnya kamu perlu membuat rencana apa saja yang akan dilakukan selama perjalananmu. Tidak perlu terlalu rinci, minimal kamu tahu wisata apa yang akan dikunjungi dan penginapan apa yang akan kamu pilih tinggali. Kamu bisa survey di internet atau tanya pada orang yang berpengalaman tentang wisata yang akan kamu kunjungi. Untuk penginapan, kamu bisa menggunakan aplikasi booking hotel secara online untuk mempermudah prosesnya. Kamu bisa buat itinerary mu selengkap mungkin agar kamu tidak bingung atau tersesat Ketika jalan-jalan.

3. Jangan Mempersulit Perjalananmu dengan Barang Bawaan yang Terlalu Banyak! 

Gambar Backpack dan Perlengkapan Travelling (pixabay.com)

Barang bawaan yang terlalu banyak akan mempersulit kamu selama di perjalanan, untuk itu kamu harus memilih barang yang benar-benar kamu butuhkan. Kamu bisa membawa jumlah pakaian dari menghitung perkiraan durasi perjalananmu dalam jangka harian atau mingguan. Bawalah outfit yang casual agar cocok dipakai di segala situasi, jadi kamu tidak perlu membawa banyak jenis pakaian. Untuk wanita, kamu tidak perlu membawa skincare dengan kemasan asli, kamu bisa memindahkan ke wadah yang lebih kecil atau disebut dengan istilah share in jar

4. Usahakan Kedatanganmu di Tujuan Wisata pada Siang Hari! 

Gambar Saat Matahari Bersinar Terang (pixabay.com)

Kita pasti akan merasa asing saat kedatangan pertama kali di tempat tujuan. Tentunya akan sedikit susah untuk beradaptasi dengan lingkungan sekitar dalam keadaan gelap dan sepi. Untuk itu, di hari pertama kita perlu beradaptasi dengan lingkungan baru pada siang hari. 

5. Hostel adalah Pilihan Terbaik Untuk Mendapatkan Teman Baru!

Ilustrasi Gambar Hostel (pixabay.com)

Harga hostel yang relatif murah jika dibandingkan hotel membuat hostel merupakan salah satu pilihan terbaik bagi traveller untuk menginap. Di hostel kamu bisa menemukan banyak traveller dan disinilah kesempatanmu untuk berkenalan dengan orang baru atau sharing tentang pengalaman maisng-masing. Terdengar menarik, bukan?!

6. Pastikan Kamu Memiliki Pegangan Uang Tunai karena Tidak Semua Daerah Memiliki ATM

Gambar Uang Indonesia (pixabay.com)

Kalau kamu berencana berwisata ke daerah kecil, alangkah baiknya kamu memiliki sejumlah pegangan uang tunai karena tidak semua daerah memiliki ATM. Sedikit kali daerah-daerah kecil yang menggunakan transaksi jual beli dengan sistem pembayaran kredit, debit, atau e-money. Jadi pastikan kamu memiliki pegangan uang tunai untuk beberapa hari ke depan, ya! 

7. Tetaplah Berpenampilan Sederhana agar Tidak Memancing Kejahatan

Gambar Outfit saat Travelling (pixabay.com)

Kemungkinan-kemungkinan buruk seperti pencurian bisa saja terjadi kapan saja tanpa diduga-duga. Agar tidak memancing kejahatan tersebut, jangan pamerkan barang-barang berharga seperti memakai perhiasan secara berlebihan. Jangan pula terlalu sering menggunakan atau bahkan memamerkan aneka barang elektronik di tempat umum. Tetaplah berpenampilan sederhana dan jangan tunjukan barang berhargamu di tempat keramaian, ya!

8. Travel Alone but Not Lonely!

Gambar Ilustrasi Perempuan yang Travelling Sendirian (pixabay.com)

Meskipun berpergian sendirian, perjalananmu bisa terasa sangat menyenangkan jika kamu benar-benar menikmatinya. Cobalah untuk ramah tersenyum pada warga lokal atau bahkan kamu perlu belajar sedikit bahasa daerah setempat untuk bisa lebih berbaur pada mereka. Kamu juga bisa ajak bicara dengan orang asing yang kamu temui, entah itu orang yang duduk di sampingmu ketika berada di transportasi umum, atau sekedar basa-basi ketika kamu mengantri di suatu tempat. Dengan begitu, perjalananmu tidak akan terasa kesepian!

9. Pastikan Kamu Tetap Aman dengan Memberi Informasi Keberadaanmu pada Orang Terdekat!

Gambar Orang yang sedang Berkomunikasi (pixabay.com)

Untuk menambah rasa keamaan saat berpergian sendirian, kamu bisa memberikan informasi tentang kegiatanmu dengan orang terdekat seperti keluarga untuk memantau keadaanmu dari jauh. Kamu bisa menggunakan fitur seperti Google Sheet untuk sharing kegiatan yang kamu lakukan. Beri tanda ke orang terdekat jika kamu tidak memberikan update dalam beberapa hari, tandanya kamu lagi sedang tidak baik-baik saja dan mereka bisa mengambil tindakan. 

10. Simpanlah Alamat dan Nomor Telpon Darurat

Gambar Ambulance (pixabay.com)

Untuk menjamin keamanan jalan-jalanmu, pastikan kamu tahu alamat dan kontak kantor kepolisian terdekat. Kamu juga bisa menambahkan informasi terkait fasilitas kesehatan di daerah wisata.

11. Take Your Time!

Gambar Perempuan yang Menikmati Pemandangannya (pixabay.com)

Nikmatilah perjalananmu dengan santai. Berdamailah dengan diri sendiri dan tidak perlu khawatir jika beberapa rencana tidak berjalan dengan baik, justru itu bisa menjadi tantangan untuk mu. Ini saatnya kamu belajar lebih mengenal diri sendiri. Gunakanlah instingmu dan tetap percaya diri! 

Menarik bukan solo travelling ini. Atourin juga bisa bantu kamu loh dalam merencanakan perjalanan ke berbagai destinasi di Indonesia. Juga bisa menghubungkan kamu dengan pemandu lokal terbaik. Gak percaya? Cek website Atourin lebih lanjut ya!