(Micka Permata Putri)

Hi Sobat Atourin, pasti kalian tau daerah Lembang yang berada di Jawa Barat kan? Nah daerah ini memiliki udara yang sejuk dan destinasi wisata yang sangat banyak! Tapi kalian tau gak sih, salah satu wisata di Lembang yang sangat indah dan memiliki udara yang sejuk, sehingga membuat kita betah untuk menghabiskan waktu Berlama-lama di sana.

Wisata yang berada di daerah Lembang yang paling disukai oleh banyak orang dan selalu menjadi pilihan mereka adalah wisata yang bertema hijau-hijau. Pasti tau dong apa?! Wisata yang bertema hijau-hijau ini tentu terkait dengan alam atau lingkungan. Daerah Lembang terkenal dengan tutupan area hutan pinus, jadi ada banyak destinasi wisata yang memang berada atau dikelilingi hutan pinus itu. Destinasi wisata tersebut saat ini sangat hitz dan selalu menjadi pilihan banyak orang. Hal tersebut karena tempat yang sejuk dan nyaman serta memiliki banyak spot foto yang bagus.

Walaupun wisata yang bertema hutan pinus tersebut juga banyak ditemukan di Bogor tepatnya di daerah P uncak, yang b ahkan terdapat banyak café unik dan menarik di tempat tersebut. Akan tetapi, Lembang juga punya banyak café atau tempat makan yang mungkin berbeda dan tidak kalah menarik untuk dikunjungi. Berbagai tempat wisata di Lembang yang bertema hutan pinus antar alain Terminal Wisata Grafika Cikole, Hutan Pinus Pal 16 Cikole, Cikole Jaya Giri Resort, Orchid Forest Cikole Lembang, Pine Forest Camp Lembang, Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda, Hutan Pinus The Lodge Maribaya, Hutan Pinus Dago Dream Park, Puncak Eurad Pingping Lembang, Gunung Putri Lembang, Hutan Pinus Bukit Moko, Wisata Batu Kuda, Hotel Bumi Bandhawa, Hutan Pinus Cijapati, dan Ranca Upas.

Bunga Anggrek Warna-Warni

Nah salah satu tempat wisata di Lembang yag bertema hutan pinus, yang pernah saya kunjungi adalah Orchid Forest Cikole. Ketika berada di depan pintu masuk Orchid Forest Cikole, kami membayar tiket masuk. Setelah itu, kami melanjutkan perjalanan yang ternyata masih agak jauh. Dalam perjalanan, kami menikmati pemandangan hutan lindung yang berada di kanan kiri kami. Udara yang sangat sejuk tidak boleh dilewatkan sehingga kami membuka jendela mobil dan menikmati pemandangan dan kesejukan selama perjalanan itu.

Setelah sampai, kami turun dari mobil dan melanjutkan perjalanan untuk memasuki tempat wisata Orchid Forest tersebut yang tidak jauh dari area parkir. Di sepanjang jalan masuk, banyak sekali toko oleh-oleh dan warung makanan. Ketika sampai, kami memberikan tiket dan dilakukan pemeriksaan tas. Karena dilarang membawa makanan dari luar dan saat itu kami membawa makanan, maka kami harus menitipkan ke tempat penitipan yang berada di pintu masuk tersebut.

Setelah masuk, kami langsung berfoto-foto dengan kamera ataupun handphone, karena banyak spot foto yang bagus berupa pohon pinus yang sangat indah dan banyak ornamen yang mendukung. Ornamen tersebut seperti adanya jembatan kayu, tempat duduk bantal, lampu- lampu yang digantung, dan rangkaian suatu bangunan yang terbuat dari kaca dan besi, serta rumah-rumah kecil yang terbuat dari kayu. Selain banyaknya spot foto, banyak terdapat fasilitas yang ditujukan untuk anak-anak seperti rabbit forest dan camping ground. Selain itu, ada pula sajian live music yang menambah kesan romantis.

Bunga Anggrek yang Indah

Orchid Forest juga sering dijadikan sebagai tempat acara pernikahan dan foto prewedding. Tidak heran karena tempat yang romantis, udara yang sejuk dan pohon-pohon pinus di sekelilingnya memberikan suasana tentram berada di tempat ini.

Setelah selesai menikmati pemandangan dan berfoto-foto di Orchid Forest ini, kami memutuskan untuk pulang. Karena perjalanan dari pintu keluar yang lumayan jauh ke pintu masuk, maka kami memutuskan untuk naik angkot yang memang sudah disediakan oleh pihak Orchid Forest ini. Kendaraan ini sudah termasuk ke dalam tiket masuk tadi. Dalam perjalanan, sama seperti sebelumnya kami dihidangkan pemandangan hutan lindung. Jalanan yang kami lalui belum terlalu rata dan masih banyak batu sehingga kadang kendaraan yang kami tumpangi kurang stabil, cukup menantang.

Melalui pengalaman tadi, mengunjungi tempat wisata yang berada di Lembang, dapat disimpulkan beberapa hal. Hutan pinus menjadikan suasana lebih tentram dan nyaman karena udara yang sejuk. Dengan demikian, tempat ini cocok untuk menenangkan pikiran, menghilangkan rasa penat dan menjadi pilihan banyak orang untuk berwisata. Namun, pandemi ini mengakibatkan kita tidak bisa melakukan hal tersebut. Tapi, kalian tidak perlu khawatir karena Atourin memiliki program virtual tour, sehingga Sobat Atourin dapat menikmati ketenangan dari hutan pinus secara online!