Nursyahbani Putridira

Lembah Harau merupakan sebuah ngarai indah nan menawan yang bertanah subur serta beriklim tropis dekat Kota Payakumbuh di Kecamatan Harau, Kabupaten Limapuluh Koto, Provinsi Sumatra Barat. Lembah Harau ini diapit oleh dua bukit dinding cadas terjal dengan ketinggian mencapai sekitar 200 meter dengan pemandangan alam yang luar biasa eksotis. Topografi Cagar Alam Harau adalah berbukit-bukit dan bergelombang. Tinggi dari permukaan laut adalah 500 sampai 850 meter. Di sekitar lembah ini terdapat beberapa bukit, antara lain adalah Bukit Air Putih, Bukit Jambu, Bukit Singkarak, dan Bukit Tarantang.

Kompleks wisata Lembah Harau ini tergolong mudah ditemukan. Lokasinya berada sekitar 138 kilometer dari Kota Padang, 47 kilometer dari Bukittinggi, 18 Kilometer dari Payakumbuh, dan 2 kilometer dari pusat Kabupaten Lima Puluh Kota. Jika pengunjung berasal dari Kota Bukittinggi, hanya perlu waktu sekitar 1,5 jam ke arah barat dengan menggunakan transportasi darat. Dari Kota Bukittinggi, pengunjung harus mengambil arah ke Kota Payakumbuh. Setelah itu, pengunjung sudah akan berada di Jalan Lembah Harau.

Panorama Lembah Harau yang Siap Memanjakan Mata dan Pikiran Para Pengunjung

Berjalan menuju Lembah Harau amat menyenangkan. Tentunya, udaranya masih segar sehingga dapat menikmati keindahan alam sekitarnya. Pagar tebing-tebing granit curam dan lurus tegak berwarna kemerah-merahan yang menjulang tinggi dengan bentuknya yang unik mengelilingi lembah sehingga begitu menawan untuk dipandang dan diabadikan dengan sebuah kamera. Tebing-tebing granit yang terjal ini mempunyai ketinggian sekitar 80 meter hingga 300 meter.

Pemandangan hamparan sawah yang diapit oleh tebing-tebing tegak lurus menjulang tinggi dengan kecuraman tebing mencapai 90 derajat. Ketinggiannya yang mencapai sekitar 150 meter hingga 200 meter dapat dilihat di Lembah Harau, sehingga dapat membuat siapapun yang melihatnya berdecak kagum. Pagar tebing cadas yang curam telah menciptakan relief cantik sehingga bukan hanya menjadi daya tarik bagi para fotografer, melainkan juga para pemanjat tebing pun pastinya tertarik dan tertantang untuk memanjat dinding di lembah yang memiliki 300 lokasi panjat tebing ini. Oleh karena itu, tak heran rasanya jika Lembah Harau menjadi surga bagi para pecinta panjat tebing. Para pemanjat menjuluki lembah ini sebagai Yosemite-nya Indonesia. Dijuluki Lembah Yosemite karena mengingatkan pada keindahan Taman Nasional Yosemite di Sierra Nevada California yang terkenal di seluruh dunia.

Di sana ada cagar alam dan suaka margasatwa seluas 270,5 hektare/2.705 km². Tempat ini ditetapkan sebagai cagar alam sejak 10 Januari 1993. Cagar alam dan suaka margasatwa Lembah Harau memiliki berbagai spesies tanaman hutan hujan tropis dataran tinggi yang dilindungi, ditambah sejumlah binatang langka asli Sumatra. Monyet ekor panjang (Macaca fascirulatis) merupakan hewan yang sering terlihat di kawasan ini.

Salah Satu Keindahan Air Terjun yang Ada di Kawasan Lembah Harau

Kawasan destinasi wisata Lembah Harau ini terdiri dari 3 (tiga) Kawasan, yaitu Resort Aka Barayun, Resort Sarasah Bunta, dan Resort Rimbo Piobang. Resort Aka Barayun memiliki keindahan air terjun dan kolam renang yang memberikan nuansa alam yang asri. Selain itu juga, berpotensi untuk pengembangan olahraga panjat tebing karena memiliki bukit batu yang terjal dan juga mempunyai lokasi yang bisa memantulkan suara (echo). Di sini juga dilengkapi dengan fasilitas sejumlah penginapan berupa homestay lengkap dengan fasilitasnya. Di sinilah penggemar olahraga panjat tebing seperti menemukan surganya.

Resort Sarasah Bunta terletak di sebelah timur Aka Barayun. Resort ini memiliki 4 air terjun. Ketinggian masing-masing air terjun berbeda-beda, antara 50-90 meter. Air terjun tersebut mengalir dari atas jurang yang membenetang di sepanjang Lembah Harau. Sarasah Bunta ini mengalirkan air tawar segar dari dataran tinggi yang berunta-unta indah seperti bidadari yang sedang mandi apabila terpancar sinar matahari siang sehingga dinamakan Sarasah Bunta.

Lembah Harau ini cocok sekali untuk Anda yang ingin bersantai melepas penat atau liburan bersama teman. Apalagi banyak destinasi menarik yang bisa Anda kunjungi di sekitarnya. Nikmati juga keseruan di destinasi-destinasi wisata Indonesia lainnya bersama layanan dari Atourin. Dengan layanan penuhnya, liburan Anda pasti jadi lebih mudah dan berkesan. Yuk, pastikan Sobat Atourin segera eksplor marketplace Atourin, ya!