Nursyahbani Putridira

Halo Sobat Atourin! 2021 dan 2022 sudah berakhir. Selama dua tahun ini berjalan, banyak peristiwa dan pengalaman terkait pariwisata dan jalan-jalan yang kita lalui. Sebagian dari kita mungkin merasa tahun lalu terasa cepat dan mungkin sebagian dari kita juga merasa tahun lalu terasa sangat lama. Meskipun dengan penuh perjuangan dan penuh tantangan, tetapi yang pasti kita beradaptasi dan tidak pernah berhenti berinovasi. Tak terasa, kini kita sudah memasuki tahun 2023. Begitu juga dengan Atourin, yang terus berinovasi untuk memberikan manfaat untuk pariwisata Indonesia.

Mengawali tahun 2023 ini, kami bersama dengan PT. BPR Madani Sejahtera Abadi (BPR MSA) mengadakan lomba untuk desa dan kampung wisata yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta. Acara ini sebagai bentuk dukungan sekaligus apresiasi kepada desa dan kampung wisata tersebut. Acara ini didukung penuh oleh Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta. Acara ini hadir penuh dengan aura positif sebagai wadah kreatif dan produktif untuk pegiat wisata desa. Lomba ini terbuka untuk seluruh desa wisata dan kampung wisata dari 4 kabupaten dan 1 kota di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Tema yang diangkat dalam acara ini adalah Lomba Desa Wisata Maju Bersama BPR MSA: Mbangun Desa, Nggiatke Pariwisata. “Kami senang bisa berkolaborasi dengan BPR MSA dalam memberikan wadah kreatif dan produktif berbentuk lomba untuk desa dan kampung wisata di Daerah Istimewa Yogyakarta. Kami berharap kegiatan ini bisa menarik sebanyak mungkin peserta dari 4 kabupaten dan 1 kota di Daerah Istimewa Yogyakarta.” tutur Benarivo T. Putra, CEO Atourin.

Acara ini berlangsung mulai dari Januari hingga Maret 2023. Pendaftaran peserta dimulai dari 27 Januari – 17 Februari. Kemudian, penilaian lomba akan dilaksanakan mulai dari 18 Februari – 12 Maret 2023. Penilaian akan dibagi menjadi 2 tahap, yaitu penilaian berbasis dokumen dan data pendaftaran serta verifikasi lapangan ke desa dan kampung wisata. Pemenangnya akan diumumkan pada bulan Maret 2023, serta akan dirayakan dalam acara awarding night pada Maret 2023. Informasi dan pendaftaran bisa diakses di tautan website berikut https://lomba-dewi-jogja.bprmsa.co.id

Ada dua kategori lomba yaitu desa berkualitas dan desa berkelanjutan. Akan ada juara 1, 2, 3, dan favorit untuk masing-masing kategori itu. Pemenang akan mendapat banyak hadiah menarik, seperti uang pembinaan dari BPR MSA; dukungan teknologi dari Atourin seperti marketplace & Atourin Visitor Management System; Program Pelatihan dan Pendampingan dari Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta, Atourin dan BPR MSA; Profiling di Sinergi Jogja Media; dan dipromosikan di media Chanel BPR MSA.

“Sebagai BPR yang mengusung smart banking, milenial, go green, dan memihak ke UMKM, BPR MSA membangun kolaborasi bersama dengan berbagai pihak, salah satunya adalah Atourin. Salah satu perusahaan digital tingkat nasional yang mendukung pengembangan desa wisata. Sejalan dengan BPR MSA yang mengelola 2 desa wisata, maka Atourin menjadi partner yang pas dalam kegiatan lomba desa wisata yang digagas BPR MSA.” ujar Bapak Y. Triagung Pujiantoro, Direktur Utama PT. BPR Madani Sejahtera Abadi.

Semoga ke depannya desa wisata dan kampung wisata dapat semakin maju, semakin populer, serta dapat menarik kunjungan banyak wisatawan. Kami percaya bahwa desa wisata dan kampung wisata bisa jadi kekuatan besar dalam memajukan pariwisata Indonesia. Mari kita selalu bangga dalam berwisata di dalam negeri, mendukung pengembangan desa dan kampung wisata, dan memajukan pariwisata negeri ini dengan cara yang kita bisa. Terima kasih dan salam pariwisata!