Ilustrasi Pulau (unsplash.com)

Time to Read: 4 minutes

(Berliana Fiardi Annastasya)

Sudah pernah mendengar tentang Pulau Derawan, kan? Atau sudah pernah
berkunjung ke sana? Nah, buat kalian yang belum pernah mengunjungi Pulau Derawan ataupun sudah pernah berkunjung, jangan lewatkan juga mengunjungi Pulau Sangalaki, ya!
Pulau Sangalaki merupakan salah satu pulau dari gugusan Kepulauan Derawan yang terletak di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Pulau ini memiliki luas kurang lebih hanya 15,9 hektar. Pulau ini cocok banget buat para wisatawan yang kurang menyukai keramaian. Di pulau ini kamu hanya akan menemukan segelintir wisatawan saja. Dijamin tenang! Oleh karena itu, pulau ini cocok banget untuk berwisata di saat pandemi seperti ini. Less crowd, less risk!
Untuk mencapai Pulau Sangalaki hanya memerlukan waktu 15-25 menit perjalanan menggunakan speedboat dari Pulau Derawan. Tergantung dengan cuaca dan kondisi ombak saat itu. Nah, selain bersantai dan menjernihkan pikiran, berikut adalah kegiatan-kegiatan yang bisa kamu lakukan di Pulau Sangalaki!

1. Mengunjungi Penangkaran Penyu

Di Pulau Sangalaki terdapat satu tempat penangkaran penyu. Untuk biaya
masuk ke penangkaran penyu hanya dikenakan tarif Rp 20.000,00/orang. Disini pengunjung bisa melihat tukik-tukik yang baru menetas di sebuah kolam penangkaran. Sebelum menetas, telur-telur penyu tersebut dipendam di dalam pasir selama kurang lebih 2 bulan, tergantung dengan intensitas panas matahari. Kemudian, barulah tukik-tukik yang sudah menetas tersebut dipindahkan ke dalam kolam selama 2-3 hari. Kalau kamu ingin melihat proses pelepasan tukik-tukik tersebut ke pantai, kamu bisa melihatnya saat malam hari. Kalau kamu bertanya-tanya mengapa tidak dilepaskan saat siang hari, jawabannya karena banyak predator yang akan langsung memangsa tukik-tukik tersebut saat baru saja dilepaskan.
Oleh karena itu, pastikan untuk menginap di pulau ini, ya!

2. Wisata Selam di Taman Laut

Pastinya diving dan snorkeling merupakan hal yang tidak bisa dilewatkan jika berkunjung ke pulau ini. Di Sangalaki, terdapat sejumlah spot diving yang sudah menjadi favorit para penyelam dari seluruh dunia. Berikut adalah beberapa spot diving yang ada di Pulau Sangalaki.

  • Coral Gardens

Spot ini terletak di sebelah barat Pulau Sangalaki. Pada titik terdalam
spot ini, kamu dapat menemukan goatfish berseliweran di sekitar dataran
pasir pada dasar laut. Di atas dasar laut tersebut terdapat lereng yang
dipenuhi berbagai jenis karang. Di antaranya adalah jenis acropa coral dan mosaic coral. Di sekitar karang tersebut kamu akan menjumpai berbagai kehidupan karang seperti anthias, damsel, snappers, dan triggerfish.
Jangan lupa untuk melihat ke atas, jika beruntung kamu akan
menjumpai ikan pari manta di perairan serta penyu hijau yang secara teratur bertelur di pantai-pantai Sangalaki. Yang lebih istimewa lagi, kamu
dapat scuba diving pada malam hari di spot ini.

  • Lighthouse Reef

Spot ini terletak di sebelah timur Pulau Sangalaki. Pada spot diving yang satu ini terdapat dua bangkai kapal kecil. Bangkai kapal kecil yang lebih tua diidentifikasi menjadi tempat perkembang biakan spesies karang jenis dendronephthya dan anemon laut seperti sweetlips, gobies, scorpionfish, anemonefish dan clownfish, jawfish, ribbon eels serta ikan kerapu. Kalau penglihatanmu lumayan tajam, kamu dapat menjumpai kuda laut kerdil, loh!

  • Manta Parade

Terletak di sebelah utara Pulau Sangalaki. Sesuai dengan namanya, di spot ini kamu akan menjumpai ikan pari manta berparade ria. Kalau beruntung kamu akan menyaksikan kawanan ikan pari manta yang muncul dari perairan dan menukik kembali ke permukaan layaknya melakukan atraksi. Beberapa manta akan datang menghampiri kamu, loh! Seru ya!
Ikan pari manta merupakan salah satu hewan laut yang langka. Berbentuk seperti layang-layang dan lebarnya bisa mencapai 7 meter. Namun, yang akan kamu temui di Pulau Sangalaki hanya ikan pari manta yang berukuran lebih kecil, lebarnya hanya sekitar 5 meter saja.

  • Turtle Town

Seperti namanya, penyu hijau menjadi daya tarik utama dari spot diving yang satu ini. Spot ini terletak di barat daya Pulau Sangalaki. Di lokasi penyelaman ini terdapat tempat yang membentuk seperti parit dan tebing berbatu yang menjadikannya tempat yang ideal bagi penyu hijau untuk makan dan beristirahat sejenak.
Selain penyu hijau, kamu juga akan menjumpai ikan karang seperti ikan buntal, moorish idols serta bintang laut dan feather stars.

Melihat penangkaran penyu sekaligus menambah wawasan tentang penyu,
snorkelling dan diving bersama hewan laut yang langka. Itulah hal-hal yang akan kamu dapatkan kalau berkunjung ke Pulau Sangalaki. Nah, kalau mau berkunjung ke sini, jangan lupa untuk tetap menerapkan protokol kesehatan, ya! Dan jangan lupa untuk selalu menjadi pejalan yang bertanggungjawab. Sampai jumpa di Sangalaki!