(Nursyahbani Putridira)

Indonesia memang kaya akan pesona. Bukan hanya adat dan budaya, tempat wisata di Indonesia pun menambah kekayaan negara yang berada di garis khatulistiwa ini. Pulau Kalimantan, salah satu pulau yang terlintasi garis khatulistiwa pun memiliki daya pikat luar biasa. Pulau yang kekayaan alamnya cukup besar ini merupakan salah satu pulau yang wajib dinikmati keindahan alamnya. Tempat ajaib yang cukup unik ada di sini, namanya Labuan Cermin.

Bukan pantai bukan pula pegunungan, tempat ini merupakan salah satu destinasi wisata air alami berupa danau biru sejernih kaca yang memiliki keindahan pemandangan yang membuat berdecak kagum siapa saja yang mengunjunginya. Danau ini berada di bawah naungan Lembaga Masyarakat Labuan Cermin (Lekmalamin). Danau Labuan Cermin berlokasi di Desa Labuan Kelambu, Kecamatan Biduk-Biduk, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Lokasinya bisa ditempuh dengan perjalanan darat sekitar 6 sampai 7 jam dari Ibu Kota Kabupaten Berau, Tanjung Redeb, Kalimantan Timur. Kemudian, perjalanan akan berlanjut dengan mengikuti petunjuk arah menuju Danau Labuan Cermin dengan naik perahu sewaan. Meski perjalanan cukup jauh, rasa lelah akan segera terobati begitu melihat keindahan alam yang ada di Labuan Cermin.

Sumber: Indonesia Traveler

Labuan Cermin memiliki lapisan yang membuat cahaya matahari memantul. Hal tersebut terjadi karena Danau Labuan Cermin memiliki rasa asin yang akan terasa bila kita mengecap air dari permukaan danau, sementara air di dasar danau akan terasa tawar. Dua jenis air inilah yang membuat danau memiliki sebuah lapisan pemisah sehingga air dapat memantul. Tak heran jika danau ini disebut juga dengan ‘Danau Dua Rasa’.

Selain airnya yang jernih, pemandangan di sekitar Danau Labuan Cermin juga sangat menenangkan. Dikelilingi pepohonan bakau rindang serta bukit-bukit tinggi yang membuat suasana menjadi sangat teduh dan asri, sehingga sangat tepat dijadikan tujuan wisata untuk sejenak melarikan diri dari keramaian yang kerap ditemui setiap hari. Wisata eksotik Labuan Cermin seolah mendapat tempat di hati para pengunjung dari berbagai daerah maupun dari wilayah Kalimantan Timur itu sendiri.

Sumber: Tripadvisor

Saat berada di Labuan Cermin, pengunjung dapat melakukan aktivitas berenang, snorkeling dan juga menyelam. Saat menyelam menggunakan kacamata snorkeling, akan terlihat beberapa ikan yang berenang tidak jauh dari permukaan dan ada pula yang jauh di dasarnya. Rasa dari air yang berbeda menyebabkan ikan-ikan terpisah. Hal inilah yang membuat para pengunjung dapat dengan mudah membedakan jenis ikan air tawar dan ikan air laut.

Bagi para traveler yang hendak berkunjung ke Kalimantan Timur, tak ada ruginya untuk turut memasukkan Labuan Cermin ke dalam itinerary perjalanan menjelajahi Kalimantan Timur. Jadi, sudah penasaran ingin langsung menyelam dan merasakan air dengan dua jenis rasa sekaligus di Danau Labuan Cermin?

Atourin bisa mengantarkanmu jelajahi Labuhan Cermin dan destinasi menarik lainnya di Kalimantan Timur. Yuk cek marketplace Atourin untuk mendapatkan paket wisata yang kamu dambakan!