Micka Permata Putri

Time to read: 5 Menit

Sobat Atourin, kali ini Atourin mau memberikan informasi penting nih untuk kalian para perempuan yang ingin naik gunung. Informasi ini penting banget dan cocok untuk kamu yang baru mencoba untuk mendalami kegiatan pendakian. Agar kalian bisa menyiapkan hal-hal yang dibutuhkan sebelum pendakian gunung dimulai. Yuk, simak lebih lanjut tipsnya. 

1. Harus mengetahui track yang akan dilalui

Hal ini penting agak tidak kaget ketika perlu persiapan fisik yang lebih. Track yang akan dilalui juga berpengaruh dengan barang bawaan seperti kebutuhan minuman dan makanan. Contohnya apabila terdapat warung yang tidak terlalu jauh dari jalur pendakian, maka tidak perlu membawa makanan dan minuman terlalu banyak. Selain warung, kita juga dapat mengetahui mata air di sekitarnya yang layak dikonsumsi, sehingga tidak perlu membawa air yang berlebihan.

2. Lakukan dalam kelompok yang terdiri dari pendaki laki-laki dan tidak didominasi oleh pendaki perempuan

Mendaki gunung bersama dengan pendaki laki-laki akan memberikan banyak kelebihan. Misalnya mereka dapat membantu membawa barang-barang selama pendakian, terutama barang-barang yang berat. Selain itu mereka juga bisa saling menjaga kelompok ketika pendakian berlangsung, rahat di rest area atau wilayah tertentu, termasuk saat istirahat bermalam di sana. Bukan berarti perempuan tidak bisa melakukan ini semua ya. Namun keberadaan pendaki perempuan dan laki-laki akan saling melengkapi.

Pendakian dengan cara berkelompok

3. Mendaki bersama pendaki berpengalaman

Mendakilah bersama dengan pendaki yang berpengalaman. Pendaki berpengalaman ini akan bisa mengajarkan hal-hal penting selama pendakian berlangsung. Mendaki tentu bukan sesuatu yang gampang, tergantung dari tingkat kesulitan gunung yang didaki. Nah keberadaan pendaki berpengalaman akan menjadi seperti penjaga dan pemandu selama pendakian berlangsung. 

4. Ajak teman perempuan lainnya

Hal ini diperlukan, karena apabila kita ingin melakukan buang air kecil mereka akan menemani kita. Selain itu, mereka akan membantu untuk menutupi kita ketika buang air kecil dengan syal atau kerudung.

5. Membuat daftar barang bawaan

Penting untuk membuat list barang serta orang yang ditugaskan untuk membawa barang tersebut. Bawalah barang yang dibutuhkan saja dan jangan berlebihan. 

Membuat daftar bawaan

6. Membawa tisu kering khusus, kantong plastik serta botol minum kecil yang berisi air.

Tisu kering dan air tersebut digunakan untuk membersihkan diri kita selesai buang air kecil. Sedangkan kantong plastik digunakan untuk membuang sampah tisu. Hal itu dilakukan agar tidak mengotori area tersebut dengan membuang sampah sembarangan. Jangan lupa untuk membawa cairan pembersih yang bahannya ramah lingkungan.

7. Membawa makanan cepat saji

Makanan cepat saji sangat penting bagi para pendaki. Hal ini karena memudahkan dan mempersingkat waktu untuk memasak. Selain itu, tidak memerlukan konsumsi gas yang cukup banyak.

8. Membawa pakaian dalam lebih

Aktivitas pendakian mungkin membuatmu berkeringan dan menjadi tidak nyaman. Apalagi pendakian yang dilakukan saat musim hujan. Sehingga kamu perlu ganti pakaian beberapa kali agar pendakianmu tetap nyaman.

9. Jangan mendaki gunung ketika sedang datang bulan

Lebih baik tidak memutuskan untuk mendaki gunung ketika sedang datang bulan. Hal ini agar hal yang tidak diinginkan tidak terjadi. Beberapa gunung memiliki bagian yang sacral dan konon tidak diperbolehkan dilewati atau dikunjungi oleh pendaki yang sedang datang bulan.Selain itu, ketika sedang datang bulan perempuan memiliki fisik yang lebih lemah, seperti mudah sakit. Hal ini mungkin akan sangat merepotkan ketika pendakian dilakukan.

10. Selalu berdoa

Berdoa sangat penting ketika naik gunung. Hal ini karena tempat tersebut merupakan tempat baru yang belum pernah dikunjungi sebelumnya. 

11. Tidak menggunakan jeans dan celana training yang sangat tebal

Apabila menggunakan celana jeans akan mengakibatkan rasa tidak nyaman karena terlalu ketat. Hal ini menyulitkan untuk bergerak bebas. Sedangkan, celana training yang tebal mungkin akan menghangatkanmu. Namun, apabila terkena air akan sulit untuk dikeringkan. Gunakan pakaian yang sesuai untuk mendaki gunung.

12. Menggunakan sepatu

Ketika menaiki gunung lebih baik menggunakan sepatu, seperti sepatu lari, apabila tidak mempunyai sepatu gunung. Hindari penggunaan sandal biasa. Setidaknya kamu menggunakan sandal gunung. 

Mendaki gunung adalah hal yang menantang sekaligus menyenangkan. Pastikan kamu melakukannya secara aman ya. Kamu juga bisa mendapatkan tips pariwisata lainnya dari Atourin loh! Cek website dan instagram Atourin ya.