Halo Atourin Explorer! Saat kamu akan melakukan perjalanan mandiri dalam waktu terbatas, tanyakan kepada diri sendiri, apakah itinerary menjadi hal yang “wajib” buat kamu sebelum berangkat. Tergantung kepada tipe traveler masing-masing orang, apakah kamu traveler yang ingin bersantai, tidak terlalu peduli dengan berapa banyak tempat wisata yang akan kamu kunjungi, yang penting relax & have fun. Atau kamu tipe traveler yang ingin mengunjungi banyak tempat wisata dalam waktu terbatas. Kalo kamu tipe traveler yang suka mengunjungi banyak tempat wisata dalam waktu yang terbatas, tentunya itinerary merupakan hal yang wajib dipersiapkan!

Itenerary biasanya berisi tentang destinasi mana yang akan dikunjungi, berapa lama akan berada di sana, tempat-tempat apa yang akan dikunjungi, bagaimana dan berapa harga yang dibutuhkan untuk mencapai satu obyek wisata. 

Saat merencanakan perjalanan, itinerary sangat dibutuhkan demi lancarnya agenda traveling. Tapi, merancang itinerary jangan sampai sembarangan dan ala kadarnya.

Berikut beberapa tips untuk membuat itinerary yang efisien.

Realistis

Saat kamu melakukan perjalanan, pastinya kamu akan sering tergiur untuk mengunjungi banyak obyek wisata yang ada. Tapi dengan waktu yang terbatas alangkah lebih baik untuk membuat daftar tempat-tempat yang akan dikunjungi kemudian diurutkan berdasarkan skala prioritas. Hal itu berguna untuk menentukan berapa lama waktu kamu untuk berlibur di suatu tempat atau berapa lama yang dibutuhkan untuk kesana.

Image by Julius Silver from Pixabay

Bahan pembelajaran yang berguna buat kamu dalam merancang itinerary adalah buku panduan perjalanan, peta, dan pendapat dari wisatawan lain yang telah melakukan perjalanan yang ingin kamu tempuh.

Pertimbangkan juga hari libur lokal di destinasi wisata tujuan kamu yang bisa mempengaruhi jadwal penerbangan, jam buka obyek wisata, dan hal-hal yang lain.

Tentukan setiap langkah

Image by Jan Vašek from Pixabay

Dalam setiap perjalanan menuju tempat-tempat yang akan dikunjungi, tentukanlah estimasi waktu tempuh yang tepat dan terperinci. Misalnya, waktu tempuh menuju bandara. Perhitungkan juga kemungkinan hal yang bisa dilakukan seperti makan sebelum penerbangan kamu tiba. Estimasi tersebut dapat diketahui dengan mengetahui jadwal keberangkatan bus, tingkat kemacetan dalam perjalanan, atau memilih menuju bandara dengan kendaraan sewa.

Tentukan Biaya

Image by Steve Buissinne from Pixabay

Estimasikan budget liburan kamu! Mau wisata murah atau wisata mahal, semua tergantung kamu. Banyak pilihan tempat wisata, mulai dari yang murah sampai dengan yang mahal. Begitu juga dengan tempat makan, hotel & transportasi, baik transportasi lokal dalam kota maupun transportasi ke luar kota / negara. Semua ini sebaiknya kamu hitung terlebih dahulu estimasi biaya sesuai dengan itinerary yang kamu buat, apakah biaya tersebut masih masuk dalam budget kamu.

Pilih Attraction

Image by Pixource from Pixabay

Apakah tempat wisata yang kamu suka? Apa kamu ingin melihat wisata alam, wisata historis, wisata kuliner atau wisata belanja? Atau gabungan semua tempat wisata. Paling mudah awalnya kamu dapat melihat itinerary tour, kemudian kamu dapat melihat alternatif berbagai tempat wisata di Atourin, mungkin ada tempat wisata lain yang lebih cocok untuk kamu.

Gunakan Atourin

Atourin

Nah buat kamu yang males bikin itineray dan sudah gak sabar pengen liburan sesuai dengan yang kamu inginkan coba deh pake fitur dari Atourin dalam merencanakan perjalananmu. Dijamin gak akan kecewa deh. Cek langsung di sini.