Gambar Pantai di Yogyakarta (unsplash.com)

Time to Read: 5 minutes

(Nasywa Kamila Putri)

Bagi kaum millennials saat ini, traveling merupakan kegiatan yang seakan sudah menjadi kebutuhan primer. Namun, kadang keinginan kita untuk sering travelling terganjal karena budget yang terbatas. Memang kegiatan jalan-jalan akan membutuhkan biaya yang jumlahnya akan beragam tergantung dari berbagai faktor misalnya jarak destinasi, tempat menginap, tempat makan, jalan-jalan berkelompok atau hal lainnya. Tapi jangan sedih buat kamu yang budget jalan-jalannya terbatas, ada beberapa destinasi wisata di Indonesia yang bisa kamu kunjungi untuk jalan-jalan seru dengan budget minim. Berikut ini penjelasannya:

Yogyakarta

Gambar Monumen Tugu di Yogyakarta (unsplash.com)

Siapa sih yang tidak kenal dengan kota yang satu ini? Yap, Yogyakarta jadi salah satu pilihan terbaik untuk traveling jika memiliki budget yang terbatas. Di Yogyakarta kamu bisa menikmati berbagai tempat wisata dengan harga yang relatif murah. Makanan yang dijual di sana pun tergolong murah, dengan makanan khasnya yaitu gudeg. Jika ingin berbelanja, kamu pun bisa ke Malioboro, karena di sepanjang Jalan Malioboro banyak sekali pedagang yang menjual bermacam-macam barang. kamu pun bisa membeli oleh-oleh di sini dimana barang yang dijual pun harganya sangat terjangkau.

Kepulauan Seribu

Gambar Pulau Tidung di Kepulauan Seribu (unsplash.com)

Bagi kamu yang tinggal di Jabodetabek ingin ke traveling ke pantai dengan biaya yang murah, Kepulauan Seribu ini bisa jadi pilihanmu. Budget yang dikeluarkan pun hanya sekitar Rp300.000,00. Di Kepulauan Seribu banyak pilihan pantai yang bisa dikunjungi. Salah satunya ada Pulau Bidadari, Pulau Tidung, Pulau Pramuka, dan Pulau Harapan.

Malang

Gambar Pantai Wedi Klopo di Malang (unsplash.com)

Destinasi alternatif di Pulau Jawa yang dapat kamu kunjungi selain Yogyakarta, yaitu Malang. Objek wisata di Malang pun tidak kalah bagusnya dengan Yogyakarta. Di Malang kamu bisa mengunjungi kebun apel, Museum Angkut, Coban Rais, Jawa Timur Park, dan Pantai Balekambang dengan harga tiket masuk yang terbilang murah. Makanan di Malang pun tidak kalah murahnya dan enak, salah satunya ada bakso Malang dan keripik apel.

Bandung

Gambar Pemandangan di Kota Bandung (unsplash.com)

Bandung pun bisa jadi pilihan terbaik untuk kamu yang tidak ingin traveling jauh dari Kota Jakarta. Destinasi terbaik saat ke Bandung yaitu kamu bisa merasakan sunrise atau sunset dengan camping di Ranca Upas. Di sana kamu hanya akan dikenakan biaya sebesar Rp150.000,00-Rp250.000,00 untuk menyewa sebuah tenda. Destinasi lainnya di Bandung yang tidak kalah menarik dengan Ranca Upas, yaitu Gunung Tangkuban Perahu, The Ranch Bandung, The Lodge Maribaya, Orchid Forest Cikole, dan tidak lupa dengan Jalan Braga yang termasuk salah satu ikon Bandung yang terkenal.

Gunung Gede Pangrango

Gambar Pemandangan di Gunung Gede Pangrango (unsplash.com)

Jika kamu ingin traveling dengan mendaki gunung, Gunung Gede Pangrango ini bisa menjadi pilihan terbaikmu lho! Gunung yang terletak di Provinsi Jawa Barat ini merupakan wisata yang cukup terkenal dan mempunyai banyak objek wisata di sekitarnya. Gunung Gede Pangrango ini terdiri dari dua gunung, yaitu Gunung Gede dengan ketinggian 2.958 mdpl (meter di atas permukaan laut) dan Gunung Pangrango dengan ketinggian 3.019 mdpl. Gunung ini tidak hanya digunakan untuk mendaki, namun kamu disana bisa mengunjungi objek wisata yang terdapat di dalamnya, yaitu Air Terjun Cibeureum, Bumi Perkemahan Mandalawangi, Pemandian Air Panas, dan Kebun Raya Cibodas.

Nah gimana? Kira-kira kamu jalan-jalan kemana dengan budget terbatas? Semua daerah di atas tentu sangat menarik dan menantang untuk dikunjungi. Kamu juga bisa menemukan banyak informasi dan inspirasi jalan-jalan yang menarik di berbagai daerah di Indonesia dan informasi pariwisata lainnya, tentunya hanya di website dan media sosial Atourin!