Wisata Lembang terfavorit para wisatawan sangatlah banyak. Daerah ini menyajikan  berbagai macam konsep tempat wisata yang mampu menarik  wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Bandung merupakan salah satu kota di Indonesia yang banyak menarik wisatawan lokal maupun mancanegara. Bandung mengalami perkembangan yang sangat pesat, terutama  dalam hal pariwisata.

Menurut Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Barat, pada tahun 2017, Bandung merupakan kota kedua di Jawa Barat yang berhasil menarik pengunjung mancanegara terbesar.

Lembang merupakan salah satu daerah yang berada di Bandung dengan banyak destinasi wisata. Saat musim liburan tiba, baik wisatawan lokal maupun mancanegara memadati beragam destinasi di wilayah tersebut.

Asal-Usul Nama Lembang

Tahukah kamu, jika nama Lembang sendiri berasal dari kata “”ngalembang” yang berarti genangan air. Hal ini sejalan dengan kontur daerah Lembang yang setiap kali musim hujan sering  tergenang air.  

Namun, ada juga nih yang mengatakan bahwa nama Lembang diambil dari kata “Landbouw” atau pertanian. Hal tersebut sejalan dengan kondisi pertanian yang ada di Lembang. 

Wisata di Lembang yang Mendunia

Lembang pernah menjadi perhatian dunia. Adanya pembangunan Observatorium Bosscha yang menjadi pusat ilmu pengetahuan astronomi dunia, tentunya telah menjadi daya tarik tersendiri bagi daerah ini.

Observatorium Bosscha (dahulu bernama Bosscha Sterrenwacht) dibangun oleh Nederlandsch-Indische Sterrenkundige Vereniging (NISV) atau Perhimpunan Astronomi Hindia Belanda.

Observatorium Bosscha diambil dari nama Karel Albert Rudolf (K.A.R.) Bosscha. Ia merupakan tuan tanah di perkebunan teh Malabar. Bosscha bersedia menjadi donatur utama dan berjanji akan memberikan bantuan pembelian teropong bintang. Karena perannya itulah, namanya kini diabadikan sebagai nama observatorium ini. 

Spot Wisata Terfavorit di Lembang

Selain adanya Observatorium Bosscha yang telah mendunia, Lembang juga memiliki berbagai spot wisata menarik lainnya yang tidak kalah unik dan seru. Berikut ini telah kami rangkum 10 spot wisata terfavorit lainnya yang ada di Lembang.


1. De Ranch

De Ranch merupakan tempat wisata yang suasana peternakan di Eropa. Tempat wisata ini menyajikan konsep “Wisata Kuda ala Cowboy”.


2. Orchid Forest

Orchid Forest merupakan tempat wisata seluas 12 hektare yang berada di kawasan hutan lindung Lembang. Disini, kamu akan disuguhi oleh pemandangan taman anggrek terluas di Indonesia.


3. Tangkuban Perahu

Destinasi wisata yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi di telinga kita. Kisah legenda mengenai Sangkuriang sudah sangat melekat dengan tempat ini. Keindahan kawah-kawahnya membuat siapapun yang datang langsung terpana.


4. Floating Market Lembang

Floating Market Lembang merupakan salah satu tempat wisata unik sekaligus favorit yang ada di Lembang, Bandung. Disini, kamu bisa menikmati sensasi pasar apung seperti yang ada di Thailand, lho!


5. Farmhouse Lembang

Farmhouse Lembang menyediakan berbagai macam tempat spot foto unik seperti  peternakan, gembok cinta, dan rumah Hobbit yang menjadi ciri khas dan daya tarik tersendiri dari wisata ini.


6. The Lodge Maribaya

Tempat ini merupakan salah satu tempat yang instagramable di Lembang. Disini kamu dapat menikmati sensasi penginapan unik. Terdapat 2 tipe penginapan yaitu Camping dan Joglo yang sangat menarik untuk dicoba.


7. The Great Asia Afrika

Tempat wisata ini menyajikan beberapa landmark terkenal dari berbagai negara. Seperti Thailand, Indonesia, Korea Selatan, Jepang, India, serta negara dari benua Afrika dan kawasan Timur Tengah.


8. Pemandian Air Panas Ciater

Setelah lelah melakukan kunjungan wisata ke berbagai destinasi wisata yang ada di Lembang, pemandian air panas Ciater bisa menjadi tujuan akhir kamu untuk melepas penat dan relaksasi.


Kunjungi Wisata Menarik di Lembang dan Rasakan Keseruannya!

Bagi kamu yang ingin mencoba destinasi wisata di Lembang saat ini sangatlah mudah. Kamu cukup kunjungi Atourin dan atur perjalananmu ke berbagai destinasi wisata yang ada di Lembang!