Time To Read : 3 minutes

(Catur Widya Lestari)

Kue putu bambu salah satu kuliner khas Indonesia yang rasanya manis dan gurih. Makanan yang satu ini digandrungi oleh masyarakat sebagai jajanan yang nikmat. Kue putu bambu ini terbuat dari tepung beras, lho. Kue ini merupakan kudapan akulturasi antara kebudayaan Cina dan Jawa Timur. Penasaran? Yuk, baca selengkapnya sampai habis!

Asal Usul Kue Putu Bambu

kue-putu-bambu
Kue Putu Bambu; Sumber: Foto Pribadi

Berawal dari Mochammad Antik, seorang penggiat sejarah Jelajah Jejak Malang (JJM), mengutarakan bahwa kue ini sudah ada di masa Dinasti Ming, sejak 1200 tahun yang lalu. Kue ini bisa ditemukan di China Silk Museum.

Sebelum dinamai Kue Putu Bambu, xian roe xiao long ialah nama asal kue ini. Pada tahun 1814 di masa Kerajaan Mataram, nama tersebut berkembang sehingga menjadi puthu dari naskah sastra lama Serat Centhini.

Kue putu seringkali dijadikan kudapan pagi hari, tadinya berisi kacang hijau. Namun, lama-kelamaan menjadi kebiasaan warga Jawa Timur setempat mengganti isiannya menjadi gula merah dan taburan kelapa.

Cara Membuat Kue Putu

kue-putu-bambu-cara-membuatnya
Cara Membuat Kue Putu Bambu; Sumber: Foto Pribadi

Kue putu adalah kue hijau manis berbentuk tabung dengan taburan kelapa parut di atasnya. Kue tradisional Indonesia ini khas dari Jawa Timur. Adapun membuat kue putu ini tidak sulit.

Butiran tepung beras yang kasar dan parutan gula merah merupahan bahan utama dalam pembuatan Kue ini. Bahan-bahan untuk membuatnya sangat mudah Anda temukan!

Bahan:

  • 1 kg tepung beras
  • 8 lembar daun pandan
  • 300 gr gula merah yan telah di sisir/di iris-iris
  • Parutan kelapa yang telah dikukus dan diberi garam secukupnya

Cara membuat:

  1. Untuk membuat kue ini, Anda perlu merebus pandan untuk mendapatkan air, aroma dan warna pandan tersendiri.
  2. Masukkan tepung beras ke dalam tabung bambu lalu masukkan air pandan sedikit demi sedikit. Aduk dengan rata dengan tangan.
  3. Setelah adonan tercampur dan Anda menemukan gumpalan-gumpalan kasar, ayak adonan pelan-pelan dengan menggunakan saringan kasar hingga adonan menjadi halus.
  4. Siapkan cetakan bambu, olesi dengan air. Masukkan adonan putu yang telah halus dan padatkan.
  5. Beri celah atau lubang untuk masukkan gula merah yang disisir tadi. Tutup kembali lubang dengan adonan tepung. Tutup dengan tepung, isi sampai penuh dan ratakan.
  6. Masukkan bambu ke dalam panci pengukus selama kurang lebih 10 menit. Angkat lalu keluarkan dari cetakan dengan cara mendorongnya ke bawah.
  7. Langkah terakhir taburi kue putu dengan taburan kelapa untuk dinikmati.

Hal Unik Pada Kue Putu

kue-putu-bambu-dan-hal-unik
Kue Putu Bambu disajikan; Sumber: Foto Pribadi

Selain rasanya yang manis dan nikmat, hal unik dari kue putu bambu  ini ialah dari cara pembuatannya. Dari nama kue ini, kue putu bambu , memasak kue inipun menggunakan bambu sebagai cetakannya.

Ukurannya juga tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil, pas untuk kita memakannya dengan sekali suapan. Bunyi nyaring dari uap air menjadikan kue putu semakin membuatnya menjadi unik.

Harga Jual Kue Putu

Dari bunyi nyaring ini pula penjual Kue Putu memancing orang-orang untuk membelinya. Saat ini, cukup mudah untuk menemukan kue putu bambu.

Sobat Atourin bisa menemukannya di pasar tradisional atau menunggu penjual keliling kue putu bambu lewat dengan bunyi nyaringnya. Harganya pun terjangkau, biasanya diharga 5-10 ribu rupiah per paketnya yang terdiri sekitar 8-10 potong kue. Tentu besarnya harga akan tergantung dimana kamu membeli kue ini.

kue putu bamboo cocok disajikan sebagai jajanan keluarga. Rasa manis dari gula aren, bentuknya yang pas di mulut, empuknya kue karena dikukus, dan parutan kelapa yang gurih bisa dikonsumsi dari kalangan anak-anak sampai dewasa.

Jelajah Kuliner Indonesia, Mulai Dari Mana ya?

Tak hanya kue putu, Indonesia punya banyak sekali kuliner nusantara yang menggiurkan. Kuliner khas Indonesia bisa menjadi wishlist sobat Atourin untuk disantap. Dari Sabang sampai Merauke kuliner di Indonesia memang menjadi juara, setiap daerah di Indonesia memiliki kuliner favoritnya masing-masing.

Nah, jika Anda hendak melakukan perjalanan untuk menjelajahi daerah di Indonesia. Ada baiknya menyusun rencana dengan baik agar kuliner hingga tempat atau destinasi menarik sekitar daerah tidak terlewatkan. Simak rencana-rencana perjalanan Anda di Atourin!