Gambar Ilustrasi dari Forest Walk (pixabay.com)

Time to Read: 3 minutes

(Azzahra Siti Nabila)

Siapa yang tidak suka menikmati udara sejuk di Kota Bandung? Jika sedang berkunjung di Kota Bandung, cobalah untuk mengunjungi Taman Hutan Kota Babakan Siliwangi. Selain dapat menghirup udara segar sambil menikmati rindangnya hutan kota, pengunjung juga dapat menikmati forest walk atau jembatan yang membentang dan berkelok mengelilingi hutan sepanjang 2,3 kilometer dengan ketinggian 3–4 meter di atas permukaan tanah. Jembatan tersebut dibuat tinggi dan berkelok untuk menghindari pohon-pohon besar yang sudah tumbuh di tengah hutan selama puluhan dan ratusan tahun. Katanya, forest walk ini merupakan yang terpanjang di Asia Tenggara loh!

Hutan Kota Babakan Siliwangi terletak di Jalan Siliwangi, Kota Bandung, Jawa Barat. Hutan kota ini berada di satu kawasan dengan Sasana Budaya Ganesha (Sabuga) milik Institut Teknologi Bandung (ITB). Walaupun berada di satu kawasan, namun hutan kota ini dikelola langsung oleh Pemerintah Kota Bandung. Forest walk Taman Hutan Kota Babakan Siliwangi diresmikan oleh mantan Walikota Bandung, Ridwan Kamil pada tanggal 17 Januari 2018 silam. Pembangunan forest walk di tengah hutan kota bertujuan untuk menjaga kelestarian hutan sekaligus menjadi tempat rekreasi dan rileksasi masyarakat Kota Bandung maupun wisatawan dengan harapan forest walk ini dapat menjadi ikon pariwisata baru di Kota Bandung. 

Gambar Ilustrasi dari Forest Walk (pexels.com)

Pada saat akhir pekan, forest walk ini sangat ramai didatangi oleh wisatawan. Hal tersebut dikarenakan adanya akses masuk yang mudah dan murah untuk mengujungi forest walk Babakan Siliwangi. Para pengunjung yang datang tidak dikenakan biaya tiket masuk, namun tetap diberlakukan pembayaran parkir bagi pengunjung yang membawa kendaraan. Hutan kota Babakan Siliwangi juga buka 24 jam, tak heran saat malam minggu banyaknya kaum muda mudi yang mendatangi kawasan ini. Eits jangan khawatir akan gelap, karena suasana di hutan kota saat malam hari diterangi oleh banyak sumber pencahayaan. 

Hutan Kota Babakan Siliwangi yang dikelilingi pohon besar dengan akar yang menggantung merupakan destinasi yang sangat cocok untuk para wisatawan yang menyukai suasana alam di tengah kota. Selain untuk menikmati udara Kota Bandung yang sejuk, hutan kota ini juga cocok untuk kegiatan olahraga. Bisa banget loh untuk mencoba jogging mengelilingi forest walk bersama teman, pasangan, ataupun keluarga. Kegiatan olahraga pasti akan terasa berbeda dan lebih menyenangkan dari biasanya. Jika sudah lelah berolahraga, berjalan santai sambil menikmati keindahan alam juga termasuk sebagai kegiatan asyik yang dapat dilakukan di forest walk ini, karena di sini terdapat beberapa edukasi mengenai tanaman yang tumbuh di hutan kota Babakan Siliwangi. Jadi selain jalan-jalan, pengunjung juga dapat menambah pengetahuan baru mengenai berbagai macam tumbuhan. Selain itu, tempat ini juga cocok untuk kalian yang suka hunting foto, baik sebagai fotografer profesional atau hanya sekedar berfoto untuk feeds instagram. Suasana hutan dengan berbagai jenis tanaman yang rindang dan jembatan khas berwarna hijau dengan desain yang unik, menyebabkan tempat ini menjadi salah satu spot foto yang wajib dikunjungi oleh para wisatawan. Tidak jarang forest walk ini juga kerap kali digunakan untuk sesi pemotretan seperti foto pre-wedding, modelling, dan foto buku tahunan sekolah.

Gambar Ilustrasi dari Forest Walk (stocksnap.io)

Berjalan-jalan di suatu tempat wisata tentu belum lengkap rasanya jika belum mencoba kulinernya. Di kawasan Taman Hutan Babakan Siliwangi ini terdapat beberapa penjual kuliner khas Kota Bandung yang beragam, dari pedagang kaki lima sampai café ada di wilayah ini. Beragam kuliner yang ditawarkan antara lain batagor, baso tahu, dan siomay khas Bandung. Selain itu, terdapat pula galeri seni yang menjual berbagai macam karya para seniman Kota Bandung. Banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang datang ke galeri seni Babakan Siliwangi untuk membeli hasil karya dan dijadikan sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

Menurut warga sekitar, adanya pembangunan forest walk tersebut menyebabkan wilayah Babakan Siliwangi menjadi lebih terkontrol, karena banyaknya pencahayaan saat malam hari, jumlah petugas kebersihan yang bertambah, dan ramai didatangi oleh wisatawan. Hal tersebut menyebabkan adanya mata pencaharian baru bagi warga sekitar. Warga sekitar berharap perawatan dan penjagaan tetap dilakukan secara berlanjut dan konsisten oleh pemerintah Kota Bandung setelah adanya pembangunan forest walk di Hutan Kota Babakan Siliwangi hingga seterusnya.

Saat ini, Taman Hutan Kota Babakan Siliwangi menjadi salah satu daftar destinasi wisata yang wajib dikunjungi oleh para wisatawan yang berencana mengunjungi Kota Bandung. Aksesnya yang mudah dan murah menjadikan objek wisata ini selalu ramai dikunjungi wisatawan dalam negeri maupun mancanegara. Namun, perlu diperhatikan juga bagi para wisatawan untuk tetap menjaga kebersihan dan tidak merusak tanaman saat mengunjungi Taman Hutan Kota Babakan Siliwangi.